Mencari Artikel Alamendah Dengan Google Custom Search

Mencari artikel alamendah’s Blog dengan google custom search ini merupakan jawaban atas pertanyaan seorang sahabat blogger di inbox facebook saya. Dia tertarik setelah melihat dan mencoba widget “Pencarian Artikel Alamendah’s Blog via Google” yang saya pasang di pojok kanan atas blog ini.

Menurutnya hasil pencarian yang disajikan oleh Mesin Pencarian Google Custom Search (Penelusuran Ubahsuaian) jauh lebih akurat ketimbang widget penelusuran bawaan wordpress.

Memang, hasil pencarian oleh widget bawaan wordpress disajikan berdasarkan tanggal penerbitan terakhir. Berbeda dengan Google Custom Search, di mana hasil pencariannya telah menggunakan logaritma sebagaimana pencarian google biasanya. Namun, dalam Google Custom Search kita bisa membatasi penelusuran hanya pada situs tertentu saja. Termasuk hanya pada satu blog saja.

Sebagai pembanding, saya mencari artikel dengan mengetikkan kata bunga. Hasil pencarian yang disajikan oleh wordpress adalah sebagai berikut:

Bandingkan dengan hasil yang disajikan oleh Google Custom Search (Penelusuran Ubahsuaian) sebagai berikut:

Hasil Penelusuran Google Custom Search Engine

Hasil Penelusuran Google Custom Search Engine

WordPress menyajikan hasil yang kadang kurang relevan dan tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Berbeda dengan Google Custom Search (Penelusuran Ubahsuaian) yang hasil pencariannya lebih memuaskan.

Selain itu, google juga menyediakan statistik yang berisikan laporan berapa kali mesin pencari pribadi ini digunakan, kueri, dan kueri populer yang disajikan harian, mingguan, satu tahun, hingga keseluruhan.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan fasilitas dari google itu sehingga kita mempunyai mesin pencarian pribadi dengan hasil memuaskan?. Pengalaman saya membuat Mesin pencarian Pribadi dengan menggunakan Google Custom Search (Penelusuran Ubahsuaian) saya dokumentasikan di halaman “Cara Membuat Google Custom Search Engine“.

Sobat yang telah mengirim pesan ke inbox saya ataupun sobat lain yang berminat silakan langsung ke halaman tersebut atau membaca beberapa tips lain di TIPS BLOG.

Baca artikel tentang tips dan lingkungan hidup lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di blog, tips dan tag , , , , . Tandai permalink.

33 Balasan ke Mencari Artikel Alamendah Dengan Google Custom Search

  1. Ping balik: Bagi-bagi Pengunjung ke Blog Sahabat Alamendah | Alamendah's Blog

  2. Ping balik: 4 Tahun Alamendah’s Blog | Alamendah's Blog

  3. vwhzucknnu berkata:

    Muchas gracias. ?Como puedo iniciar sesion?

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.