Earth Hour 2010, Matikan Listrik Satu Jam

Earth Hour merupakan sebuah gerakan global yang dicetuskan oleh WWF (World Wildlife  Fund) untuk mematikan lampu dan peralatan listrik selama 60 menit (satu jam) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan atas perubahan iklim. Earth Hour dicetuskan pertama kali oleh WWF dan The Sydney Morning Herald pada tahun 2007 yang diikuti oleh 2,2 juta penduduk Sydney. Gerakan 60 Earth Hour dilaksanakan setiap Sabtu terakhir bulan Maret.

Pada tahun-tahun berikutnya, banyak kota-kota lain diseluruh dunia yang ikut berpartisipasi dalam Earth Hour termasuk kota Jakarta di Indonesia. Pada pelaksanaan Earth Hour 2009, diperkirakan sebanyak satu miliar orang dari 4.088 kota besar dan kecil di 88 negara ikut berpartisipasi dalam Earth Hour dengan mematikan lampu satu jam sebagai aksi publik terbesar untuk perubahan iklim.

Gerakan yang hampir sama dengan Earth Hour adalah World Silent Day yang digagas LSM di Bali. Bedanya, World Silent Day dilaksanakan siang hari selama 4 jam dan baru berlingkup lokal, tetapi Earth Hour sudah berlingkup global dan dilaksanakan selama 1 jam pada malam hari mulai pukul 20.30 hingga 21.30 waktu setempat.

Earth Hour 2010. Earth Hour 2010 akan dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2010 pukul 20.30-21.30 waktu setempat. Diperkirakan lebih dari 1 milyar orang dari 1.882 kota di 110 negara di seluruh dunia akan mengikuti Earth Hour 2010.

 

Bundaharan HI dalam Earth Hour 2009

Bagi Indonesia, ini merupakan keikutsertaan kedua kalinya dalam Earth Hour. Di Indonesia, Selain Jakarta dan Jabodetabek, empat kota lainnya yakni Surabaya, Bandung, Yogyakarta dan Denpasar telah meyatakan bakal berpartisipasi. Sebagai bentuk partisipasi dalam Earth Hour 2010, Pemda DKI Jakarta akan memadamkan lampu di lima ikon kota yaitu Bundaran HI dan air mancurnya, Monas dan air mancur menarinya, Gedung Balai Kota, Patung Pemuda dan Air Mancur Patung Arjuna Wiwaha.

Selain pemda DKI sejumlah instansi pemerintah maupun pihak swasta, juga telah menyatakan komitmen mereka terhadap Earth Hour 2010, dan akan mematikan lampu di gedung kantor mereka yang sebagian besar berada di kawasan Sudirman, Thamrin dan Kuningan. Termasuk PT Sharp Electronics Indonesia, yang akan memadamkan semua lampu billboard, serta lampu di kantor pusat dan di 28 kantor cabang di seluruh Indonesia selama satu jam.

Apa yang Bisa Dilakukan?. Meskipun tujuan awal Earth Hour hanya sebagai penanaman dan pendidikan untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya melakukan tindakan atas perubahan iklim, ternyata Earth Hour mampu memberikan manfaat langsung bagi pengurangan ancaman perubahan iklim.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendukung gerakan ini antara lain;

Partisipasi Blogger. Sejumlah instansi pemerintah dan swasta serta penduduk seluruh dunia telah berkomitmen untuk berpartisipasi dalam Earth Hour 2010. Sekarang tinggal kita, Blogger Indonesia, beranikah untuk ikut mematikan komputer, koneksi internet dan berhenti ngeblog selama 60 menit (1 jam) pada Sabtu 27 Maret 2010 mulai pukul 20.30-21.30 sebagai bentuk dukungan dan partisipasi dalam Earth Hour 2010?

Referensi dan gambar: http://www.earthhour.wwf.or.id;

Baca Juga:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

120 Balasan ke Earth Hour 2010, Matikan Listrik Satu Jam

  1. Ping balik: Mengenal Earth Hour | Alamendah's Blog

  2. Ping balik: Daftar Hari Peringatan (Perayaan) Lingkungan Hidup | noerainiastuti

  3. Ping balik: Daftar Hari Peringatan (Perayaan) Lingkungan Hidup : SMK Negeri 1 Pasuruan

  4. Ping balik: Cara Mendukung Earth Hour | Alamendah's Blog

  5. Ping balik: HARI PERINGATAN LINGKUNGAN HIDUP SEBAGAI PERAYAAN DAN UPAYA UNTUK MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN | bumi hijauku

  6. Ping balik: sigitari95

  7. Ping balik: Earth Hour 2013 Mana Aksimu, Kawan? | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s