Moratorium Konversi Hutan Indonesia

Indonesia akan memberlakukan moratorium konversi hutan. Moratorium (penghentian sementara penebangan) hutan ini merupakan kesepakatan antara pemerintah Indonesia dengan Norwegia yang ditandatangani dalam Konferensi Perubahan Iklim dan Hutan di Oslo, Norwegia.

Moratorium (penghentian sementara penebangan) hutan menjadi implemantasi strategi Penurunan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi Hutan (Reduce Emissions from Deforestation and Forest Degradationn – REDD). Dalam kesepakatan (Letter of Intent – LoI) moratorium hutan tersebut, Indonesia berkomitmen akan melakukan moratorium konversi hutan dan lahan gambut selama dua tahun yang akan dimulai pada awal 2011. Sebagai konsekuensinya, Indonesia akan medapatkan dana hibah sebesar 1 miliar dolar dari pemerintah Norwegia.

Sebagai langkah awal moratorium konversi hutan tersebut berbagai tindakan persiapan akan dilakukan sejak Juni 2010 ini hingga Desember 2010. Berbagai tindakan tersebut diantaranya adalah pembentukan badan khusus sebagai pelaksana moratorium yang memiliki kredibilitas dan transparan dan Penyusunan Rencana Aksi Nasional (RAN).

Tak kalah penting adalah konsultasi antara pusat dan daerah yang mampu menciptakan sinergi. Juga akan dilakukan komunikasi dengan dunia usaha, serta konsultasi dengan lembaga adat untuk suksesnya program moratorium (penghentian sementara) konversi hutan yang akan dilaksanakan.

Seperti diungkap Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, sedikitnya lima daerah telah diusulkan masuk dalam morotarium antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Norwegia ini. Kelima daerah tersebut antara lain Kampar (Riau), Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Bengkulu, dan Papua. Pemerintah Norwegia nantinya akan memilih salah satu dari lima usulan tersebut mana yang sesuai dengan pilot project REDD+ (Reduce Emissions from Deforestation and Forest Degradation).

Diharapkan dengan diberlakukannya morotarium selama dua tahun tersebut Indonesia kan mampu menurunkan emisi karbon hingga 26 persen pada tahun 2020. Selain itu, kerja sama Indonesia-Norwegia itu adalah yang pertama dan metodenya diharapkan menjadi percontohan bagi negara-negara lain.

Semoga moratorium konversi hutan yang dilakukan ini benar-benar dilakukan dalam upaya menekan emisi karbon dari deforestasi dan degradasi hutan. Sehingga dengan moratorium konversi hutan ini diharapkan mampu melindungi karbon Indonesia yang cukup signifikan secara global dan kekayaan keanekaragaman hayati hutan hujan tropis seraya membantu masyarakat lokal agar lebih sejahtera bukan sekedar tergiur dengan nilai 1 miliar dolar yang dijanjikan Norwegia.

Referensi: berbagai media online termasuk news.antara.co.id, http://www.bipnewsroom.info, dan http://www.pikiran-rakyat.com

Baca Artikel tentang Alam Lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di berita, lingkungan hidup dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

82 Balasan ke Moratorium Konversi Hutan Indonesia

  1. itempoeti berkata:

    agak pesimis apalagi jika melihat perselingkuhan antara pengusaha dan penguasa…

  2. program itu wajib didukung, penyetopan penebangan hutan jelas meyelamatkan kehidupan ini, namun program itu jangan saja dilakukan di daerah yang ditetapkan diatas itu saja, lihat hutan di kawasan Sumatera Utara apakah masih lestari atau telah terjadi kerusakan jawabanya lihat sendirilah………… yah kami mau bilang apa, namun perlu di Ingat fungsi hutan menurut kami adalah sebagai jantung kehidupan Dunia. jadi kalau hutan berkurang, pohon nya punah dengan cara legal dan ilegalogging tak sebanding dengan pohon yang tumbuh secara alami dan di tanam oleh tangan manusia otomatis bencana dan bencana pasti datang jangankan emisi karbon yang terjadi, banjir bandangpun bisa terjadi apa lagi tanah longsor juga terjadi akibatnya bencana buat manusia. tidak harus penghentian sementara penebang sesuai program diatas, tapi alangkah baiknya program itu diberlakukan untuk penghentian seterusnya penbangan di seluruh hutan bumi pertiwi ini, karena penanaman pohon tak sebanding dengan penebangan kini dapat dirasakan dengan terjadinya bencana dan bencana jelas akibat hutan tak bersahabat lagi dengan kita, hanya Doa saja yang selalu kita panjatkan kepada ALLah agar kita terhindar dari amukan Alam ini. jangan tergiur dengan dolar itu tapi berpikirlah menyelamatkan hutan demi kita dan anak cucu kita. wasalam dari lubuk hati yang paling dalam. terimakasih – Awaludin Chaniago .” maaf ini sekedar pendapatku saja kawan “.

  3. dipta berkata:

    wah semoga moratorium benar-benar menjadi solusi untuk meminimalisir efek rumah kaca dan malah tidak menambah semaraknya illegal logging.amin..

  4. moratorium sesuai apa yang di katakan artikel diatas saya dukung, namun mohon jangan hanya di berlakukan di lima daerah saja lihat juga hutan di Sumatera Utara,tak salah kalau hutan Sumatera Utara diikut sertakan bahkan hutan di seluruh nusantara.
    Moratorium sampai berapa tahun lamanya ? karena kalau kita mau jujur setelah melihat kondisi hutan kita saat ini Ya cukup memperihatinkan kondisinya, bahkan bagi pencinta alam dan lingkungan hidup pasti sedih dan cemas melihat kondisi hutan saat ini, hutan adalah jantung kehidupan dunia, hutan akan bersahabat dengan kita kalau kita dapat melestarikan hutan, ” Ingat Hutan bukan saja dapat menurunkan emisi karbon, hutan dapat mencegah tanah longsor, mencegah terjadinya banjir Bandang, mencegah terjadinya Global Warning ” hutan jelas melindungi manusia dan memberikan kesejahteraan buat manusia kalau hutan dirawat dilestarikan artinya penebangan hutan secara Ilegal loging harus di stop, penebangan hutan secara legal harus diawasi ketat dan harus diseimbangkan dengan pertumbuhan pohon di hutan itu ( hutan tetap Lestari ). hasil pohon di hutan Indonesia kalau dikelolah dengan baik sudah dapat mensejahterakan rakyat Indonesia dan mengatasi rakyat tidak miskin, kita Cukup kaya akan hutan. tapi jangan sekali-kali bermain -main dengan hutan akibatnya bencana pasti datang dan bencana itu kini ada didepan mata. ” mari berpastabikhul kahirat Berlomba-lomba dalam kebaikan ” melestarikan hutan adalah kebaikan. wasalam .Muhammad Kamil aktivis pencinta alam dan lingkungan Hidup bernaung di LEMPALHI ( Lembaga Pelestarian Alam Dan Lingkungan Hidup Indonesia ) ” cintailah hutan demi kita dan anak cucu kita “.

  5. citromduro berkata:

    penebangan terus berjalan sementara penanaman kembali masih kecil
    memang harus dihentikan untuk mencegah hutan gundul, kalau kepala yang gundul munkin enak lebih dingin kalau tidak berjemur

    • citromduro berkata:

      untuk mengimbanginya harus dihentikan penebangan hutan agar penggantinya sudah siap tebang.
      sementara pohon yang sudah pada tumbang karena faktor usia juga belum tergantikan.

      selamat berakhir pekan
      salam dari pamekasan madura

  6. Ping balik: Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Pulau Jawa Terburuk | Alamendah's Blog

  7. Ping balik: Kerusakan Sungai dan Daerah Aliran Sungai di Indonesia | Alamendah's Blog

  8. Ping balik: Perambahan Kawasan Hutan Akibat Pengawasan Lemah | Alamendah's Blog

  9. Ping balik: Tanaman Penyerap Karbondioksida | Alamendah's Blog

  10. Ping balik: Adopsi Pohon di Gunung Gede Pangrango | Alamendah's Blog

  11. Ping balik: Luas Hutan Indonesia di Tiap Provinsi | Alamendah's Blog

  12. Ping balik: PBB Tetapkan 2011 Sebagai Tahun Hutan Internasional | Alamendah's Blog

  13. Ping balik: Moratorium Penebangan Hutan, Apa Kabar? | Alamendah's Blog

  14. Ping balik: Gambar Kerusakan Hutan | Foto Kerusakan Hutan | Alamendah's Blog

  15. Ping balik: Hutan Bakau Hutan Mangrove; Definisi dan Fungsi | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.