Berapa Jumlah Pulau di Indonesia?

Berapa jumlah pulau di Indonesia?. Sebuah pertanyaan yang sempat membuat teman guru saya kebingungan saat salah satu muridnya menanyakan kepastian jumlah pulau yang dimiliki Indonesia. Kebingungan akan jumlah pulau di Indonesia ini pernah saya posting di bulan September 2009 silam. Baca: Jumlah Pulau Indonesia Belum Pasti.

Data jumlah pulau di Indonesia yang sering diyakini selama ini adalah sejumlah 17.508 pulau dan 17.480 pulau. Namun tidak sedikit yang (ragu-ragu) dan menyebutkan jumlah pulau di Indonesia dengan kalimat “lebih dari 17.000”.

Pulau

Sebuah pulau di Indonesia (gambar: forum.nationalgeographic.co.id)

Dan ternyata ‘perjalanan’ jumlah pulau di Indonesia dari tahun ke tahun sering mengalami perubahan. Perubahan-perubahan tentang berapa jumlah pulau di Indonesia yang sebenarnya dapat saya sajikan sebagai berikut:

  • Antara tahun 1968-1987, pemerintah mengklaim Indonesia terdiri atas 13.667 pulau.
  • Tahun 1972, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mempublikasikan bahwa hanya 6.127 pulau di Indonesia yang telah mempunyai nama. Publikasi ini tanpa menyebutkan jumlah pulau secara keseluruhan.
  • Tahun 1987, Pusat Survey dan Pemetaan ABRI (Passurta) menyatakan jumlah pulau di Indonesia adalah 17.508. Dari jumlah itu hanya 5.707 pulau saja yang telah memiliki nama.
  • Tahun 1992, Badan Kordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) menerbitkan Gazetteer Nama-nama Pulau dan Kepulauan Indonesia. Bakosurtanal mencatat hanya 6.489 pulau saja yang telah memiliki nama.
  • Tahun 2002, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), berdasarkan citra satelit menyatakan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah 18.306 buah.
  • Tahun 2003, Kementerian Riset dan Teknologi berdasarkan citra satelit menyatakan bahwa Indonesia memiliki 18.110 pulau.
  • Tahun 2004, Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia, merilis data yang menyebutkan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah 17.504 buah. Dan 7.870 diantaranya telah memiliki nama sedangkan sisanya, sebanyak 9.634 pulau belum  memiliki nama.
  • Agustus 2009, Kementerian Kelautan dan Perikanan, melalui menterinya, Freddy Numberi, mengatakan bahwa pulau di Indonesia berjumlah 17.480 pulau. Dari jumlah tersebut baru 4.891 pulau yang telah diberi nama dan didaftarkan ke Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).
  • Agustus 2010, Kementerian Kelautan dan Perikanan, merevisi jumlah pulau di Indonesia dari 17.480 menjadi hanya 13.000.

Lalu berapa sebenarnya jumlah pulau yang dimiliki Indonesia, kok datanya berbeda-beda dan berubah-rubah. Perbedaan tentang jumlah pulau di Indonesia ini disebabkan oleh perbedaan pengertian tentang pulau yang dijadikan acuan dan metode survei. Juga diakibatkan oleh banyaknya nama-nama pulau yang sama atau bahkan satu pulau disebutkan dalam dua atau lebih nama ynag berbeda.

Sejak tahun 2006 silam berdasarkan Keputusan Presiden No. 112/2006 telah dibentuk Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi. Tim yang terdiri atas Menteri Dalam Negeri, Menteri Pertahanan, Menteri Luar Negeri, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Pendidikan Nasional dan Bakosurtanal (sebagai Sekretaris) ini menjadi lembaga yang memiliki otoritas dalam penetapan nama-nama geografis (National Authority On Geographical Names) di Indonesia.

Hasil kerja Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi yang masih dikebut hingga kini adalah penyusunan toponimi geografis Indonesia yang akan dituangkan dalam sebuah Peraturan Pemerintah tentang Toponimi. Dalam Perpres ini akan menerangkan penambahan rupa bumi, termasuk mencantumkan jumlah dan nama-nama pulau yang dimiliki Indonesia. Selain itu tim ini juga bertugas mendaftarkan jumlah dan nama-nama pulau Indonesia ke PBB.

Targetnya, 2012 nanti kesemuanya akan kelar. Dan kita tidak perlu bingung lagi karena telah bisa menjawab dengan lantang berapa jumlah pulau di Indonesia. Semoga.

Referensi:

  • alamendah.wordpress.com/2009/09/07/jumlah-pulau-indonesia-belum-pasti
  • gambar: forum.nationalgeographic.co.id/topic-1200.html

Baca artikel tentang indonesia dan lingkungan hidup lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , , , . Tandai permalink.

55 Balasan ke Berapa Jumlah Pulau di Indonesia?

  1. arif berkata:

    semoga 2012 benar2 kelar, lucu aja gitu dah bertahun2 “sulit” menghitung pulau 😀

  2. kalau pulau2 itu dioptimalkan untuk wisata, wah, mantab dah, masih banyak yang belum terjamah

  3. Dhenok berkata:

    jadi sekarang belum ada jawaban yang pas yaa tentang berapa jumlah pulau di Indonesia mas??

  4. Lidya berkata:

    ngedatanya gak sungguh2 mungkin ya

  5. masalah pendataan, memang salah satu masalah krusial dari kebiasaan orang kita. Sering menyepelekan ( mungkin ini tidak nyambung dengan masalah diatas yaitu pendataan jumlah pulau di indonesia), tapi sama dalam hal memanajemen kinerja.

  6. di balikpapan, ada dua pulau (kalau dapat disebut pulau, namanya pulau Tukung dan pulau Babi), cuma selebar kira-kira 10 meter persegi….^__^..hahahaha apa itu bisa disebut pulau?

  7. oenoen berkata:

    wah klo gitu masih terbuka lebar buat jadi mafia pulau di indonesia nih, khan pemerintahnya masih bingung jumlah pulaunya berapa, kebetulan dah dijual satu khan g ketahuan, xixixixi…
    oh Indonesiaku yang kaya, bisa memberikan mata pencaharian orang-orang yang oportunis buat jualan pulau, ck..ck…ck….

  8. ysalma berkata:

    Harusnya cepat dilakukan pemerintah, biar jelas pulau2
    yang disewakan untuk dikelola puluhan tahun kepada pihak asing tidak diakui sebagai milik pribadi mereka.
    Jawab yang pasti Indonesia mempunyai 5 pulau besar 🙂 .

  9. Clara Croft berkata:

    sampai sekarang kalau ada yang bertanya jumlah pulau kita saya cuma menjawab 13000-an saja

    Mudah2an survei pemerintah cepat memastikan jumlahnya dan kalau bisa malah dengan namanya masing-masing 🙂

  10. aming berkata:

    banyaknya pulau2 di negeri kita ini, pasti banyak pula sumber daya alam yg bisa kita dapatkan, eitt tapi tunggu….dikuasai siapakah sumber daya alam kita???

  11. CHIPMEDIA berkata:

    Detail dan beragam info jumlah pulaunya, lengkap banget …..nice post sobat

  12. HALAMAN PUTIH berkata:

    Sebagai negara kepulauan tentu kita harus tahu pasti berapa jumlah pulau yang ada di wilayah negeri ini. Jangan hanya tahu dan menganggap bahwa itu pulau milkik kita saja. Tapi yang terpenting adalah apa yang bisa dilakukan terhadap pulau yang ada di wilayah NKRI

  13. bundadontworry berkata:

    jadi, udah pasti jumlah seluruh pulau di indonesia itu 13.000 ya Mas Alam.
    krn pulau yg hilang krn pasirnya diambil, sudah tenggelam ya
    makanya gak masuk hitungan lagi :mrgreen:
    salam

  14. waduh, gini nih ya susah nya kalo negaranya berupa kepulauan,
    Ampe pusing ngitung pulau sendiri,
    Hehehehe

  15. tukangpoto berkata:

    Sayang jika potensi pulau-pulau tersebut tidak dimanfaatkan secara maksimal..

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.