Sejuta Sepeda Sejuta Pohon di 100 Kota

Sejuta Sepeda, Sejuta Pohon merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2011. Kegiatan Sejuta Sepeda, Sejuta Pohon yang akan dilaksanakan tepat pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni 2011, serentak di 100 kota, di 33 provinsi di Indonesia.

Kegiatan Sejuta Sepeda, Sejuta Pohon merupakan kerjasama Kementerian Negera Lingkungan Hidup dengan KOSTI (Komunitas Sepeda Tua Indonesia) dan B2W (Bike to Work).

Dalam event Sejuta Sepeda, Sejuta Pohon ini ditarget akan diikuti oleh satu juta pesepeda baik dari klub anggota KOSTI, B2W. Masing-masing peserta akan dibekali satu bibit pohon yang akan ditanam di lokasi yang telah ditentukan. Untuk event Sejuta Sepeda, Sejuta Pohon di Jakarta akan diikuti langsung oleh Presiden RI, Menteri Negara Lingkungan Hidup, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Kehutanan, dan Menteri Dalam Negeri.

Poster Sejuta sepeda Sejuta Pohon

Poster Sejuta sepeda Sejuta Pohon

Beberapa daerah yang saya ketahui akan menggelar acara Sejuta Sepeda, Sejuta Pohon atau sejenisnya ini antara lain:

  • Jakarta (Nama Acara: Sejuta Sepeda, Sejuta Pohon); Lokasi Parkir Timur Senayan. Biaya Pendaftaran: Gratis (mendapatkan t-shirt, snack, dan doorpize). Informasi: (021) 9126 2555.
  • Jakarta (Kompas Bike for Nature); Lokasi: Kantor Marketing BSD City. Biaya Pendaftaran: Rp. 30.000 (jersey, snack, minuman, bibit pohon). Informasi: Marcomm Kompas (021) 5367 9909 ext. 6311
  • Bekasi, Jawa Barat (Sejuta Sepeda, Sejuta Pohon); Rute: Kantor Walikota Bekasi – Pekayon – Jatiasih – Cipendawa – Bantar Gebang – Ciketing – Asem – Kantor Walikota Bekasi.
  • Probolinggo, Jawa Timur (Satu Sepeda Satu Pohon Chapter Probolinggo); Tempat : Halte PT. Kertas Leces, Leces Kab. Probolinggo (start) – Rawa Sumber Kedawung-Leces (finish). Biaya Pendaftaran: Gratis. Info: Samsjul Huda (0819 3977 6489), Arif Santoso (0813 3346 1940).
  • Balikpapan, Kalimantan Timur (Fun Bike Hari Linkungan Hidup “Sejuta Sepeda, Sejuta Pohon”); Tempat : Halaman Kantor Walikota (start) – Bendali III (finish), Balikpapan.
  • Makassar, Sulawesi Selatan (Makassar Bike Fest “Save Our Earth”); tempat: Bundaran AP. Pettarani (start) – Tanjung Akkarena Makassar (finish).

Untuk di kota lain, sahabat bisa menghubungi klub-klub sepeda yang ada di kotanya. Atau dapat juga menghubungi klub sepeda anggota KOSTI yang daftar dan alamatnya bisa dilihat di situs kosti.or.id/viewpage.php?page_id=7.

Dan mungkin sobat-sobat pembaca Alamendah’s Blog bisa turut berbagi informasi di sini terkait penyelenggaraan kegiatan Sejuta Sepeda, Sejuta Pohon yang dilaksanakan di kotanya masing-masing. Atau malah ada yang telah turut mendaftar dalam acara tersebut; Memperingati Hari Lingkungan Hidup 2011 dengan bersepeda yang tentunya tanpa menyebabkan polusi udara sekaligus menanam pohon yang kelak mampu membersihkan udara.

NB:

Untuk sobat-sobat blogger Indonesia, jangan lupa tantangan saya. Yang belum tahu silahkan ceck di: TANTANGAN UNTUK PARA BLOGGER INDONESIA.

Referensi dan Gambar:

  • b2w-indonesia.or.id/news/read/sejuta_sepeda_sejuta_pohon_seluruh_indonesia

Baca artikel tentang lingkungan hidup dan alam lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di kegiatan alam bebas, lingkungan hidup dan tag , , , , , . Tandai permalink.

46 Balasan ke Sejuta Sepeda Sejuta Pohon di 100 Kota

  1. sky berkata:

    yeah…. Makassar juga ada….

  2. Pendar Bintang berkata:

    Saya sering liat master “Pertamax” ini dan baru mampir…ternyata blognya bener2 hijau dan membahas tentang lingkungan…..nyesel baru mampir…..

  3. Etik berkata:

    Saya cinta sepeda kayuh dan pohon-pohon.
    Program bagus. Ikutan, ah….. ^_^

  4. Wandi Sukoharjo berkata:

    Neng Jawa Tengah bagian pinggir kok nggak ada mas?

  5. amirul berkata:

    sekarang gi musim sepeda ya.. sama berarti, orang2 sekarang pada seneng bersepeda.

  6. Ayo dukung pelestarian lingkungan agar tercipta lingkungan yang bersahabat, sehat dan bermartabat. Yg jalan kaki juga menanam satu pohon.

  7. NURA berkata:

    salam sobat
    wah menarik acaranya,
    pasti semua kota ikut mendukung, sejuta sepeda sejuta pohon di 100 kota.

  8. ysalma berkata:

    acara yang sangat menarik untuk berpartisipasi,
    kegiatan sepeda pagi rutin dialihkan kesini nih.

  9. riez berkata:

    Selamat hari lingkungan Sedunia (H-1)

  10. semoga sukses acaranya deh..cHayoooo

  11. Triiz berkata:

    lho surabaya ga masuk list ya mas 😦

  12. TUKANG CoLoNG berkata:

    wah seru nih acaranya. *segera beli fixie*

  13. yasir berkata:

    5 Juni Hari Lingkungan Hidup Sedunia??
    Makasih infonya… Great… 🙂

  14. Eyangkung berkata:

    Selamat malam dan salam kenal untuk mas Ali,

    Saya Eyangkung, bloger lansia. Maaf saya panggil mas Ali bukan “alamendah” . Karena saya tahu mas Ali dan komunitasnya bercita2 dan selalu merindukan alam yang kita tempati ini selalu endah. Endah itu bahasa Pati. Bahasa Indonesianya : sangat indah sekali. Maka kalau saya sebut mas Ali tentu itu berarti alam yang indah. Artinya Ali Munir itu menyatu dengan alamendah! Ali= Alam Lahan (yang) Indah.
    Sebenarnya sayapun tertantang untuk bikin posting artikel tentang lingkungan hidup. Tapi walktunya sudah mepet!

    Saya ingin menegaskan bahwa gundulnya lahan di bumi ini tidak hanya menyebabkan erosi/tanah longsor dan banjir saja. Tapi lebih dari itu. Gempa, tsunami. angin puting beliung, lumpur panas dll. Ada kaitannya dengan berkurangnya vegetasi di muka bumi !!
    Kenapa daerah Pati masih sering banjir, Juwana, Kayen. Daerah Kudus sering banjir di Undaan dan sekitarnya. Kenapa pohon buah JAMBU BOL yang dulu banyak tumbuh deari mulai Runting sampai Trangkil sekarang tinggal satu dua batang. Mas Ali suku makan buah jambu bol?? Di Pati masih berdiri warung swike 3 tempat utama. Hati2 lama2 populasi kodok ijo akan punah. Karena di warung2 swike itu tidak hanya makan kodoknya saja. Tapi juga banyak yang senang makan pepes telur kodok. Satu pepes telur kodok berisi ribuan calon precil anak kodok. Saya kira mas Ali tidak makan itu. Tapi buktikan satu pepes telur kodok hitung berapa telurnya. Mungkin tidak hanya ribuan tetapi belasan ribu!!

    Lalu bagaimana bakul warung swieke tetap bisa jalan? Ternakkan kodok jenis bull frog!! Kalau kodok ijo dan precilnya selalu diburu. Itu bisa merusak ekosistem.

    Ternyata banyak PR untuk membenahi lingkungan hidup

  15. Agung Rangga berkata:

    wiih…
    Aku juga mau ngeramaikan blogku ah besok, dengan yang hijau-hijau… 😆

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.