Indonesia Waspada Ancaman El Nino 2009

aktual-el-ninoEl Nino mulai ancam Indonesia, demikian yang saya tangkap dari apa yang disampaikan oleh para ahli baik dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) maupaun pihak luar seperti International Research Institute (Amerika Serikat). Negara-negara di kawasan timur equator Pasifik, termasuk Indonesia, harus mulai waspada dengan ancaman gejala El Nino yang dampaknya mulai terasa sejak pertengahan 2009 ini.

Setahu saya, El Nino merupakan sebuah siklus alam yang ditandai dengan menghangatnya suhu perairan tropis (suhu laut) di bagian Timur Samudera Pasifik yang bertambah panas secara tidak wajar. Sebaliknya, perairan di sebelah barat ekuator Pasifik (termasuk perairan Indonesia) akan cenderung mendingin. Karena suhu muka laut menghangat di timur Pasifik, negara- negara di barat Pasifik, seperti AS dan Amerika Latin akan mengalami curah hujan yang tinggi dan berpotensi datangnya badai tropis lebih tinggi dari kondisi normal, sedangkan di kawasan Atlantik curah hujan lebih sedikit. Hal ini yang menyebabkan tidak terjadi penguapan atau pembentukan awan hingga kurang hujan di kawasan timur Indonesia.

Lebih lanjut diperkirakan puncak El Nino akan terjadi antara bulan Agustus hingga Oktober 2009. Jika perkiraan ini benar, maka akan terjadi musim kemarau yang lebih panjang yaitu hingga bulan Desember 2009 atau bahkan awal 2010. Menghadapi El Nino, daerah yang perlu waspada kelangkaan hujan adalah NTT dan NTB, wilayah selatan Papua dan Maluku serta Sulawesi Selatan, pantai utara Jawa, dan Lampung.

Dampak terparah dari El Nino 2009-2010 di Indonesia akan membuat 80.000-150.000 hektar lahan pertanian mengalami kekeringan. Hal ini akan mengakibatkan sedikitnya juga akan menyebabkan 10.000 sampai 35.000 hektar lahan padi mengalami puso atau mati.

Selain itu El Nino juga mendatangkan ancaman kekeringan di sejumlah daerah di Indonesia. Padahal saat ini ketersediaan air tanah permukaan tinggal 40-60 persen. Yang berarti ketersedian air hanya mencukupi hingga tiga bulan mendatang dalam kondisi tak ada hujan. Di samping itu, El Nino berpeluang memperbesar ancaman kebakaran hutan dan lahan gambut.

Tahun 1997 Indonesia mengalami kekeringan panjang sebagai dampak El Nino. Sawah, sungai, dan badan air mengering, hutan gambut terbakar di Sumatera dan Kalimantan sehingga Indonesia diposisikan sebagai emiter gas rumah kaca terbesar ketiga di dunia di bawah AS dan China. Selain itu, El Nino saat itu mengakibatkan ratusan orang tewas ketika musim kering yang dahsyat melanda berbagai wilayah Asia dan Australia, sementara hujan lebat dan banjir merendam kawasan Amerika Selatan.

Saya yang awam hanya berharap agar pemerintah kita segera tanggap dan mengambil berbagai tindakan antisipasi sehingga El Nino tahun 2009 ini tidak terlalu memberikan dampak yang buruk buat masyarakat, lingkungan dan perekonomian nasional.

Baca juga;

Gambar dari: http://static.liputan6.com/200907/090731aktual_elnino.jpg

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di berita, global, Indonesia, kerusakan alam dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

68 Balasan ke Indonesia Waspada Ancaman El Nino 2009

  1. Bisnis Online berkata:

    waduh kita harus siap2 nih

  2. mira berkata:

    kun fayakun..

  3. Julie berkata:

    Kalo el nino udh mau dtg apa udh telat bwt mencegah ya mas?duhh takut saya..

    • alamendah berkata:

      @newbiedika: tanggap bencana!

      @ampun deh: panas, curah hujan kurang. akhirnya kekeringan. gagal panen. stok makanan kurang. kelaparan. resiko kebakaran makin tinggi.

      @edda: Pemerintah kayaknya sudah mulai bertindak, kok!

      @Khery Sudeska: Yup, betul sekali. Jika kita telah mengetahui dan memahami ancaman yang ada kita bisa melakukan antisipasi untuk mengurangi dampaknya. paling tidak kita bisa mulai berdoa…

      @Rivanlee: perlu mempersiapkan diri, tepatnya.

      @NURA: Antisipasi kekeringan dan kekurangan pangan. Mulai sekarang mesti menghemat sumber daya yang ada. Biar ketika bencana itu betul2 terjadi sumber daya yang tersedia cukup hingga el nino berakhir.

      @jalandakwahbersama: la haula wala quwata illa billahil aliyyil adzim…
      tetapi bukankah; tidak berubah nasib suatu kaum tanpa kaumitu mau berusaha merubahnya?

      @kanglurik: sangat bijaksana, Kang.

      @endra: (salah kamar) ok!

      @mydewiku: salam kenal kembali. sudah mampir, kok! Ntar tak mampir lagi. Boleh kan sering-sering mampir?. Gak ada yang marah, kan?
      (he… he…)

      @Fanda: moga tidak…

      @DebyPecuncangSejati: Siap-siap diet!

      @BisnisOnline: “Siaaaaaap, graaak!!!”

      @mira: tetapi kita harus siap!

      @Julie: Belum ada teknologi buat mencegah el nino. Ini murni gejala alam. yang pada dekade belakangan lebih sering terjadi, mungkin ada kaitannya dengan pemanasan global, kali…
      kita hanya bisa waspada dan bersiap.

  4. ♥ria♥ berkata:

    huhuhu serem bgt >,<

  5. Fenty berkata:

    serem banget >,<

  6. cenya95 berkata:

    Apa pun namanya, kita tetap waspada dan peduli terhadap lingkungan. Karena perilaku alam terhadap kita = atau > perliaku kita terhadap alam sekitar (lingkungan).
    salam superhangat.

  7. Yep berkata:

    Sangat mengkhawatirkan memang 😦

  8. Blog Ijo berkata:

    loh bukannya di Liverpool?
    Fernando Torres..
    wakakaka…

  9. 4sudut berkata:

    Salam Sukses….

    Rio de Jenero ALA Indonesia “Jember Fashion Carnaval” (Rekor Dunia Catwalk Terpanjang)
    kunjungi http://sudutp4nd4ng.wordpress.com

  10. zoel berkata:

    el nino bukan nya fernando torres.. hehehe

  11. iskandaria berkata:

    Lengkap banget ulasannya. Untung saja daerah saya (kal-bar) tidak termasuk yang perlu waspada karena bakalan lama gak hujan. Tapi di Kalbar udah lumayan lama juga nih gak hujan. Kabut asap jadi langganan menyebalkan setiap tahun jika lama gak hujan.

  12. Fanda berkata:

    Mampir lagi mo kasih tau, ada award untukmu di: http://curhatfanda.blogspot.com/2009/08/award-khas-para-blogger.html. jangan lupa diambil ya!

  13. diazhandsome berkata:

    semoga dampaknya gak separah yang kita bayangkan. amin~

    (optimis mode: ALWAYS ON!) 😀

  14. sikem berkata:

    kalo udah kayak gini, tinggal tunggu keajaiban datang menghampiri..mudah2an kita bisa tetap bertahan atas segala cobaannya..amiin. banyak2 berdoa ye..

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.