Agustus, Pramuka, dan Bloging

Bulan Agustus merupakan bulan yang bermakna bagi bangsa Indonesia. Pada bulan inilah terdapat tanggal keramat penanda lahirnya negara Indonesia. Bulan Agustus juga bulan yang bermakna bagi warga kota Pati (Jawa Tengah) karena tanggal 7 Agustus merupakan hari jadi Kota Pati. Tahun ini adalah untuk yang ke-686. Bulan Agustus juga merupakan bulan yang bermakna bagi Gerakan Pramuka karena pada tanggal 14 Agustus 1961 Presiden RI, Ir. Soekarno menyerahkah Panji Gerakan Kepramukaan Indonesia kepada Gerakan Pramuka. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Pramuka Indonesia.

Saya adalah warga negara Indonesia yang lahir dan tinggal di kabupaten Pati yang sering berkecipung di dunia kepramukaan. Maka, kloplah sudah.

Sejak awal Agustus, saya telah disibukkan dengan berbagai persiapan kegiatan. Rapat, kordinasi, teknikal meeting, dan apalah lagi namanya. Meskipun saya lebih memfokuskan diri pada peringatan Hari Pramuka, tak ayal berbagai kegiatan telah menyita kesibukan saya. Imbasnya, terkadang hobi baru saya di dunia maya tersisihkan.

Minggu pertama saya disibukkan dengan persiapan Estafet Tunas Kelapa. Menjadi tim pelatih bersama Kak Kiman, seorang Pembina Pramuka kawakan yang dulu pernah menjadi Pembina Pramuka saya sewaktu saya masih SMP. Awalnya terasa canggung ketika harus berpartner dengan ‘guru’ saya. Alhamdulillah dua pasukan yang kami latih mampu melaksanakan tugasnya dengan sempurna, 8 Agustus kemarin.

adik-adik saya berlaga di jamcab
adik-adik saya berlaga di jamcab

Diwaktu yang bersamaan saya juga harus mempersiapkan dua regu Pramuka Penggalang untuk mengikuti Jambore Cabang SMP/MTs I Kabupaten Pati. Sekolah saya, MTs Miftahul Falah (YAPIM) Jakenan didaulat mewakili kecamatan Jakenan dalam kegiatan yang baru pertama kalinya digelar tersebut. Jambore Cabang (Jamcab) ini berlangsung pada tanggal 11-13 Agustus 2009 di Bumi Perkemahan Agrosilvo Regaloh.

Selain itu, MTs Miftahul Falah juga mesti mengirimkan wakilnya dalam perkemahan Hari Pramuka di tingkat kecamatan Jakenan yang berlangsung pada tanggal 13-15 Agustus 2009. Kali inipun hinimal haruslah 2 regu Pramuka Penggalang.

Belum cukup. Dalam Perkemahan Hari Pramuka di Kecamatan Jakenan itu, saya menjadi ketua Seksi Kegiatan yang merupakan seksi dengan aktifitas tersibuk. Baik pada saat kegiatan berlangsung maupun sebelumnya. Mengadakan kordinasi dengan anggota seksi lainnya yang berjumlah lebih dari 20-an orang hingga membuat materi kegiatan.

Hari-hari yang terasa sangat cepat lantaran kesibukan yang teramat padat. Padahal rutinitas sehari-hari, tetap tidak dapat ditinggalkan begitu saja. So, acara ‘berkeliaran’ di dunia maya agak tersendat. Blog saya inipun mulai kurang mendapatkan perhatian. Meskipun hingga tanggal 7 masih mampu meng-upload postingan dengan rutin, namun kegiatan bloghicking (blogwalking) mulai terkurangi. Tentunya karena energi dan konsentrasi yang telah terkuras seharian.

Yang terparah adalah seminggu terakhir. Tanggal 11-13 Agustus saya harus menjadi Pembina Pendamping (official) adik-adik saya yang mengikuti Jambore Cabang. Disambung pada tanggal 13-15 Agustus menggelar Perkemahan Hari Pramuka. Ini membuat saya harus mengikuti perkemahan selama 5 hari berturut-turut di dua tempat yang berbeda. So, aktifitas ngeblog terhenti total. Maklum dalam aktifitas bloging saya hanya mengandalkan komputer buntut. Kalau mempunyai laptop-pun percuma, gak akan bisa terkoneksi dengan jaringan internet.

So, nyuwun agunge pangapunten (mohon maaf) jika seminggu terakhir saya tidak pernah nongol ataupun bersilaturrahmi. Juga mohon maaf kepada semua pengunjung blog ini jika kemarin tidak menemukan suguhan baru ketika berkunjung ke Alamendah’s Blog. Juga ketika menemukan postingan seadanya ini. Maklum postingan ini dibuat dengan mata setengah terpejam lantaran diri ini masih dikuasai oleh letih dan ngantuk akibat marathon perkemahan yang baru usai. Mungkin ada yang bersedia memijit?

Baca juga:

Anda dapat melihat daftar seluruh tulisan di: Daftar catatan

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di kegiatan alam bebas, Pati, pramuka dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

58 Balasan ke Agustus, Pramuka, dan Bloging

  1. genial berkata:

    wahhh sibuk banged kang jatwalnya… mantep nii… jd gag sempet buat mikir yang jorok2 iia kang… saluddd!!!

  2. Bisnis Online berkata:

    Wah para pramuka ngeblog nih ?

  3. julie berkata:

    salam pramuka bro

    • alamendah berkata:

      @Fadhilatul Muharram: Terima kasih atas perhatiannya.

      @Yep: Woi.. pernah pramuka juga, Mbaknya…?

      @genial: Mikirin yang jorok??. Ada-ada aja, Akang ini…

      @Bisnis Online: Iya, dong. Bukan hanya pencari dolar saja yang demen ngeblog.

      @julie: Salam, Bro.

  4. Salam Merdeka Juragan..
    Sekali Merdeka tetap Merdeka..
    Merdeka Untuk Selama-lamanya
    Jayalah Bangsaku..

    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/08/16/bangsaku-indonesia-namanya-bangsamu-apa-namanya/

  5. elmoudy berkata:

    saluut buat adek2 pramukaa

    semangat cinta tanah aer n berjiwa patriot

  6. Maz adek2nya kok cantik..
    Pesan 1 boleh nggak mas?

  7. widdy berkata:

    mengenangkan masa-masa lalu
    jadi kepingin balik ke masa lalu 😛

  8. diazhandsome berkata:

    gak capek apa tuh? masih tetep pramuka yah? hehehe

  9. nyegik berkata:

    Aku pingin kegiatan pramuka yang luar biasa hebat dan manfaatnya kayak dulu, kemana sekarang.. Hidup pramuka!

  10. BaNi MusTajaB berkata:

    Wah, jadi inget masa-masa lalu. pramuka memang asyik.
    (tukeran link ya. ok. trims)

  11. Pencerah berkata:

    Wah, mantaff bro. Meskipun sibuk tp puas kan?

    • alamendah berkata:

      @celotehanakbangsa: Jayalah bangsaku…

      @elmoudy: itulah salah satu yang membuat saya betah membimbing mereka. Semangatnya dalam menggladi diri, patriotisme dan kecintaan pada tanah air.

      @DebyPecundangSejati: Katanya sudah punya cewek, Deb?

      @widdy: Kenangan indah, ya…?

      @diazhandsome: Cuma terpanggil untuk ikut serta; “iklas bhakti bina bangsa”. Semoga peran yang kecil ini ada manfaatnya.

      @nyengik: Pramuka sekarang juga masih banyak yang hebat, kok. Ntar kapan-kapan tak bikin postingannya.
      Beberapa sekolah memang menyelenggarakan pramuka sebagai sebuah seremonial belaka yang tidak ada “roh”-nya.

      @BaNi MusTajaB: Link langsung tak pasang balik. Biar gak lupa

      @Pencerah: Pasti puas, dong!

  12. Dikanewbie fly berkata:

    Selamat pagi. .salam hangat selalu

  13. masiqbal berkata:

    wew… hari-hari yang sibuk ya kang… tapi mengasyikkan… selamat bercapek-capek ria…

  14. Ping balik: Seabrek Award Blog Sahabat « Alamendah's Blog

  15. Ping balik: Estafet Tunas Kelapa « Alamendah's Blog

Tinggalkan Balasan ke diazhandsome Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.