Daftar Cagar Alam Indonesia di Pulau Kalimantan

Daftar cagar alam Indonesia di pulau Kalimantan merupakan daftar cagar alam yang terletak di pulau Kalimantan, Indonesia. Daftar ini merupakan seri daftar cagar alam di seluruh Indonesia yang kemudian saya sajikan dalam beberapa artikel meliputi daftar cagar alam (CA) di Pulau Sumatera, CA Pulau Jawa, CA Nusa Tenggara dan Bali, CA Pulau Papua, CA Maluku, CA Sulawesi, dan CA Kalimantan.

Cagar Alam Indonesia yang terdapat di pulau Kalimantan ada sejumlah 18 kawasan yang 4 lokasi diantaranya terdapat di provinsi Kalimantan Timur, 5 lokasi terdapat di Kalimantan Selatan, 3 lokasi di Kalimantan Tengah, dan sisanya 6 kawasan berada di Kalimantan Barat.

Berikut daftar cagar alam yang terdapat di pulau Kalimantan Indonesia.

Daftar Cagar Alam Indonesia di Provinsi Kalimantan Timur

  • Cagar Alam TELUK ADANG; Pasir, Kalimantan Timur, 61.900,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor: 79/Kpts-II/2001, 15 Maret 2001.
  • Cagar Alam GUNUNG AMBANG; Pasir, Kalimantan Timur, 46.900,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor: 86/ Kpts-II/1993, 10 Februari 1993.
  • Cagar Alam MUARA KAMAN SEDULANG; Kutai, Kalimantan Timur, 62.500,70 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor: 598/Kpts-II/1995, 2 November 1995.
  • Cagar Alam PADANG LUWAI; Kutai, Kalimantan Timur, 5.000,00 ha, Keputusan Menteri Pertanian RI Nomor: 792/ Kpts/Um/10/82, 29 Oktober 1982.

Daftar Cagar Alam Indonesia di Provinsi Kalimantan Selatan

  • Cagar Alam SELAT SEBUKU LAUT KELUMPANG; Kota Baru, Kalimantan Selatan, 66.650,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor: 329/Kpts-II/1987, 14 Oktober 1987.
  • Cagar Alam GUNUNG KENTAWAN; Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, 257,90 ha, Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan RI Nomor: 336/Kpts-II/1999, 24 Mei 1999.
  • Cagar Alam SUNGAI LULAN-BULAN; Kota Baru, Kalimantan Selatan, 1.857,63 ha, Keputusan Men-hutbun Nomor: 453/Kpts-II/1999, 17 Juni 1999.
  • Cagar Alam TELUK PAMUKAN; KALIMANTAN SELATAN, Kota Baru, 20.618,84 ha, Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan RI Nomor: 453/Kpts-II/1999, 17 Juni 1999.
  • Cagar Alam GUNUNG SEBATUNG; Kota Baru, Kalimantan Selatan, 250,00 ha, Keputusan Menteri Pertanian RI Nomor: 920/Kpts/Um/12/82, 24 Desember 1982.

Daftar Cagar Alam Indonesia di Provinsi Kalimantan Tengah

  • Cagar Alam PARARAWEN I/II; Barito Utara, Kalimantan Tengah, 5.855,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan RI Nomor: 85/Kpts-II/1999, 25 Februari 1999
  • CAGAR ALAM BUKIT SAPAT HAWUNG; Murung Raya, Gunung Mas, Kalimantan Tengah, 239.000,00 ha, Keputusan Menteri Pertanian RI Nomor: 174/Kpts/Um/3/83, 8 Maret 1983.
  • Cagar Alam Bukit TANGKILING; Palangkaraya, Kalimantan Tengah, 2.061,00 ha, Keputusan Menteri Pertanian RI Nomor: 46/Kpts/Um/1/77, 25 Januari 1977.

Daftar Cagar Alam Indonesia di Provinsi Kalimantan Barat

  • Cagar Alam Laut KEPULAUAN KARIMATA; Ketapang, Kalimantan Barat, 77.000,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor: 381/Kpts-II/1985, 27 Desember 1985.
  • Cagar Alam Muara KENDAWANGAN; Ketapang, Kalimantan Barat, 150.000,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor: 407/Kpts-II/1988, 13 Agustus 1988.
  • Cagar Alam LO PAT FUN PI; Sambas, Kalimantan Barat, 8,00 ha, ZB No. 1/1936, 23 Maret 1936.
  • Cagar Alam MANDOR; Pontianak, Kalimantan Barat, 2.000,00 ha, ZB No. 8/1937, 15, 16 April 1937.
  • Cagar Alam GUNUNG NYIUT PENRISEN; Pontianak, Sambas, Kalimantan Barat, 180.000,00 ha, Keputusan Menteri Pertanian RI Nomor: 524/Kpts/Um/6/82, 15 Juni 1999.
  • Cagar Alam GUNUNG RAYA PASI; Sambas, Kalimantan Barat, 3.700,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor: 701/Kpts-II/1990, 11 Maret 1990.

Cagar alam – cagar alam yang terdapat di pulai Kalimantan ini menjadi salah satu kawasan pelestarian dan konservasi lingkungan hidup, satwa, dan flora di pulau dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi ini.

Referensi: http://www.dephut.go.id/informasi/PHPA/ca_rekap.html

Baca artikel tentang alam lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

55 Balasan ke Daftar Cagar Alam Indonesia di Pulau Kalimantan

  1. Adi berkata:

    SemOga huTan kalimantan tidak gundul 😀

  2. arkasala berkata:

    Dari beberapa informasi Kalimatan adalah bumi yang banyak diexploitasi tambangnya. Semoga daftar yang tertulis di atas bisa terjaga dengan baik 🙂
    Trims atas infonya 🙂

  3. Lucky dc berkata:

    Sungguh Indonesia negara yang kaya 🙂

  4. waaaaah yang Riau aja aku blom juga posting, disini udah nyampe kalimantan
    hehehe
    ntar deh abis dari bali ku posting

  5. julicavero berkata:

    wah bisa menjadi referensi saya neh sob,,hehe.trims ya

  6. arif berkata:

    wah yg di kaltim dulu ga sempet mampir,hiks, telat nyari info (doh)

  7. miwwa berkata:

    di kalimantan banyak ya.. Riau kok sepertinya sepi sekali. cuma tau yang Kerumutan itu..

  8. gerhanacoklat berkata:

    belom pernah ke cagar alam jd pengen tau

  9. Jidat berkata:

    Wah indonesia masih tetep kaya deh. jaga terus alam kita yang endah ini 😀

  10. sedjatee berkata:

    catatannya komplit sekali Kang
    menambah wawasan tentang Alam Indonesia
    semoga lestari selalu.
    salam sukses..

    sedj

  11. Kangus berkata:

    borneo memang lumbung cagar alam….
    harus dijaga benar-benar tuh. warisan dunia, penopang kelestarian kita semua…

  12. Bang Iwan berkata:

    Moga dengan Informasi ini kita bisa menjaga keutuhan cagar alam tersebut.
    Makasih banyak atas infonya Kang.

  13. mariasunarto berkata:

    wah kalau adanya di jawa masih bisa di jangkau tapi kalau di kalimantan ,wow jauh.

  14. bundadontworry berkata:

    kini tugas kita utk tetap menjaga kelestariannya ya Mas Alam.
    salam

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.