Indonesia Belum Punya Geopark

Indonesia belum mempunyai Geopark sebuahpun. Padahal hingga saat ini diseluruh dunia telah terdapat 66 kawasan yang telah ditetapkan oleh UNESCO (United Nations Educational Scientific and Cultural Organization / Organisasi PBB untuk bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan) sebagai geopark (taman bumi). Ke-66 geopark dunia tersebut tersebar di 20 negara. Sayangnya tidak satupun yang berada di Indonesia.

Geopark atau taman bumi merupakan sebuah kawasan atau situs warisan geologi (geological heritages) yang mempunyai nilai ekologi dan warisan budaya (cultural heritages) dan berfungsi sebagai daerah konservasi, edukasi dan sustainable development. Geopark ditetapkan dalam sidang Global Geoparks Network (GGN), sebuah badan bentukan UNESCO yang dilaksanakan 2 tahun sekali.

Penetapan kawasan geopark (taman bumi) dipelopori oleh negara-negara di Eropa pada tahun 1998 untuk melindungi kawasan-kawasan geologis. Hingga saat ini Global Geoparks Network (GGN) UNESCO telah menetapkan 66 geopark yang terdapat di 20 negara.

Sampai saat ini, belum satupun kawasan geologi di Indoneia yang ditetapkan sebagai geopark. Hal ini tentunya tertinggal jauh dengan negara-negara lain seperti Malaysia dengan pulau Langkawi yang telah ditetapkan sebagai geopark dunia sejak 2007. Bahkan China telah mempunyai 22 geopark dan Jepang mempunyai 3 geopark.

Gunung Rinjani dengan Danau Segara Anakan, salah satu yang diusulkan menjadi geopark dunia

Indonesia sebenarnya telah berencana untuk mengajukan 3 kawasan geologi sebagai geopark dunia sejak 2008 silam. Ketiga kawasan geologi yang diusulkan kepada UNESCO sebagai geopark itu yaitu Taman Nasional Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Gunung Batur di Kintamani, Bali, dan Kawasan Karst Pegunungan Sewu di Pacitan, Jawa Timur.

Taman Nasional Gunung Rinjani terdapat di Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Timur dengan pesona Gunung Rinjani (3.276 mdpl) sebagai gunung api tertinggi kedua di Indonesia dan Danau Segara Anakan yang terdapat di ketinggian 2.010 meter dpl.

Gunung Batur terdapat di kecamatan Kintamani kabupaten Bangli, Bali. Gunung berapi aktif dengan ketinggian 1.717 mdpl. Gunung berapi ini meletus terakhir kali pada tahun 2000 silam.

Kawasan Karst di Pacitan, Jawa Timur merupakan sebuah kawasan karst (kapur) dengan berbagai gua yang menjadi bagian dari Pegunungan Sewu yang membujur dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Sayangnya terbesit kabar bahwa pengusulan Gunung Rinjani sebagai geopark dunia terbelit masalah dokumen teknis yang kurang lengkap. Hal ini disinyalir akibat lemahnya pengawalan pemerintah daerah di NTB dan lembaga terkait lainnya dalam memperjuangkan TNGR menjadi geopark dunia. Entah bagaimana pula nasib Gunung Batur dan Pegunungan Sewu?.

Tapi semoga saja pemerintah dan lembaga-lembaga terkait benar-benar serius untuk mengusulkan ketiga kawasan geologi di Indonesia tersebut untuk mendapat persetujuan Global Geoparks Network (GGN) UNESCO sebagai salah satu geopark dunia dalam sidang GGN selanjutnya yang akan digelar tahun 2012.

Dengar-dengar pada awal Agustus 2010 LIPI akan memprakarsai diadakannya workshop nasional Geopark Indonesia yang akan dilaksanakan di Bandung. Masa kita musti kalah dengan Malaysia?

UPADATE (24/09/2012):

The 11th European Geoparks Conference yang digelar di Arouca, Portugal, (19 –21 September), telah menetapkan gunung Batur sebagai salah satu dari Global Geopark. Ini berarti gunung Batur telah menjadi Geopark Dunia pertama di Indonesia. Selengkapnya baca: Gunung Batur Geopark Dunia Pertama di Indonesia.

Referensi:

Baca artikel tentang alam lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

68 Balasan ke Indonesia Belum Punya Geopark

  1. Ping balik: Daftar Cagar Alam Indonesia di Maluku | Alamendah's Blog

  2. Ping balik: Rangking Pulau Komodo Turun ke Peringkat 26 | Alamendah's Blog

  3. Ping balik: Indonesia Dirikan Rumah Sakit Hewan Terbesar di Asia | Alamendah's Blog

  4. Ping balik: Angklung Ditetapkan Jadi Warisan Dunia Oleh UNESCO | Alamendah's Blog

  5. Ping balik: Cagar Biosfer di Indonesia | Alamendah's Blog

  6. Ping balik: Indonesia Belum Punya Geopark « FOR OUR EARTH

  7. Ping balik: Gunung Api Purba Nglanggeran Yogya Calon Geopark? | Alamendah's Blog

  8. Ping balik: Gunung Api Purba Nglanggeran Yogya Calon Geopark? | Lisa Sugeha

  9. Ping balik: Pulau Komodo Akan Dicoret dari Finalis New 7 Wonders | Alamendah's Blog

  10. Ping balik: 27 Calon Situs Warisan Dunia dari Indonesia | Alamendah's Blog

  11. edi berkata:

    d pacitan katanya ada geopark…………….barusan lht d berita

  12. Ping balik: Tahun 2024 Es Abadi Puncak Jaya Hilang | Alamendah's Blog

  13. Ping balik: Ramsar Site di Indonesia | Alamendah's Blog

  14. geopark sebenarnya yg pantas adalah di kawasan Batang (Sungai) Merangin, Kecamatan Sungai Manau, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, yang saya tahu itu adalah lempengan tertua di asia. disana terdapat fosil flora dan fauna laut…… (info kaskus)

  15. Ping balik: Kawasan Karst Indonesia Potensi dan Ancaman | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.