Pulau Jemur Milik Indonesia Bukan Malaysia

pulau jemur

Pantai Pulau Jemur Indonesia

Pulau Jemur adalah sebuah pulau milik Indonesia. Pulau ini terletak di Selat Malaka, dekat dengan perbatasan Malaysia. Pulau Jemur termasuk dalam wilayah administratif Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Indonesia. Letaknya sekitar 72,4 km dari Bagan Siapi-api dan 64,3 km dari Pelabuhan Klang di Malaysia. Pulau Jemur merupakan pulau terluas (2,5 ha) yang berada dalam gugusan Kepulauan Arwah yangterdiri dari 9 pulau. Pulau lainnya seperti Tokong Emas, Tokong Simbang dan Labuhan Bilik.

Kini, Sejumlah laman internet mencantumkan Pulau Jemur di Provinsi Riau sebagai bagian dari daerah tujuan pariwisata Negeri Selangor, Malaysia. Informasi mengenai penawaran Pulau Jemur sebagai daerah tujuan wisata tersebut dapat diakses di sejumlah situs pariwisata Travel Journal dan laman Osvaja.net yang menyebutkan bahwa Pulau Jemur sebagai destinasi wisata Negara Bagian Selangor, Malaysia.

Perkenalan saya dengan pulau jemur terjadi di dunia maya pada penghujung bulan April 2009 silam ketika saya ikut serta menuliskan sejumlah pulau di Indonesia dalam Wikipedia Indonesia; ensiklopedia online. Memang, saat itu, tidak terlalu banyak yang dapat saya gali tentang pulau yang secara astronomi berada di titik kordinat 2.52’.10” LU dan 100.34’ BT. Tidak mengherankan, karena tidak sedikit pulau-pulau di Indonesia yang bernasib sama, bahkan lebih parah; tidak dikenal.

Pulau Jemur terkenal dengan panorama alam seperti pantai berpasir putih dan sebagai salah satu tempat tujuan bertelurnya penyu hijau. Perairan di sekitar pulau ini terkenal sebagai daerah penghasil ikan yang kaya dengan terumbu karang.

Selain itu Pulau Jemur juga mempunyai nilai historis lantaran selama Perang Dunia II, Jepang membangun pertahanan di pulau ini. Sisa-sisa peninggalan Jepang di Pulau Jemur di antaranya adalah Goa Jepang dan menara suar peninggalan Jepang. Juga terdapat Batu Panglima Layar.

Pulau Jemur tidak berpenghuni dan hanya menjadi tempat persinggahan bagi nelayan yang sedang melaut. Sebuah pos TNI-AL didirikan di pulau ini untuk kepentingan pengamatan dan navigasi.

So, dalam postingan singkat ini saya hanya mengajak para penghuni dunia maya untuk meneriakkan; Pulau Jemur milik Indonesia bukan Malaysia!. Tidak perlu menghujat (apalagi ini dalam bulan Ramadan). Semoga teriakan kita cukup memotivasi pemerintah kita (pusat dan Pemda Riau) untuk semakin serius menjaga kedaulatan dan kekayaan Indonesia.

Baca Juga:

Anda dapat melihat daftar seluruh tulisan Alamendah’s Blog di: Daftar Catatan

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di berita, Indonesia, wisata dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

149 Balasan ke Pulau Jemur Milik Indonesia Bukan Malaysia

  1. Ping balik: Taman Laut Terindah di Indonesia | Alamendah's Blog

  2. Ping balik: Pulau Kelor Akan Tenggelam | Alamendah's Blog

  3. Ping balik: Pulau Peucang | Alamendah's Blog

  4. Ping balik: Berapa Jumlah Pulau di Indonesia? | Alamendah's Blog

  5. Ping balik: Pulau Run, Maluku Tengah, Pernah Ditukar dengan Manhattan | Alamendah's Blog

  6. Ping balik: Pulau Gambar dan Gili Nanggu Dijual Asing | Alamendah's Blog

  7. Pulau Tidung berkata:

    Indonesia memiliki banyak sekali pulau sampai-sampai gak keurus oleh pemerintah, sehingga negara tetangga yang kekurangan pulau siap mencaplok wilayah kita

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s