Indonesia Tuan Rumah Simposium Ilmuwan Biologi dan Konservasi

Indonesia menjadi tuan rumah simposium Biologi dan Konservasi Internasional atau Association for Tropical Biologi and Conservation (ATBC) 2010. Simposium yang dihadiri oleh 900-an ilmuwan dibidang biologi dan konservasi dari 60 negara ini merupakan pertemuan rutin tahunan organisasi internasional profesi bidang biologi dan konservasi alam tropika (Association for Tropical Biology and Conservation) yang akan berlangsung pada 19-23 Juli 2010 di Bali.

Ini merupakan kehormatan kedua kalinya bagi Bali di bulan Juli 2010 dimana sebelumnya Bali juga menjadi tuan rumah pelaksanaan Pre Tiger Summit Partners Dialouge Meeting. Malam ini (19/07) sebagai dilansir Alamendah’s Blog dari kompas.com, telah dilaksanakan acara penyambutan 900 ilmuwan peserta simposium yang dilaksanakan di Pantai Sanur.

Logo Association for Tropical Biology and Conservation (ATBC) 2010

Selain dihadiri oleh 900-an ilmuwan dari 60 negara, dalam simposium organisasi internasional profesi bidang biologi dan pelestarian alam tropika (Association for Tropical Biology and Conservation) ini akan disampaikan sekitar 400-an makalah ilmiah terkait bidang biologi dan konservasi. Termasuk dari para ilmuan Indonesia yang akan diwakili oleh LIPI.

Simposium Internasional ilmuwan di bidang biologi dan pelestarian alam tropika direncakan juga akan membahas kesepakatan bersama dalam bentuk deklarasi yang diharapkan menjadi rujukan dalam berbagai pertemuan tingkat tinggi yang terkait biologi dan konservasi.

Ini merupakan konferensi tahun kesepuluh yang digelar Association for Tropical Biology and Conservation (ATBC) secara rutin. Kali ini, Association for Tropical Biology and Conservation 2010 mengangkat tema “Tropical biodiversity: surviving the food, energy, and climate crisis“. Tema ini sesuai dengan kondisi saat ini karena keanekaragaman hayati sangat erat kaitannya dengan ketiga hal yang menjadi tantangan manusia saat ini dan di masa mendatang.

Organisasi internasional profesi bidang biologi dan pelestarian alam tropika (Association for Tropical Biology and Conservation) sendiri merupakan organisasi profesi terbesar di dunia untuk bidang biologi dan konservasi yang dibentuk pada 1963. Indonesia sebagai salah satu anggota baru sekali ini berkesempatan menjadi tuan rumah simposium yang merupakan pertemuan rutin tahunan ini.

Rencananya esok pagi (20/07), Wakil Presiden Indonesia, Boediono, akan membuka secara resmi simposium organisasi internasional profesi bidang biologi dan pelestarian alam tropika (Association for Tropical Biology and Conservation).

Pengen ikut serta dalam Association for Tropical Biology and Conservation 2010, sayangnya saya bukan ilmuwan dalam bidang apapun, apalagi biologi dan konservasi alam tropika. So, nunggu hasilnya saja.

Referensi: sains.kompas.com

Baca artikel tentang alam lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di global, lingkungan hidup dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

56 Balasan ke Indonesia Tuan Rumah Simposium Ilmuwan Biologi dan Konservasi

  1. didi berkata:

    heleh, udah diterima makalah untuk presentasi poster, tapi nggak punya sangu…. ya tetep nggak bisa ikut di acara itu…. hehehe.. yg penting uang!!!…. (sayang biasiswa untuk acara itu terlambat). menurutku orang indonesia kalau percaya diri ya jadi ilmuwan…

  2. Ping balik: sigitari95

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s