Kesemek Si Buah Kaki yang Makin Langka

Kesemek Si Buah Kaki yang bermanfaat?. Kok ‘buah kaki’, bukannya ‘buah tangan’?. Buah kaki di sini memang menjadi salah satu sebutan buah kesemek yang diambil dari nama latinnya, Diospyros kaki Kaki ini sendiri berasal dari bahasa Jepang yang merupakan nama nama zat tanin yang dihasilkan buah kesemek ini.

Kesemek merupakan buah-buahan dari genus Diospyros dan masih berkerabat dekat dengan Eboni (Diospyros celebica) dan Ajan Kelicung (D. macrophylla). Namun berbeda dengan Eboni dan Ajan Kelicung yang lebih kerap dimanfaatkan kayunya, pemanfaatan Kesemek sejatinya lebih pada buahnya. Meskipun saat ini buah Kesemek termasuk salah satu buah yang langka lantaran kalah bersaing dengan berbagai jenis buah lainnya.

Kesemek selain dikenal sebagai buah kaki juga disebut sebagai Semek, Buah Samak, dan Tasmak (Bahasa Banjar). Sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Oriental persimmon. Dan nama ilmiah tumbuhan ini adalah Diospyros kaki Thunb. yang mempunyai beberapa nama sinonim diantaranya: Diospyros amara Perrier, Diospyros argyi H.Lév., Diospyros bertii André, Diospyros costata Carrière, Diospyros kaempferi Naudin, Diospyros mazelii E.Morren, dan Diospyros sinensis Naudin.

Buah Kesemek

Buah kesemek yang semakin langka dan sulit ditemukan

Diskripsi Pohon dan Buah. Pohon Kesemek mempunyai ketinggian hingga 15 meter, batangnya relatif pendek dan bengkok-bengkok, banyak cabang, serta menggugurkan daun. Daun tersusun dalam dua deret, tersusun berseling, bertangkai pendek sekitar 3 cm, berbentuk bundar, bulat telur sampai jorong, berwarna hijau kuning mengkilap dengan ukuran sekitar 2,5-15 × 5-25 cm.

Bunga jantan tersusun dalam malai pendek yang berisi 3-5 kuntum sedangkan bunga betina soliter yang terletak di ketiak daun, berbilangan 4. Buah kesemek merupakan buah buni berbentuk gepeng membulat dan bersegi empat. Buahnya berwarna hijau saat muda dan berubah menjadi jingga kekuningan sampai merah saat masak dengan diameter antara 2-8 cm. Buah kesemek sekarang sudah sulit dijumpai atau hampir punah.

Pemanfaatan Kesemek. Buah kesemek (Diospyros kaki) dapat dimakan langsung dalam keadaan segar setelah direndam (diperam) dengan air kapur, untuk menghilangkan rasa sepat dan getahnya. Biasanya. Buah juga dapat dikeringkan atau diolah menjadi selai, agar-agar, es krim dan lain-lain.

Buah kesemek segar mengandung 19,6 % karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A, kalium, zat tanin, kalsium, fosfor, retinol, dan senyawa anti oksidan. Zat tanin (dinamai tanin-kaki) terkandung dalam buah kesemek yang muda sehingga menimbulkan rasa sepat. Zat tanin ini akan berkurang seiring dengan masaknya buah.

Zat tanin-kaki ini dimanfaatkan untuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan, membantu produksi arak-beras di Jepang, serta bahan pengobatan penyakit hipertensi. Sedangkan zat-zat lain yang terkandung dalam buah kesemek dipercaya mampu menjadi obat berbagai penyakit seperti asma, batuk, dan sakit perut.

Pohon kesemek

Pohon kesemek yang sedang berbuah lebat

Asal-usul dan Persebaran. Buah kesemek memang bukan buah asli Indonesia apalagi tanaman endemik. Kesemek diyakini berasal dari China yang kemudian tersebar secara alami hingga ke Jepang. Pada masa kolonial dimungkinkan tanaman ini menyebar ke Eropa, Amerika dan berbagai wilayah di Asia termasuk Indonesia.

Di Indonesia tumbuhan Kesemek sempat banyak dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai tanaman buah. Namun seiring dengan masuknya berbagai jenis buah-buahan, popularitas Kesemek semakin pudar. Saat ini buah kesemek telah menjadi salah satu buah yang sulit ditemukan dan langka di Indonesia seperti halnya Mundu (Garcinia dulcis), Jamblang (Syzygium cumini), dan Menteng (Baccaurea racemosa).

Sudah jarang terjadi orang membawa ‘buah kaki’ ini sebagai buah tangan. Saya sendiri terakhir kali memakan buah Kesemek ini mungkin sudah lebih dari 10 tahun yang lalu. Kalau sobat, kapan terakhir kali makan buah kesemek?, atau malah belum pernah?.

Klasifikasi ilmiah. Kerajaan: Plantae. Divisi: Magnoliophyta. Kelas: Magnoliopsida. Ordo: Ericales. Famili: Ebenaceae. Genus: Diospyros. Spesies: Diospyros kaki.

Referensi:

Baca artikel tentang buah dan tanaman Indonesia lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , . Tandai permalink.

49 Balasan ke Kesemek Si Buah Kaki yang Makin Langka

  1. somplak berkata:

    saya terakhir makannya di jepang orang sana bilang tuh buah KAKi

  2. bagisland.net berkata:

    mungkin ada yang lebih baik dan manjur daripada buah kesemek, yang asli indonesia, dan hanya bisa di kembangkan di indonesia

  3. denny berkata:

    admin, minta contact person petani buah kesemek dong, saya butuh pemesanan buah kesemek untuk penelitian saya nih..

    • Christina berkata:

      Tanaman kesemek byk tumbuh di dearah Pameungpeuk – cikijing – masuk wil adm Garut klo gk salah. Biasanya musim buah kesemek pd bulan mei-Juni.

  4. Ping balik: Mangga Lalijiwa Si Manis Endemik Jawa | Alamendah's Blog

  5. Aisah K berkata:

    Kalau liat buah ini jadi inget Alm Kake, waktu sy kecil dulu dia bawa pulang kesemek 1 kardus dan itu pertama kalinya sy tau buah kesemek 🙂

  6. Irawan Santoso berkata:

    Rekan rekan yang punya buah kesemek , boleh bagi info ke saya. Saya membutuhkan dalan jumlah banyak untuk pasar Timur tengah. contac / sms ke 085219284375

  7. syariefthalib berkata:

    Baru tahu ternyata bedaknya mmg disengaja diberi kapur agar tdk sepat, kirain aslinya mmg spt itu 🙈😱. Di NZ buah ini dikenal dg Persimmon (gak pake bedak!) maniezzzz

  8. Edi Sukardi berkata:

    Sobat yang berpengalaman bertani buah kesemek, boleh dong bagi2 ilmu. Saya mau coba menanam buah kesemek tapi saya belum tau berapa ketentuan; ketinggian (dpl), curah hujan (mm), ph tanah dan drainase. terima kasih atas bantuannya.

  9. Inzanami berkata:

    buah kesemek ini banyak di tempat saya, yaitu di magetan jawa timur, silahkan mampir ke magetan jika sedang ke jawa timur, thanks

  10. novii berkata:

    di jerman buah ini lg musim pas herbst gini. hrgnya skitar €0,55 cent di markt

  11. ferdi berkata:

    nice artikel, ijin share yah bos

  12. nadhira amadea berkata:

    status konservasinya apa ya?

  13. Eka Irawan berkata:

    bener banget buah kesemek punya 1001 khasiat untuk kesehatan

  14. asep jalaludin berkata:

    kini baru bertemu kembali dengan buah yang namanya kesemek, terakhir kali makan buah kesemek th 1973, buah ini merupakan buah kegemaranku di masa itu, sungguh senang rasanya kini masih bisa makan kembali di usia saya yang sudah 50 th, terima kasih masih ada yang menanam pohon ini, ku akan cari buat makanan di hari lebaran tahun ini biar anak2 yang namanya buah langka ini yang penuh berkhasiat bagi kesehatan.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s