Rukam atau Rukem, Pijit Dulu Baru Makan

Rukam atau Rukem adalah nama pohon penghasil buah yang konon merupakan tanaman asli Indonesia. Pohon Rukam yang dalam bahasa latin disebut Flacourtia rukam yang mulai langka di Indonesia memiliki tata cara unik bagi yang ingin makan buahnya. Buag Rukam harus dipijit-pijit dulu sebelum dimakan untuk menghilangkan rasa sepat buah langka ini.

Pohon dan buah Rukam di beberapa daerah di Indonesia disebut juga sebagai Rukem, Ganda Rukem, Gerendang (Jawa), klang tatah kutang (Kalimantan). Dalam bahasa Inggris buah Rukan atau Rukem ini disebut Indian Prune. Di beberapa negara lain, beberapa nama diberikan seperti; Rukam (Filipina) Ta Khop Thai (Thailand), Rukam Manis, Rukam Gajah, Rukem (Malaysia), Jawa Rukamu (Jepang). Sedangkan dalam basa latin tanaman langka ini disebut sebagai Flacourtia rukam atau juga (sinonim) Flacourtia euphlebia.

Rukam (Flacourtia rukam) terdapat di daerah Asia Tenggara dan juga India. Pohon ini tumbuh di daerah tropika basah sampai pada ketinggian 1500 m dpl. Namun di alam liar ditemukan dapat tumbuh pada ketinggian 2100 m dpl. Habitat alaminya di hutan primer dan sekunder. Tanaman ini mempunyai adaptasi yang cukup terhadap kisaran suhu, curah hujan dan kondisi tanah.

Diskripsi Rukam. Tinggi pohon Rukam atau Rukem mencapai 20 m dengan batang dan cabang-cabang biasanya berlekuk (bengkok-bengkok) dan beralur. Pada batang Rukam  terdapat duri-duri yang panjangnya bisa mencapai 10 cm.

Buah Rukam (Flacourtia rukam) yang masih muda

Daun Rukam atau Rukem berbentuk bundar telur lonjong atau lonjong melanset dengan panjang antara 10 – 18 cm dan lebar antara 4 – 9 cm. Pinggiran daun bergerigi kasar. Permukaan daun bagian atas berwarna hijau tua mengkilat. Saat masih muda daun pohon Rukan berwarna merah kecoklatan.

Perbungaan Rukam (Flacourtia rukam) berbentuk tandan dengan sedikit bunga, berukuran pendek, berada di ketiak daun, berbulu halus; gagang bunga panjangnya 3-4 mm. Bunga Rukam atau Rukem berwarna kuning kehijau-hijauan, umumnya berkelamin tunggal.

Buah Rukam bertipe buah buni yang bentuknya bulat, bulat gepeng sampai bulat telur sungsang dengan diameter 2-2,5 cm. Buah berwarna hijau muda sampai merah jambu atau hijau-lembayung sampai merah tua. Buah Rukem memiliki daging buah berwarna keputih-putihan. Pada ujung buah masih ada bekas tangkai putik kecil-kecil sebanyak 4-8, mirip paruh, dalam bentuk lingkaran. Buah Rukem berbiji pipih, sebanyak 4-7 butir. Buah langka ini banyak mengandung air yang asam rasanya.

Pemanfaatan Rukam. Buah Rukam atau Rukem (Flacourtia rukam) dapat dimakan langsung tetapi agak berasa sepat. Untuk menghilangkan rasa sepat ini buah Rukam musti dipijit-pijit terlebih dahulu hingga berasa agak lunak kemudian baru dimakan.

Buah Rukam yang telah masak

Buah rukem dapat pula dijadikan rujak dan asinan, atau dicampur gula dijadikan selai. Buah yang masih muda dapat digunakan sebagai ramuan obat tradisional yang berkhasiat untuk mengobati diare dan disentri.

Daun muda Rukam dapat dimakan mentah sebagai lalap. Air perasan daunnya dipakai untuk mengobati kelopak mata yang bengkak. Di Filipina, seduhan akar Rukam diminum oleh wanita yang baru saja melahirkan. Kayu rukam keras dan kuat, dapat digunakan untuk membuat perabot rumah tangga, seperti alu dan mebel.

Pijit Dulu Baru Makan. Aktifitas memijit-mijit buah Rukam sebelum memakannya agar rasa sepat yang terdapat pada buah ini terkurangi semakin hari semakin langka seiring dengan makin langkanya tanaman ini. Padahal saat badan saya pegal-pegal seperti ini saya ingin sekali dipijit-pijit sambil memijit-mijit buah Ganda Rukem (Rukam).

Klasifikasi ilmiah; Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Malpighiales; Famili: Salicaceae; Bangsa: Flacourtieae; Genus: Flacourtia; Spesies: Flacourtia rukam; Nama binomial Flacourtia rukam.

Referensi:

Gambar: 2.bp.blogspot.com;

Baca Juga:

Anda dapat melihat daftar seluruh tulisan di: Daftar catatan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

113 Balasan ke Rukam atau Rukem, Pijit Dulu Baru Makan

  1. Ping balik: Sawo Kecik, Pohon Sarwo Becik Tapi Langka « Alamendah's Blog

  2. Marlina berkata:

    Minta informasi di mana saya bisa mendapatkan buah rukem, saya sangat membutuhkannya sekarang!!! sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas bantuannya (informasi alamat)

  3. Ping balik: Kemang Tanaman Buah yang Makin Langka | Alamendah's Blog

  4. Indo Hijau berkata:

    😳 ternyata beda dink, rukam/rukem di daerah kalbar/melawi pohonnya tumbuh di daerah lembab dengan ketinggian tidak lebih dari 300Mdpl, berwarna hijau selagi mentah dan berubah menjadi ungu setelah mateng, pohonnya berduri sekitar 1 – 1,5 cm.
    Rasa buah asam-asam sepet. Nama sama tetapi buahnya beda 😀

  5. Ping balik: Pohon Gandaria Flora Identitas Provinsi Jawa barat | Alamendah's Blog

  6. Ping balik: Labu Tumbuhan Kaya Manfaat | Alamendah's Blog

  7. sewaktu saya masih remaja buah rukem masih ada di kota Medan, numun kini susah untuk mendapat buah itu mungkin sudah langkah, bahkan anak- anak saya kini tak mengenal bagai mana pohon rukem itu dan tak pernah memakan buahnya. terimakasih atas artikel ini karena ternyata buah rukem bisa buat obat. ya sebagai pencinta Alam Dan lingkungan hidup Insya Allah saya dan teman-teman di LEMPALHI Sumut akan coba mencari dan membibitkan pohon rukem ini, dengan cara bijinya ditanam atau penyetekan, kita coba melestarikan pohon ini. trims : M. Kamil motto ” Mari kita lestarikan pohon yang berguna buat kita dan anak cucu kita ” .

  8. buah rukem memang termasuk langkah saat ini doelu kami semasih remaja sering makan rukem, tapi kini generasi di era ini pada umunya tak mengetahui apa itu rukem , ya mari kita lestarikan pohon rukem . trims . M.Kamil. Aktivi LEMPALHI

  9. Ping balik: Mundu (Garcinia dulcis) Pohon Buah Langka | Alamendah's Blog

  10. Ping balik: Pohon dan Buah Ceremai dan Aneka Manfaat | Alamendah's Blog

  11. Awal berkata:

    terima kasih atas infonya.. saya udah dapat daunnya dari teman yg ada di Medan, katanya sih udah mau punah pohonnya, cuma ada di daerah hutan….

  12. Ping balik: Aneka Jenis Spesies Kantong Semar Asli Kalimantan | Alamendah's Blog

  13. Ping balik: Buah Namnam atau Kopi Anjing nan Eksotis | Alamendah's Blog

  14. Reny R berkata:

    Bisa gak saya dapat daun rukam? Bisa di tong kirim utk daerah jogya.. Ongkir n biaya lain2 akan saya ganti.
    Terima kasih.

  15. mbadrun berkata:

    ya d ?daerah km byak rukem,brkeliaran d hutan!mbadrun46@yahoo.com

    • Ngurah Dewana berkata:

      Dimana ya bisa dapat buahnya, sy cari2 di web yg dijual biasanya bibitnya. Sy sedang perlu buahnya. Tolong infonya yaa..

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.