Wisata di Pati yang tersayang(kan)

Air terjun Tadah Udan

Air terjun Tadah Udan

Kabupaten Pati adalah sebuah kabupaten di pesisir utara Jawa Tengah. Terdiri atas 4 bentang geografi yang berbeda. Pesisir pantai laut Jawa di sebelah utara, dataran rendah di sebelah timur dan tengah, Batu kapur (karst) di Pegunungan Kapur Utara (Pegunungan Kendeng Utara) di sebelah selatan (berbatasan dengan Kabupaten Grobogan) dan Gunung Muria di sisi sebelah baral laut (berbagi dengan Kabupaten Kudus dan Jepara).

Dengan bentang alam yang demikian beragam, kabupaten Pati memiliki seabrek tempat-tempat pariwisata yang indah.

Sekedar contoh:

  1. Waduk Gunung Rowo (lereng Gunung Muria di kecamatan Gembong)
  2. Waduk Gembong atau Waduk Seloromo (di kecamatan Gembong)
  3. Perkebunan Kopi dan Bumi Perkemahan Jolong (lereng Gunung Muria di kecamatan Gembong)
  4. Bumi Perkemahan Regaloh (kecamatan Tlogowungu)
  5. Sendang Sani (kecamatan Tlogowungu)
  6. Gua Pancur (kecamatan Kayen)
  7. Gua Wareh (kecamatan Sukolilo)
  8. Gua Lawa (kecamatan Winong)
  9. Gua Lawa (kecamatan Sukolilo)
  10. Tambar Godo (kecamatan Winong)
  11. Air terjun Grejegan Sewu
  12. Air terjun Tadah Udan (kecamatan Sukolilo)
  13. Air terjun Santi
  14. Pelabuhan laut (kecamatan Batangan, Juwana dan di Banyutuwo)
  15. Sendang Widodaren (kecamatan Pucakwangi)

22-06-08_1531Kesemuanya memiliki keindahan dan keunikan yang memikat. Bahkan ada beberapa diantaranya dikembangkan oleh warga sekitar obyek tersebut dan dikelola sebagi tempat tujuan wisata. Tentunya dengan manajemen yang seadanya.Sayang, Pemda Kabupaten Pati sendiri enggan untuk meliriknya. Beberapa objek yang dahulu pernah dikembangkan seperti Waduk Gunung Rowo dan Gua Pancur, pelan-pelan namun pasti ditinggalkan pengelolaan dan perawatannya.

Dan, yang terjadi pada akhirnya adalah; objek-objek tersebut terbengkalai bahkan terlupakan dan hanya mampu dinikmati oleh segelintir. Mereka yang masih mampu menikmati keindahan objek-objek tersebut, berasal dari dua kategori. Pertama, golongan orang-orang yang kepepet lantaran tidak ada objek lainnya. Kedua, pecinta lingkungan yang betul-betul masih asri (baca: ekstrem) yang memang hanya terpuaskan oleh keadaan lingkungan yang belum terjamah.

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Pati, renungan, wisata dan tag , , , . Tandai permalink.

38 Balasan ke Wisata di Pati yang tersayang(kan)

  1. Hawa Az Zahra berkata:

    Sebenarnya dr tmpt2 yg sdh d sebutkan di atas itu masih ada yg kurang,salah satuny tmpt bersejarah di kecamatan q (Juwana).Pasti udh pd denger yg nmanya pulau seprapat,mgkn sbgyn org mnilai itu sbg tmpt angker ato gmn…..Tp sbnrnya tmpt yg terabaikan itu sbnrnya pnuh sejarah jk tahu ceritanya.Tp napa gk da yg melirik+mngembangkanya sbg tmpt wisata di juwana??trus di juwana jg ada punden(Ds.Bakaran) yg kata org air di sumurnya itu sangat manjur utk org2 yg berani ngucap sumpah.Ada jg di Kec.Margoyoso yg namanya pantai mina,hutan pinus di Tlogowungu.Kmungkinan jg masih bnyk lg yg masih tersembunyi,itu baru tmpt wisata blm lagi makanan khas’nya……Wach,sia2 bgt kalo semua itu gak di lestarikan/Di manfa’atkan sbg aset kabupaten qt!!!

  2. Ping balik: Daftar SMP dan MTs Negeri di Pati | Alamendah's Blog

  3. awan berkata:

    bener banget sdr hawa, sebenarnya tempat wisata semacam pulau itu sangat potensial untuk menarik wisatawan jika di pelihara dengan baik atau minimal dipromosikan, lihat saja pulau panjang di jepara berapa juta pengunjung dan pendapatan yang masuk ke kas daerah, saya pribadi sangat mendukung pemerintah mempromosikan wisata di daerah pati khususnya pulau seprapat.

  4. yoga berkata:

    Buwat temen-temen sesama pecinta alam gunung muria….saya minta tolong sama temen-temen semua , bila menemukan burung pemangsa(raptor) accipiter soloensis(elang alap cina) seperti yang foto yang saya kirim ini (http://www.facebook.com/photo.php?pid=31076831&o=all&op=1&view=all&subj=176963266161&id=1509307461), burung raptor ini pada bulan oktober sampai januari bergerak dari arah timur ke barat, dan pada bulan februari –april akan bergerak dari arah barat ke timur menuju bumi belahan utara. harap temen-temen semua yang pernah melihat burung ini diwilayah gunung muria memberitahu saya. Itu adalah jenis raptor yang sedang bermigrasi dari daerah jepang, cina(wilayah bumi bagian utara) yang sedang bermigrasi ke bumi belahan selatan. Data ini sangat penting untuk mengetahui jalur migrasi burung raptor ini di pulau jawa. Saat ini daerah yang sudah terdata di kami adalah daerah wana wisata penggaron semarang, daerah puncak bogor, pelabuhan merak, gunung merapi jogjakarta dll. Untuk wilayah gunung muria belum terdeteksi apakah burung ini melewati gunung muria atau tidak. Tujuan dari pemetaan ini adalah untuk mengetahui persebaran burung raptor ini diwilayah jawa dan jalur yang dilalui burung ini untuk bermigrasi.

    biasanya untuk raptor jenis ini saat terbang berkelompok minimal 2 ekor dan bisa mencapai 50 ekor bahkan lebih saat terbang seperti yang terdapat didalam foto yang saya kirim. biasanya burung ini mudah terlihat antara pukul 07.00-11.00. sebagai catatan burung ini merupakan burung migrasi, bukan burung pemangsa lokal seperti elang jawa, elang ular bido, dan elang hitam.

    Buwat temen-temen yang menemukan jalur migrasi di gunung muria nama kalian akan tercantum di RAIN(Raptor Indonesia) sebagai penemu jalur migrasi burung raptor di gunung muria

  5. yoga berkata:

    mohon apabila menemukan informasi mengenai burung ini segar kirim ke alamat email saya. togajiwanjaya@yahoo.com, atau lewat facebook saya yogabiologi@plasa.com/ partisipasi temen-temen semua sangat kami harapkan

  6. april berkata:

    2010 dah mau lewat
    kpn diadakan wisata breng lg nih

  7. Ping balik: Banjir Mengepung Rumahku | Alamendah's Blog

  8. Ping balik: Gua Pancur Hancur | Alamendah's Blog

  9. Ping balik: TPA Pati, Alternatif Wisata Lokal Warga Pati | Alamendah's Blog

  10. bayu berkata:

    benertu goa pancur malah sekarang jadi tempat cuci baju trus ada lagi tu di deket goa pancur nama’a dhodo katanya tempat’a mistis

  11. goeng berkata:

    ada juga tentang hal yg laen,misalmya khoul mbah mutamakkin di kajen,juga khoul mbah ronggo di ngemplak,juga sabanan di juana,khoul syeh jangkung di kayen atau sedekah laut di juana,smua bisa dijadikan daya tarik pati,sayang penanganannya gak bagus………….

  12. pulau tidung berkata:

    janan pernah lelah untuk melestarikan ya

  13. Mari majukan wisata Indonesia.

  14. Kalau Bukan Kita, siapa lagi ?

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.