Air Terjun Santi nan Perawan

santi 2 Perawan!. Tanpa sadar mulut saya pun berucap setiba kami sampai di kompleks air terjun yang oleh masyarakat sekitar disebut air terjun Santi. Memang, Santi yang perawan, temanku pun ikut-ikutan mengungkapkan kekagumannya terhadap kompleks air terjun yang terletak di desa Tlogosari kecamatan Tlogowungu kabupaten Pati ini. Terletak di tebing sungai di lereng Gunung Muria bagian timur, air terjun yang bersembunyi di rimbunnya pohon kopi ini, benar-benar masih tersembunyi dari riuhnya pembangunan maupun pengrusakan.

Kesan pertama pada perjumpaan pertama di tahun 2004 ini pun terulang dengan pengulangan yang nyaris sama pada kunjungan saya yang kedua di pertengahan bulan Mei kemarin, meski dengan teman yang berbeda.

santi 1Untuk menuju ke kompleks air terjun ini saya harus menitipkan motor yang saya pakai pada penitipan sepeda motor yang banyak terdapat di desa Tlogosari karena untuk mencapai lokasi ini tidak ada jalan lain kecuali jalan kaki.

Air terjun Santi sendiri terdiri atas 2 air terjun terpisah yang pertama terdapat di bagian bawah, tepat di sisi sebuah sungai kecil. Air terjun ini oleh masyarakat disebut sebagai “Tretes”. Di sini setiap hari Minggu atau hari libur tempat ini akan selalu penuh oleh muda-mudi yang menghabiskan waktu di sekitar air terjun dan aliran sungai yang dipenuhi batu-batu beraneka ukuran dengan kedalaman air yang tidak terlalu dalam.

Sayang dalam kunjungan kedua ini saya tidak sempat mengunjungi air terjun yang kedua yang oleh masyarakat sekitar di sebut dengan “Jenar”. Air terjun Jenar ini justru lebih besar dan tinggi ketimbang air terjun Tretes. Namun saya cukup terhibur ketika saya sedikit berbincang dengan Mbakyu di sebelah tempat penitipan sepeda motor yang mengatakan bahwa air terjun Jenar pun masih tetap seperti yang dulu, lima tahun yang lalu ketika untuk pertama kalinya saya tertawan oleh pesonanya.

Kedua air terjun yang terdapat dalam kompleks air terjun Santi ini memang belum mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah Kabupaten Pati maupun pihak lainnya. Namun justru karena itu, air terjun ini tetap mempesona dalam keperawanannya. Ketimbang obyek-obyek lainnya (yang lebih indah) yang terdapat di wilayah Kabupaten Pati yang kemudian surut pesonanya akibat salah pengelolaan (?).

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia, Pati, wisata dan tag , , , , , . Tandai permalink.

41 Balasan ke Air Terjun Santi nan Perawan

  1. Ping balik: Wisata di Pati yang tersayang(kan) « Alamendah's Blog

  2. omiyan berkata:

    duh kalau diserang tempat begini jarang dan susah ditemukan kebanyakan pantai melulu

  3. siswijanto berkata:

    alhamdulillah alam leluhurku masih terjaga dengan baik

  4. fitri alifah berkata:

    subhanallah…bagus banget air terjunya tuh…:)..ngiri nih pengen kesana 🙂

  5. Kem berkata:

    hmm…suka keliling2 ya mas??. waah enak doong

  6. Ping balik: Harimau Sumatera Semakin Langka « Alamendah's Blog

  7. Mia berkata:

    Aq adalah cew kelahiran Pati,dan aku bahagia ternyata bukan hanya aku sendiri yg mengagumi tretes.Kalo blh,aq ada sedikit cerita tentang Tretes….Tretes adl tempat yg paling bersejarah buat aku dan seseorang.Karna dsana pertama kalinya aku ketemu dan jadian dengan cwo yg kini jadi suami aku.Angga namanya,cwo jakarta yg kebetulan liburan d air terjun ini.aq jadian d tretes tgl 21 januari 2007…..n aku berjanji untuk hdup bersama….n akhirnya aq bs bersama dgn dy walopun byk rintangan yg datang menghadang…….I LOVE YOU SUAMIKU

  8. stainless tanks berkata:

    Memang sangat perawan ya mas tempatnya?

  9. M.Ibad berkata:

    Salam kenal..

    Kapan yah ku bisa main kesana..? Kalau dari Lampung berapa biaya nya ya..?
    Hik2s..

    Kira2 cukup nggak neh hasil dari Jual Beli Pulsa ku…

    Makasih OM.. Nice Post

  10. allabout10 berkata:

    slm kenal…

    panorama air tejunnya bagus banget….

    silahkan berkunjung jg ke http://allabout10.wordpress.com

    Thx,

  11. Ping balik: Potensi Tempat Wisata di Pati « Info Pati

  12. ilham berkata:

    ingin rasanya pergi kesana..

  13. bothtsuE berkata:

    emh. . . z seCh treteZ e5nx pnY psona zg krEn b9t ! tp syg gx byk ran9 z9 tW. . .

  14. Ping balik: Daftar SMP dan MTs Negeri di Pati | Alamendah's Blog

  15. endang berkata:

    azib bgt,ortu saya yg asli pati ja lum tau………seandainya pemerintah bisa lebih peka akan potensi yang ada disekitarnya pastilah akan bisa mendapatkan pendapatan daerah dan bisa lebih maju lagi…….

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.