Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010 masih satu bulan lagi. Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) diperingati pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya sejak PBB mengadakan Konferensi Lingkungan Hidup di Stockholm pada tahun 1977. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia diselenggarakan di bawah kordinasi United Nations Environment Programme (UNEP), yang dibentuk PBB sejak 1977.

Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) tahun 2010 ini, mengangkat tema “Many Species. One Planet. One Future (Banyak Species. Satu Planet. Satu Masa Depan). Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010, sebagaimana dilansir dari situs resmi UNEP akan dipusatkan di kota Kigali, ibu kota Rwanda, sebuah negara di Afrika Timur.

UNEP berencana menjadikan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (WED) 2010 sebagai perayaan terbesar dalam merangsang kesadaran publik seluruh dunia akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup.

Many Species. One Planet. One Future. Many Species. One Planet. One Future (Banyak Species. Satu Planet. Satu Masa Depan) merupakan tema yang diangkat dalam Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) 2010.

Tema WED kali ini berhubungan dengan pencanangan tahun 2010 sebagai Tahun Internasional Keanekaragaman Hayati (International Year of Biodiversity) dengan COP 10 Convention on Biological Diversity (CBD) di Nagoya, Jepang yang berlangsung pada 18-29 Oktober 2010.

Pemilihan tema hari Lingkungan Hidup memang senantiasa disesuaikan dengan berbagai moment lingkungan yang terjadi pada tahun itu. Ini mengingatkan saya akan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2009 dengan tema “Your Planet Needs You – UNite to Combat Climate Change” yang disesuaikan dengan pelaksanaan Konferensi Perubahan Iklim yang berlangsung tahun itu.

”Many Species. One Planet. One Future” (Banyak Species. Satu Planet. Satu Masa Depan) yang merupakan tema WED 2010 diharapkan mampu mengajak seluruh dunia untuk melestarikan keragaman kehidupan di bumi. Memberikan kesadaran bahwa sebuah dunia tanpa keanekaragaman hayati adalah prospek yang sangat suram. Jutaan orang dan jutaan spesies berbagi bersama dalam satu planet yang sama, dan hanya dengan bersama-sama kita semua bisa menikmati masa depan yang lebih aman dan lebih makmur.

Meski 5 Juni 2010, Hari Lingkungan Hidup Sedunia masih sebulan lagi, tidak ada salahnya kalau kita memulai menumbuhkan kesadaran akan pentingnya keragaman hayati mulai sekarang karena hanya dengan berbagi bersama jutaan spesies lainnya dalam satu planet inilah kita akan mampu meraih masa depan yang lebih baik.

Referensi: http://www.unep.org/wed/2010/

Baca Artikel tentang Alam Lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di global, lingkungan hidup dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

100 Balasan ke Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010

  1. kiranya WED 2010 menjadi titik awal untuk terus dan terus melestarikan hutan dipegunungan dan hutan Magrove di seluruh bumi persada ibu pertiwi, termasuk hutan di Sumatera utara.” Ingat Gundulnya Hutan bencana dan becana pasti datang”. mari kita berpastabikul kahirat ( berlomba-lomba dalam kebaikan ). trims, aktivis Lembaga Pelestarian Alam Dan Lingkungan Hidup Indonesia ( Lempalhi ) dari Sumut. ” Kami Cinta alam dan lingkungan Hidup “.

  2. mari kita peringati WED 2010 Dengan Karya nyata tanpa pamrih, tak ada cara lain mari lestarikan alam ini demi kelestarian lingkungan hidup kita dibum.

  3. selaku anak bangsa saya ucapkan selamat pada Almendah’s Blog yang peduli dengan alam dan lingkungan hidup, tulisanmu cukup bagus bisa di lihat di seluruh pelosok bumi pertiwi bahkan di santero dunia ” ini baru media online yang peduli dengan alam dan lingkungan hidup. semoga jaya Almendah’s Blog”, kita siap mentrasfer tulisan atau artikelmu apa boleh di tayangkan di zonamedan. com, zonamedan media online dari Sumatera utara yang juga peduli alam dan lingkungan hidup, lihat dan klik: http://www.zonamedan.com. kita tunggu jawabanmu di sana, kita siap menjalin mitra persaudaraan sesama media on line. wassalam kami yang simpati dengan Almendah’s Blog. Medan 29/5. ( M.Kamil )

  4. Selamat menyelenggarakan/ menyambut WED 2010 dengan berbagai karya nyata untuk kelestarian lingkungan hidup. zonamedan online begitu juga Almendah’s Blog pasti berpartisipasi ikut suksekan WED 2010 dengan memberikan berita terbarunya seputar kegiatan Wed 2010. Insya ALLAH parajurnalis cinta Alam & LH zonamedan bersama Aktivis Dari Lembaga Pelestarian Alam Dan Lingkungan Hidup Indonesia ( Lempalhi ) Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deliserdang recananya pada 5 juni 2010 akan melaksanakan karya nyata menanam pohon dan membagikan pohon pada masyarakat di Bangun Purba Deliserdang, ini partisipasi dan spontanitas para jurnalis dalam berfastabikul kahirat( berlomba-lamba dalam kebaikan) ” mohon Doa ” semoga dapa telaksanakan tepat waktu, wassalamdari para jurnalis cinta alam & lingkungan Hidup.

  5. selaku anak bangsa saya ucapkan selamat pada Almendah’s Blog yang peduli dengan alam dan lingkungan hidup, tulisanmu cukup bagus bisa di lihat di seluruh pelosok bumi pertiwi bahkan di santero dunia ” ini baru media online yang peduli dengan alam dan lingkungan hidup. semoga jaya Almendah’s Blog”, kita siap mentrasfer tulisan atau artikelmu apa boleh di tayangkan di zonamedan. com, zonamedan media online dari Sumatera utara yang juga peduli alam dan lingkungan hidup, lihat dan klik: http://www.zonamedan.com. kita tunggu jawabanmu di sana, kita siap menjalin mitra persaudaraan sesama media on line. wassalam kami yang simpati dengan Almendah’s Blog. Medan 29/5. ( M.Kamil )

  6. ARDIANTO berkata:

    gUNAKAN hIDUP kITA sEBAIK-bAIKNYA……uNTUK aLAM dAN mANFAATKAN aLAM sEBAIK-bAIK NYA jANGAN rUSAK aLAM kABUPATEN pELALAWAN…dAN jANGAN cERITA aJA kITA cINTA aLAM & LINGKUNGAN

  7. hello para saudaraku di seluruh Nusantara jelang dua hari lagi tiba saatnya bagi kita pencinta lingkungan akan menyambut World Environment Day 2010 tepatnya 5 Juni 2010, mari kita koreksi diri sudah sejauh mana kecintaan dan kepedulian akan alam dan lingkungan ini yang ada di sekitar kita, tentu jawaban ini terpulang pada diri masing-masing. yang pasti kepedulian itu harus dilakukan secara serius dan terus menerus serta tak pernah lelah dan tanpa pamrih. ” Alam dan lingkungan akan bersahabat dengan manusia apabilah manusia juga dapat melestarikan alam dan lingkungan ” Global warning, Banjir Bandang, Tanah Longsor jelas akibat ulah tangan manusia ( lihat Hutan Pada Gundul) artinya kalau hutan semangkin menyempit dan pohon di hutan punah akibat legal & ilegal longging tak sebanding dengan yang tumbuh jelas hutan bisa dikatakan gundul otomatis bencana akan terjadi ” maka tidak ada kata lain selain mari -mari berbuat lestarikan hutan, lestari hutan kehidupan segala jenis hewan terjamin, bencana banjir dan tanah longsor serta Global warning mudah -mudah tak selalu terjadi. mari sambut WED 2010 sebagai titik awal untuk melestarikan alam dan lingkungan ini “. Wassalam sekedar goresan kata hati yang dalam dari saya – Awaluddin chaniago yang cinta alam dan lingkungan hidup dari kota Medan.” mari berfastabikul kahirat (berlomba – lomba dalam kebaikan ) “.

  8. purwanto berkata:

    met hari linkungan hidup,jadikan dunia nie aman bagi penghuninya,jangan cuman merusak saja tapi kita harus lebih peduli lagi ma lingkungan sekitar kita,di tempatku kerja hari nie ada acara menanam pohon n lomba mewarnai bagi murid Taman kanak2 sebagai wujud ikut serta dalam menyemarakkan HLD dengan tujuan menumbuhkan rasa cinta akan linkungan sejak usia dini,mari kita wujudkan manusia yang sadar akan linkungkan sekitar.salam cinta untuk anak negri

  9. hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010 pada 5 Juni 2010 baru saja berlalu berbagai kegiatan menyambut WED 2010, ada yang dilakukan secara terkordinir oleh birokrasi/maupun LSM, Bahkan Perorangan dapat dilihat di media cetak dan electronik ada yang melakukan penghijuan, seminar, dan lain lain. bagi kami selaku Aktivis pencinta lingkungan hidup berhimpun di Lembaga Pelestarian Alam Dan Lingkungan Hidup Indonesia( LEMPALHI ) khususnya yang berdomisili di Sumatera utara ( Medan Deli Serdang ) berkarya nyata turun ke desa hijaukan daratan tinggi yang gersang dengan cara bergotong royong dan kebersaman merangkul teman-teman para kaula muda, tokoh masyarakat, cikal bakal generasi penerus bangsa (Pelajar SD,SMP -SMU ) Desa Bangun Purba bahkan bersama jurnalis pencinta lingkungan tentunya kami berkoordinasi dengang Dinas kehutanan Sumut. yang ingin mengetahui karyanyata kami didesa Bangun Purba silakan baca kegiatan kami di http://www.zonamedan.com media online dari Sumatera Utara,. trims salam persaudara salam kebersamaan untuk lestariakan Indonesia tercinta. klik.zonamedan di google.

  10. Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010 pada 5 Juni 2010 baru saja berlalu berbagai kegiatan menyambut WED 2010, ada yang dilakukan secara terkordinir oleh birokrasi/maupun LSM, Bahkan Perorangan dapat dilihat di media cetak dan electronik ada yang melakukan penghijuan, seminar, dan lain lain. bagi kami selaku Aktivis pencinta lingkungan hidup berhimpun di Lembaga Pelestarian Alam Dan Lingkungan Hidup Indonesia( LEMPALHI ) khususnya yang berdomisili di Sumatera utara ( Medan Deli Serdang ) berkarya nyata turun ke desa hijaukan daratan tinggi yang gersang dengan cara bergotong royong dan kebersaman merangkul teman-teman para kaula muda, tokoh masyarakat, cikal bakal generasi penerus bangsa (Pelajar SD,SMP -SMU ) Desa Bangun Purba bahkan bersama jurnalis pencinta lingkungan tentunya kami berkoordinasi dengang Dinas kehutanan Sumut. yang ingin mengetahui karyanyata kami didesa Bangun Purba silakan baca kegiatan kami di http://www.zonamedan.com media online dari Sumatera Utara,. trims salam persaudara salam kebersamaan untuk melestarikan alam Indonesia tercinta. klik.zonamedan di google.

  11. Ping balik: Penerima Penghargaan Kalpataru 2010 | Alamendah's Blog

  12. Ping balik: Penghargaan Adiwiyata 2010 | Alamendah's Blog

  13. Ping balik: Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Pulau Jawa Terburuk | Alamendah's Blog

  14. semangat… kita sukseskan 1 orang menanam dan merawat 1 pohon,………

  15. SuranaNTB berkata:

    Walaupun terlambat…boleh kami ucapkan SELAMAT “MERAYAKAN” BAGI SIAPA SAJA, dan sekaligus “merenungkah” tentang lingkungan…..masih zolim-kah kita pada lingkungan hidup kita yang hanya “satu” ini???

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.