Anggrek Terbesar dan Terkecil di Dunia

Anggrek terbesar dan terkecil di dunia terdapat di Indonesia. Adalah anggrek tebu atau Grammatophyllum speciosum yang menyandang predikat sebagai anggrek terbesar di dunia. Sedangkan anggrek terkecil di dunia disandang oleh Oberonia sp.

Baik anggrek terbesar maupun anggrek terkecil, kedua-duanya merupakan tumbuhan asli Indonesia. Bahkan jenis anggrek dari genus Oberonia yang menjadi anggrek terkecil di dunia merupakan tumbuhan endemik kepulauan Mentawai, Indonesia.

Anggrek Terbesar di Dunia. Grammatophyllum speciosum yang sering disebut sebagai anggrek tebu, anggrek ratu, anggrek harimau, atau anggrek macan (meskipun untuk dua nama yang terakhir agak rancu dengan spesies anggrek Grammatophyllum scriptum yang memiliki nama serupa), dan dalam bahasa Inggris disebut Sugar Cane Orchid, Giant Orchid, atau Queen of the Orchids, menyandang predikat sebagai anggrek terbesar.

Anggrek tebu

Anggrek tebu yang merupakan anggrek terbesar dan terberat di dunia

Anggrek yang mempunyai panjang malai hingga 3 meter dengan diameter malai sekitar 1,5-2 cm, dengan satu rumpunnya mempunyai berat hingga 1 ton ini, selain menyandang sebagai anggrek terbesar juga diyakini sebagai anggrek terberat di dunia.

Tanaman anggrek tebu tersebar secara alami mulai dari Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, Indonesia, hingga Papua New Guinea. Di Indonesia anggrek tebu tersebar mulai dari pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

Penjelasan lebih detail tentang anggrek tebu ini silakan baca artikel: Anggrek Tebu (Grammatophyllum speciosum) Anggrek Terbesar.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae. Divisi: Magnoliophyta. Kelas: Liliopsida Ordo: Asparagales. Famili: Orchidaceae. Subfamili: Epidendroideae. Suku: Cymbidieae. Genus: Grammatophyllum. Spesies: Grammatophyllum
speciosum.

Anggrek Terkecil di Dunia. Predikat anggrek terkecil di dunia semula dipegang oleh Platystele sp., anggrek asal Ekuador yang ditemukan pada 2009 yang berukuran antara 2 mm – 2,1 mm. Namun pada pertengahan 2010, Destario Metusala, seorang peneliti LIPI, menemukan anggrek dari genus Oberonia dari kepulauan Mentawai yang mempunyai ukuran 1,1 mm – 1,5 mm.

Anggrek mini Oberonia

salah satu anggrek dari genus Oberonia yang umumnya berukuran sangat kecil

Sayangnya, klaim anggrek terkecil ini belum bisa dipublikasikan secara internasional. Ini terkait dengan kurangnya literatur tentang spesies-spesies dari genus Oberonia di Indonesia bahkan di dunia. Genus anggrek yang tersebar di Afrika, India, Asia Tengara, dan kepulauan Pasifik ini memang kurang mendapat perhatian baik dari pencinta anggrek maupun para peneliti lantaran dianggap kurang komersial.

Kurangnya literatur ini mengakibatkan kajian ilmiah yang lebih mendalam untuk mengungkap jenis anggrek genus Oberonia dari kepulauan ini sulit dilakukan. Sehingga sampai saat ini, penentuan nama spesies dan publikasi gambar anggrek terkecil dari genus Oberonia ini saja tidak dapat saya temukan (atau saya yang ketinggalan informasi?).

Semoga saja penemuan anggrek terkecil dari kepulauan Mentawai oleh Destario Metusala pada tahun 2010 silam akan terus ditindaklanjuti dengan penelitian-penelitian lanjutan sehingga kemudian klaim sebagai anggrek terkecil itu, bisa dipublikasikan di jurnal ilmiah dan mendapat pengakuan dunia internasional.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae. Divisi: Magnoliophyta. Kelas: Liliopsida. Ordo: Asparagales. Famili: Orchidaceae. Subfamili: Epidendroideae. Genus: Oberonia.

Refensi dan gambar:

Baca artikel tentang anggrek dan lingkungan hidup lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

25 Balasan ke Anggrek Terbesar dan Terkecil di Dunia

  1. alamendah berkata:

    Setelah dua minggu akhirnya bisa update postingan kembali…

  2. hilsya berkata:

    biasanya suami yang hobi banget sama anggrek.. saya mah penggembira aja, mas.. 🙂

  3. Lidya berkata:

    saya suka melihatnya tapi belum bisa merawatnya pak

  4. Agung Rangga berkata:

    waaagh, bangga deh dengan kekayaan hayati di indonesia~ 😳

  5. Abi Sabila berkata:

    Satu rumpun beratnya bisa mencapai 1 ton? tak disangkal lagi, ini memang yang terberat, setidaknya sampai saat ini ya, Pak? Jika jenis anggrek terbesar dan terkecil ada di negeri kita, adakah pihak-pihak terkait yang peduli, jangan sampai negara tetangga mengklaim dan kita baru terjaga.

  6. Applausr berkata:

    baru tahu ada anggrek seperti itu,…. berat banget ya… dan besar sekali…. memang kaya negara kita ini dengan anggrek… harus dilestarikan ya….

  7. psychologymania berkata:

    Seharusnya anggrek2 seperti ini harus dilestarikan ya…

  8. naniknara berkata:

    anggrek itu, besar atau kecil tetap aja sama. INDAH

  9. indrajava berkata:

    Berhasrat ingin memelihara anggrek, tapi apa daya :p

  10. prih berkata:

    Terimakasih Mas, ikut belajar lebih mengenal anggrek . Salam

  11. Ping balik: Apel Merah Putih | RyNaRi

  12. sscorporation11 berkata:

    ternyata ada ya anggrek yang sebesar itu? waw.., menarik sekali..:)

  13. nelly berkata:

    gede banget tu anggrek

  14. berbagi kata kata motivasi gan
    Apa yang anda lakukan hari ini, merupakan kunci kebaikan ataupun juga kehancuran hari esok anda. Lakukanlah yang terbaik untuk hari ini.
    salam kenal sukses selalu dan ku tunggu kunjungan baliknya 😀

  15. sikuang berkata:

    Bisa dikembangbiakkah?

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.