Gunung Batur Bali Geopark Pertama di Indonesia

Gunung Batur di Bali akhirnya diakui sebagai Geopark Dunia pertama di Indonesia. Pengakuan gunung Batur sebagai geopark dunia (Global Geopark) pertama di Indonesia diumumkan oleh UNESCO (Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB) dalam situs resminya pada 22 September lalu.

Sedangkan penetapan Gunung Batur sebagai geopark dunia (Global Geopark), telah dilaksanakan sehari sebelumnya oleh Global Geoparks Network Bureau. Keputusan tersebut merupakan hasil dari pertemuan The 11th European Geoparks Conference yang digelar di Arouca, Portugal, pada 19 September–21 September.

Bersama Gunung Batur, ditetapkan pula 3 situs baru lainnya yaitu The Bakony-Balaton (Hungaria), Geological dan Mining Park di Catalonia (Spanyol), dan ekelompok gunung tinggi di Provinsi Jiangxi (China). Dengan itu, Jaringan Global Geopark telah memiliki 91 situs yang terletak di 27 negara di seluruh dunia.

Gunung Batur

Gunung Batur, Global Geopark Pertama di Indonesia

Geopark (atau disebut juga taman bumi) merupakan sebuah kawasan atau situs warisan geologi (geological heritages) yang mempunyai nilai ekologi dan warisan budaya (cultural heritages) dan berfungsi sebagai daerah konservasi, edukasi dan sustainable development. Geopark ditetapkan dalam sidang Global Geoparks Network (GGN), sebuah badan bentukan UNESCO yang dilaksanakan 2 tahun sekali.

Batur Global Geopark, Bali. Gunung Batur merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Gunung dengan ketinggian 1.717 meter dpl ini memiliki kaldera yang sangat besar dan indah. Kaldera gunung Batur ini terbentuk akibat dua letusan besar yang terjadi pada 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu. Di tengah kalderanya terdapat Danau Batur berbentuk bulan sabit. Danau Batur ini berukuran panjangnya sekitar 7,5 km dan lebar maksimum 2,5 km dengan kelilingnya mencapai 22 km dan luasnya sekitar 16 km2.

Gunung Batur

Gunung Batur dengan kawah, kaldera, dan danau Baturnya

Gunung Batur merupakan bagian dari rangkaian ‘Ring of Fire‘ Pasifik (Cincin Api Pasifik) dan menjadi salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Tercatat sejak 1804 gunung yang kini ditetapkan sebagai Global Geopark ini telah meletus sebanyak 26 kali.

Penetapan kaldera gunung Batur sebagai Global Geopark tidak terlepas dari lanskap geologi yang unik dan pemandangannya yang menawan. Keunikan dan keindahan geologi, terutama kawah, kaldera, dan danau Batur, telah menjadi obyek wisata andalan di Bali.

Selain itu, dari sisi budaya, masyarakat di sekitar gunung Batur pun menyajikan adat istiadat unik yang berhubungan dengan agama Hindu Bali. Salah satunya adalah adat istiadat pemakaman yang dilakukan di desa Terunyan, Kintamani. Di desa ini jenazah dimakamkan hanya dengan diletakkan di atas batu besar di tiga lokasi tertentu. Uniknya setelah berhari-hari walaupun tidak dibalsem dan tetap mengalami proses penguraian, jenazah tersebut tidak menyebarkan bau busuk.

Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur salah satu kekayaan budaya di Bali

Global Geopark Pertama di Indonesia. Sidang Global Geoparks Network Tahun 2012 di Portugal telah menjadi tonggak sejarah dengan ditetapkannya gunung Batur sebagai Global Geoparks pertama di Indonesia. Dalam sidang tersebut selain gunung Batur Indonesia pun mengusulkan lima tempat lainnya yaitu Danau Toba (Sumut), Merangin (Jambi), Gunung Rinjani (NTB), Raja Ampat (Papua), dan Kawasan Kars Sewu (Jawa Tengah). Semoga dua tahun ke depan, saat sidang GGN berikutnya digelar, Indonesia mampu menambahkan geopark-geopark lainnya untuk mendapatkan pengakuan UNESCO.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang gunung dan Indonesia lainnya:

Atau simak: Daftar Artikel Terlama – Terbaru | Download | Daftar Gambar Lengkap |

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia, wisata dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

43 Balasan ke Gunung Batur Bali Geopark Pertama di Indonesia

  1. Wong Cilik berkata:

    tempatnya keren …
    semoga lebih terawat setelah diakui sebagai geopark global …

  2. bundadontworry berkata:

    semoga bisa menjaga , merawat dan melestarikannya dgn baik, aamiin
    kebanggan baru bagi bangsa kita ya Mas Alam
    salam

  3. choirul berkata:

    wah selamat buat Indonesia… semoga kita semua bisa menjaganya…

  4. Orin berkata:

    Semoga ‘kepercayaan’ itu bisa dijaga dg baik ya mas Alam..

  5. Pencerah berkata:

    makasih infonya kang, baru tau ane

  6. Bunda Bijak berkata:

    Semoga bisa menjadi percontohan tempat yang lain

  7. susi kaos grosir berkata:

    Jadi ingin ke Batur nih.

  8. ejawantahtour berkata:

    Wo…. jadi kepengen kesana Kang. Indah dan kaya akan informasi yang dapat digali unutk dijadikan bahan destinasi artikel. Sayang waktu ke Bali belum sempat mampir kesana. Trims atas share artikelnya.

    Sukses selalu

    Salam Wisata,

  9. Rawins berkata:

    harus ada unsur budayanya ya, ga cukup keunikan obyeknya saja
    soalnya aku jadi inget segara anakan di nusakambangan yang katanya satu satunya habitat semacam itu di dunia. tapi dibiarkan punah tanpa ada gerakan yang berarti dari pemerintah maupun masyarakat dunia.
    memang nyaris tak ada peninggalan budaya yang kuno banget selain disitu bekas pos pasukan mataram saat sultan agung menyerang batavia dulu

  10. Informasi Bali berkata:

    Wah keren infonya, baru tau saya… 🙂

  11. wardhani berkata:

    waah keren nih info nya, di indonesia banyak tempat2 indah nan eksotis, tapi terkadang masyarakatnya masih sedikit yang mau merawat dan tidak merusak nya. seperti di pantai kuta saja, memang tempatnya indah dan bagus. tapi keindahannya bisa rusak, kalo banyak orang yang buang sampah sembarangan.

  12. Outbound berkata:

    Yang di Pacitan nasibnya gimana pak?
    Kalo ga salah Indonesia juga mengajukannya sebagai nominasi Geopark Dunia.

    Salam,

  13. kaget berkata:

    Gunung batur sudah lebih dulu ya,… saya taunya danau toba yang rencananya dijadikan Geopark

  14. parking berkata:

    thank’s untuk infonya semakin bermanfaat buat kita semua

  15. HALAMAN PUTIH berkata:

    Saya pernah baca bahwa gunung batur dan danau batur ini ada legendanya.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.