World Silent Day, Dari Heningnya Bali Untuk Dunia

World Silent Day atau Hari Hening Sedunia merupakan sebuah gerakan untuk mengurangi aktifitas yang mengeluarkan sumber daya seperti menyalakan listrik dan mengendarai kendaraan bermotor selama 4 jam yang dimulai pada pukul 10.00 hingga 14.00. World Silent Day dilaksanakan setiap tanggal 21 Maret. World Silent Day (Hari Hening Sedunia) diharapkan memberikan kontribusi pada pengurangan ancaman pemanasan global.

World Silent Day atau hari Hening Sedunia digagas oleh Triple-C, colaboration for climate change, yakni gabungan LSM Bali saat konferensi global warming (UNFCCC), di Bali tahun 2007. World Silent Day ini terinspirasi dari kearifan budaya lokal, hari raya Nyepi. Selama Hari Raya Nyepi diperkirakan mampu mengurangi emisi sebanyak 20.000 ton di Bali. Pemilihan tanggal 21 Maret sebagai World Silent Day berkaitan dengan Hari Air Sedunia yang diperingati setipa tanggal 22 Maret.

Gerakan World Silent Day atau hari Hening Sedunia tahun 2010 merupakan yang ketiga kalinya. Kali ini, para aktivis lingkungan hidup di Bali, selain mengkampanyekan pelaksanaan World Silent Day juga melakukan penggalangan tanda tangan sebagai bukti dukungan masyarakat terhadap pelaksanaan Hari Hening Sedunia.

Diharapkan akan terkumpul 10 juta tanda tangan yang pada tahun 2012 akan disampaikan ke PBB agar mengakui pelaksanaan World Silent Day secara menyeluruh diseluruh penjuru dunia seperti gerakan 60 Earth Hour. Saat ini telah terkumpul 9 ribu tanda tangan. Gerakan World Silent Day ini telah didukung pula di Jepang, Jerman, dan Australia.

Mari Berpartisipasi. Apa saja yang bisa dilakukan selama pelaksanaan World Silent Day atau hari Hening Sedunia?. Sebagai bentuk partisipasi kita pada gerakan World Silent Day, pada tanggal 21 Maret, selama 4 jam (pukul 10.00-14.00) kita bersedia untuk mematikan peralatan listrik, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, dan aktivitas boros sumberdaya lain, menanam pohon, mengumpulkan sampah, dan melakukan aksi-aksi ramah lingkungan lainnya.

Selain itu, sobat juga dapat memberikan dukungan dengan mengunjungi situs resmi gerakan World Silent Day di http://www.worldsilentday.org serta menuliskan pengalaman melaksanakan World Silent Day dan mengirimkannya ke alamat email bali.climatechange@gmail.com.

Mari beri waktu 4 jam dalam setahun untuk bumi bernafas dengan ikut serta melakukan aksi hening dalam World Silent Day.

Baca Juga:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , , , . Tandai permalink.

111 Balasan ke World Silent Day, Dari Heningnya Bali Untuk Dunia

  1. Ping balik: Daftar Hari Peringatan (Perayaan) Lingkungan Hidup | noerainiastuti

  2. Ping balik: sigitari95

  3. Ping balik: Bali Raih Gelar Pulau Terbaik Asia 2014 | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s