Labu Tumbuhan Kaya Manfaat

Labu merupakan tumbuhan merambat dari genus Cucurbita yang menghasilkan buah berukuran besar dengan nama yang sama. Labu cukup terkenal dan banyak dibudidayakan di Indonesia. Selain di Indonesia, labu juga banyak dibudidayakan di Amerika Utara, Eropa, Australia, Selandia Baru, dan Asia Tenggara. Nama labu juga sering kali dipergunakan untuk menyebut anggota famili Cucurbitaceae selain genus Cucurbita seperti bligo, labu siam, dan labu ular.

Terdapat 20-an spesies labu diseluruh dunia, dengan jumlah subspesies dan varietas mencapai seratusan lebih. Namun yang dibudidayakan di Indonesia umumnya hanya lima spesies yaitu Cucurbita maxima (labu manis), Cucurbita ficifolia, Cucurbita mixta, Cucurbita moschata (labu kuning atau labu merah), dan Cucurbita pepo (labu manis). Labu kuning diperkirakan berasal dari Maluku.

Labu sering juga disebut sebagai labu kuning atau labu merah (untuk spesies Cucurbita moschata) dan labu manis (untuk spesies Cucurbita maxima dan Cucurbita pepo). Di beberapa daerah di indonesia labu memiliki beberapa nama daerah seperti Labu parang (Melayu), Waluh (Jawa dan Sunda). Dalam bahasa Inggris secara umum disebut sebagai pumpkin atau Butternut squash (labu kuning) dan Winter squash (labu manis).

Ciri-ciri. Labu tumbuh merambat atau menjalar dengan kait pada batangnya dan jarang berkayu. Kait pada batang labu berbentuk melingkar seperti spiral. Batang tumbuhan ini berwarna hijau muda dan berbulu halus serta berakar lekat. Panjang batangnya mencapai lebih dari 5 meter.

Tumbuhan labu yang menjalar

Daun tanaman labu merupakan daun tunggal yang memiliki pertulangan daun majemuk menjari. Daunnya menyebar di sepanjang batang. Bentuk daunnya menyerupai jantung dan bertangkai.

Buah labu mempunyai bentuk yang bervariasi mulai dari pipih, lonjong ataupun panjang dengan alur yang berjumlah antara 15 hingga 30 alur. Buah yang masih muda berwarna hijau dan menjadi kuning kecoklatan ketika tua.

Labu umumnya memiliki banyak biji yang berbentuk pipih, bundar telur, sampai bundar memanjang. Bagian ujung membulat, sedangkan bagian pangkal meruncing. Permukaan biji buram, licin. Biji terdapat bagian tegah-tengah buah.

Manfaat. Di Indonesia labu, terutama labu kuning banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam hidangan seperti kolak, sup, cake hingga kue-kue basah lainnya. Bijinya juga banyak dimanfaatkan sebagai camilan atau makanan ringan (kuaci).

Buah labu

Selain itu ternyata labu memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Buah labu banyak mengandung karotenoid (betakaroten), vitamin A, vitamin C, serat, mineral, lemak dan karbohidrat.

Aiur buah labu mampu sebagai penawar racun binatang berbisa dan biji labu dapat dipergunakan untuk mengobati cacing pita. Selain itu daging buah labu mampu menjadi penangkal kanker lantaran diyakini mengandung antioksidan.

Labu kuning juga dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit diabetes mellitus (kencing manis), penyempitan pembukuh darah, jantung koroner, dan darah tinggi. Selain itu, Prof. Hembing Wijayakusuma, pakar kesehatan alternatif, menyatakan selain dapat mengobati tekanan darah tinggi, labu juga dapat menurunkan panas, mengobati diabetes, dan memperlancar proses pencernaan.

Sayangnya saya belum bisa menjelaskan lebih detail cara menggunakan labu, terutama labu kuning sebagai obat alternatif. Mungkin diantara sobat ada yang memiliki pengalaman tentang labu, waluh, labu parang, labu kuning, labu merah, labu manis (atau apaun sobat menyebutnya) silahkan jika ingin berbagi di sini.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Cucurbitales; Famili: Cucurbitaceae; Genus: Cucurbita; Spesies: Cucurbita maxima, Cucurbita ficifolia, Cucurbita mixta, Cucurbita moschata, dan Cucurbita pepo.

Nama Binomial (Nama Latin): Cucurbita maxima, Cucurbita ficifolia, Cucurbita mixta, Cucurbita moschata, dan Cucurbita pepo. Nama Indonesia: Labu, labu kuning, labu merah, labu parang, lanu manis, waluh.

Referensi: http://www.plantamor.com; zipcodezoo.com/Plants/C/Cucurbita. Gambar: img.photobucket.com/albums/v302/hanieliza3/LabuKuning.jpg

Baca artikel tentang alam lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

100 Balasan ke Labu Tumbuhan Kaya Manfaat

  1. abang haris berkata:

    yang jelas adem di perut

  2. haris ahmad berkata:

    terima kasih informasinya bang
    jadi pingin cepat puasa biar makan kolak labu

  3. Alwi berkata:

    Banyak juga yaaa kegunaan dan manfaatnya atau kandungan gizi dan vitaminnya, tapi sekarang jarang makan buah labu …. pingin banget sebenarnya ….

  4. muamdisini berkata:

    yg saya tau labu siam,,hmm paling enak disayur disajikan waktu Idul Fitri bersama ketupat dan semur daging..nyam-nyam-nyam..hehe

  5. Yohan Wibisono berkata:

    terimakasih atas artikelnya,banyak hal baru yang saya dapat dari artikel diatas.

  6. noto berkata:

    Baru tahu saya begitu banyak manfaat dari labu. Makasih infonya bro

  7. langensari berkata:

    waduh, saya baru tahu klo labu memiliki banyak jenis dan khasiatnya.

  8. Ruang Hati Blog berkata:

    jadi inngat kisah labu emas, dalam labu ada hartanya 😀

  9. toko barcode berkata:

    enak tuh dibikin kolak kayaknya

  10. eKa berkata:

    diiris-iris trus dikukus aja enak untuk kudapan apalagi kalo dikolak….hmmmm….
    hari libur besok ke pasar ah, cari labu, jd pengin bikin kolak labu nich… 🙂

  11. bundadontworry berkata:

    baru tau sedemikin banyak manfatnya labu kuning ini ,Mas Alam.
    terimakasih banyak krn telah berbagi.
    kebetulan bunda ada hypertensi, jadi bisa memanfaatkan labu kuning sebagai obat.
    salam

  12. Ping balik: Mengenal Bunga Bangkai (Amorphophallus) dan Jenis Macamnya | Alamendah's Blog

  13. parfum pria berkata:

    inget baru kemaren di ajarin dosenku

  14. cciiippps de info na,,,,

  15. makasi banyak ya gan…

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.