Hewan Undur-undur Ternyata Bisa Terbang

Hewan undur-undur ternyata bisa terbang. Hewan yang kita kenal sebagai Undur-undur lantaran suka bergerak mundur dan menggali rumah berbentuk corong ternyata hanya larva. Hewan undur-undur mengalami proses metamorfosis dari telur, larva, kepompong, hingga menjadi Undur-undur dewasa. Saat dewasa Undur-undur mempunyai sayap dan bisa terbang.

Undur-undur adalah nama umum dari berbagai jenis spesies serangga yang terkumpul dalam famili Myrmeleontidae. Hewan Undur-undur ini terdiri lebih dari 2.000 spesies yang hidup tersebar di seluruh dunia, terutama daerah bersuhu hangat.

Nama Undur-undur diberikan lantaran kebiasaan larvanya dalam berjalan mundur saat membuat sarang jebakan. Sedang di beberapa negara Undur-undur disebut sebagai antlion (semut singa) karena kebiasaannya menjebak dan memangsa semut sehingga menjadi ‘singanya para semut’. Nama familinya, Myrmeleontidae merupakan bahasa latin yang berasal dari kata myrmex (semut) dan leon (singa) sehingga nama Myrmeleontidae secara harfiah bisa diartikan “semut singa”. Sedangkan Undur-undur dewasa yang mampu terbang, jarang diperhatikan dan dikenali lantaran merupakan hewan nokturnal tang aktif pada sore dan malam hari.

Larva Undur-undur

Larva Undur-undur

Ciri dan Metamorfosisi Undur-undur. Penampilan Undur-undur dewasa sekilas mirip Capung namun memiliki antena yang panjang. Ukurannya relatif kecil, bervariasi antar satu spesies dengan lainnya dengan panjang tubuhnya antara 4-10 cm. Kemampuan terbang Undur-undur tidak selincah Capung.

Undur-undur (antlion) mengalami proses metamorfosis sempurna mulai dari telur, larva, kepompong, hingga Undur-undur dewasa. Perkembangan Undur-undur dimulai ketika betina meletakkan telurnya di dalam tanah berpasir.

Telur undur-undur akan menetas menjadi larva. Larva inilah yang sering kita lihat yang mempunyai tubuh gempal, pipih, berkaki enam, dan memiliki sepasang taring panjang di kepalanya. Larva Undur-undur membuat jebakan di tanah dengan cara bergerak mundur dan memakai tubuhnya untuk menggali hingga akhirnya membentuk sarang jebakannya yang berbentuk seperti corong.

Makanan larva Undur-undur adalah jenis Arthropoda kecil, terutama semut. Yang unik, larva Undur-undur tidak memiliki anus sehingga sisa metabolisme akan disimpan dan baru dikeluarkan ketika mereka sudah menjadi Undur-undur dewasa.

Setelah menjadi larva, hewan Undur-undur (antlion) akan menjadi kepompong atau pupa. Bentuk kepompong Undur-undur mirip butiran pasir yang terkubur hingga beberapa centimeter di dalam tanah. Setelah sekitar satu bulan, kepompong berubah menjadi Undur-undur dewasa dan mulai tumbuh sayap sehingga mampu terbang.

Undur-undur dewasa mulai terbang untuk mencari pasangan dan melakukan perkawinan. Rata-rata usia Undur-undur dewasa hanya sekitar 20-25 hari saja. Makanan Undur-undur dewasa bervariasi. Sebagian spesies memakan serangga, sedangkan spesies lainnya memakan nektar (sari bunga) dari bunga.

Undur-undur dewasa

Undur-undur dewasa

Undur-undur dewasa yang telah bisa terbang ini akan mencari pasangan untuk melakukan perkawinan. Perkawinan sepasang Undur-undur dilakukan dengan hinggap di pohon. Uniknya, proses kopulasi (senggama) yang dilakukan Undur-undur dengan cara saling melekatkan ujung ekornya mampu berlangsung hingga dua jam. Setelah itu, sang betina akan mencari tempat untuk bertelur.

Konon Undur-undur (larva) mempunyai khasiat untuk menyembuhkan diabetes dan stroke. Sayangnya saya tidak paham bagaimana cara mendapatkan khasiatnya. Juga jika dikaji secara klinis.

Ingat Undur-undur, ingat masa kecil. Saya suka sekali ‘mengail’ Undur-undur dengan cara memasukkan sebatang ijuk ke dalam liang atau rumahnya. Sang Undur-undur akan menggigit ijuk sehingga dengan mudah hewan ini bisa diangkat. Tak tahunya, hewan ini bisa melakukan metamorfosis yang kemudian membuatnya bisa terbang.

Klasifikasi ilmiah. Kerajaan: Animalia; Filum: Arthropoda; Upafilum: Hexapoda; Kelas: Insecta; Upakelas: Pterygota; Infrakelas: Neoptera; Ordo: Neuroptera; Famili: Myrmeleontidae.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang alam lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di satwa dan tag , , , , , . Tandai permalink.

58 Balasan ke Hewan Undur-undur Ternyata Bisa Terbang

  1. Ikkyu_san berkata:

    waaah itu toh namanya si undur-undur.
    Waktu kecil sering banget mainin 😀

    EM

  2. Hariez berkata:

    wualahhh….saya baru ngeh Om undur-undur bisa terbang..oh ya kalo untuk obat diabetes saya sering denger juga Om tapi cara penggunaannya belum pernah liat juga :mrgreen:

    salam hangat

  3. eniharyanti berkata:

    wah ternyata undur-undur bisa terbang juga ya, saya baru tahu dan juga belum pernah melihat terbangya…
    undur-undur bisa menyembuhkan diabetes dan stroke, bagus ini untuk dikaji dan diteliti dalam dunia medis….informasi yang sangat bermanfaat, terimakasih…

  4. adiratna berkata:

    saya malahan udah lama ga liat undur – undur..

  5. koeshariatmo berkata:

    ternyata binatang kecil itu bisa terbang malah mainnya kuat 2 jam..
    saya pernah lihar rekan guru disekolah nelen undur-undur idup-idup, katanya buat obat.. ga tau sakit apaan beliau

  6. zee berkata:

    Wow. Dulu waktu saya kecil, suka main2 tanah, kita sk ketemu serangga yg sk mundur2 & namanya (spt kt org dewasa) adalah undur2. Tp besarnya tdk sampai 4cm, apalagi 10cm. Jd namanya apa ya sbnrnya..

  7. Waaahh,,, Saya bnar-benar baru mengetahui untuk kali yang pertama mengenai hal ini, bahwa Undur2 ternyata bisa terbang,, kereenn ^^

    Salam semangat selalu mas,,,

  8. anwar berkata:

    saya sering mancing undur-undur,, haha,, jadi ingat waktu sd,,mancing pake lamat (serat pohon pisang yang paling kecil) dengan umpan angkrang (semut pohon warna merah itu loh, basa jawanya angkrang,, indonesianya krg paham),,
    tapi sayang undur2-nya semakin langka semenjak banyak pengerasan tanah..

    btw ijin kopas untuk di taruh di forum ini http://www.indodiary.us,,
    lam kenal

    anwar
    jogja

  9. Amamoto berkata:

    sekarang harganya mahal kalao dijual, katanya muanjjur untuk obat stroke dan diabetes melitus 🙄

  10. Abdul Rohim berkata:

    Dulu waktu ku kecil sering main-main dengan undur-undur…dipancing dengan rambut…sekarang sudah langka (lahannya sudah tidak ada)…dan kabarnya sekarang jadi obat…trimakasih artikelnya..mohon izin copas..hehehe..

  11. unyil berkata:

    baru tau gan kalo undur-undur bisa terbang. hehehehhe

  12. mata hatiku berkata:

    Hahahaha, saya juga punya masa kecil yang mirip. Tapi sekarang saya nggak pernah lagi menemukan lubang undur-undur.

  13. anla arinda berkata:

    saya baru tau kalau undur-undur punya fase metamorfosis. 😀

    mainan saya waktu kecil itu .. :mrgreen:

  14. movienthusiast berkata:

    obat diabetes katanya 😀

  15. masha kimaza berkata:

    weh, tak kirain undur2 itu ya paling pol (tdk berubah lagi). baru tahu saya. nais inpo

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.