Rekreasi atau Uji Nyali (Sebuah Foto di Air Terjun Montel)

Rekreasi atau uji nyali ketika melihat foto papan pengumuman yang terpampang di obyek wisata air terjun Montel di gunung Muria, Jawa Tengah ini?. Keindahan air terjun Montel jelas menjadi tujuan orang untuk rekreasi. Tetapi membaca papan pengumunan yang terpasang?.

Jika di sebuah tempat rekreasi terpampang papan pengumuman berbunyi; “HARAP HATI2 RAWAN LONGSOR CARI TEMPAT YANG AMAN HATI2! AWAS!!!”, apakah kita datang untuk rekreasi atau justru menguji nyali, adrenalin, dan keberanian?.

Rekreasi dan uji nyali adalah dua hal yang berbeda. Rekreasi menurut KBBI mempunyai arti penyegaran kembali badan dan pikiran; sesuatu yg menggembirakan hati dan menyegarkan spt hiburan, piknik. Sedangkan uji nyali dapat diartikan sebagai percobaan untuk mengetahui perasaan atau keberanian. Meskipun dalam beberapa kasus ada yang menjadikan kegiatan uji nyali sebagai sebuah rekreasi., tentunya uji nyali yang dilakukan harus berdasarkan standar keamanan tertentu, termasuk pemakaian alat keamanan dan keselamatan diri.

Rekreasi atau uji nyali di air terjun montelFoto ini diambil oleh seorang teman pada akhir Juni 2011 di obyek wisata Air Terjun Montel, Gunung Muria, Kudus, Jawa Tengah. Akibat kerusakan ekosistem dan kawasan hutan di lereng Muria, selain mengakibatkan debit air terjun yang menurun, daerah sekitar obyek wisata air terjun Montel pun menjadi kawasan rawan longsor.

Bisa jadi kondisi yang semacam ini tidak hanya terjadi di air terjun Montel gunung Muria saja melainkan di beberapa obyek wisata alam lainnya. Haruskah lantaran kerusakan alam, satu persatu tempat rekreasi kita berubah menjadi tempat uji nyali?.

*Foto pernah dimuat di Pages Facebook Pecinta Alam Reksapala dan telah mendapatkan persetujuan untuk dimuat ulang di blog ini.

Baca artikel tentang wisata dan lingkungan hidup lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di renungan, wisata dan tag , , , , , . Tandai permalink.

26 Balasan ke Rekreasi atau Uji Nyali (Sebuah Foto di Air Terjun Montel)

  1. waduuuuuh,,
    Serem jg ya kalo pas lgi asik maen di air terjun, tiba2 trjadi longsor..
    Amit amit jabang bayi..
    Hehehehe,
    Tapi air terjun nya keren bgt

  2. niQue berkata:

    Jadi inget air terjun yg di Tanah Karo sana, aduh namanya lupa …
    tapi jalan menuju air terjun itu udah dikasih tangga 😀
    wlo pun begitu, tetep aja ngos2an pas naiknya …
    bagus sih, jadi ga perlu uji nyali klo mo ke airterjunnya hehehe

  3. arif berkata:

    di satu sisi seram berbahaya resiko klo ga hati2, di sisi lain seolah kurang dlm pengelolaannya.

  4. Legy Masyhury berkata:

    Kelihatanya asik, tapi serem juga ah,,, hihi… 😀

  5. Adi Nugroho berkata:

    ini mah mengantar ke tempat yg bahaya :s

  6. Ahmad Alkadri berkata:

    Ah, saya pernah ke sana! Tahun 2009… pas saya lulus SMA, sama beberapa teman dan sepupu saya! Untung waktu itu tidak longsor… 😀

  7. Mabruri Sirampog berkata:

    aduh jangan sampai merusak ekosistem yg ada, biar alam tetep kelihatan cantik…

  8. Orin berkata:

    Wahhh..masa mau rekreasi harus sekalian uji nyali 😦
    Semoga bisa segera dikembalikan ke ekosistem yg seharusnya sehingga tidak membahayakan ya mas, wong air terjunnya indah begitu kok..

  9. hudaesce berkata:

    menimati keindahan alam sambil menguji nyali dan adrenalin, Hemm…., 🙂

  10. abalaboy berkata:

    Waduh .. menantang nyawa tu .
    ga berani ane dket2 situ . ..

  11. nurul huda berkata:

    wah dah lama gak kesana lagi

  12. nurul huda berkata:

    wah pengen kesana lagi

  13. Pencerah berkata:

    papan informasinya mbok diganti yang lebih nyeni dan komunikatif,,,

  14. agussupri berkata:

    Sayang sekali sebuah objek wisata yang bagus akan terancam kelestariannya akibat ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Bukan uji nyali kalo dengan kondisi alam yang rawan longsor tapi uji mati yaaa…. alam bukan untuk ditaklukan tapi untuk dilestarikan dan dijaga

  15. Sofyan berkata:

    Air Terjunnya Indah banget, Mas pingin kesana…

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.