Logo dan Tema Hari Air Sedunia 2014

Logo dan tema Hari Air Sedunia 2014 (World Water Day 2014) sebenarnya sudah dirilis sejak akhir 2013 silam. Namun karena kesibukan admin Blog Alamendah baru bisa men-share logo dan tema Hari Air Sedunia Tahun 2014 yang puncaknya akan dirayakan pada 22 Maret mendatang.

Adalah situs http://www.unwater.org yang setiap tahunnya mengkoordinir kampanye global Hari Air Sedunia (World Water Day) yang merilis tema dan logo Hari Air Sedunia 2014 ini.

Hari Air Sedunia sendiri merupakan sebuah kampanye global yang ditujukan untuk menarik perhatian masyarakat internasional akan pentingnya air bagi kehidupan dan untuk melindungi pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan. Menurut sejarahnya, Hari Air Sedunia atau World Water Day, ditetapkan melalui Resolusi PBB Nomor 147/1993. Resolusi ini menetapkan pelaksanaan peringatan Hari Air se-Dunia setiap tanggal 22 Maret dan mulai diperingati pertama kali pada tahun 1993.

Tema dan Logo Hari Air 2014

Pada peringatan di tahun 2014 ini, Hari Air Sedunia mengambil tema Water and Energi (Air dan Energi). Sedangkan untuk logo Hari Air Sedunia 2014 adalah sebagai berikut:

http://alamendah.org/2010/10/15/krisis-air-bersih-di-indonesia-yang-kaya-air/

Logo Hari Air Sedunia 2014

Water and Energi atau Air dan Energi dipilih menjadi tema peringatan Hari Air Sedunia Tahun 2014 dengan mempertimbangkan keterkaitan yang erat antara air dan energi. Bahkan air dan energi memiliki keterkaitan yang saling ketergantungan. Di mana air dibutuhkan untuk menghasilkan hampir semua bentuk energi. Dan di lain sisi, energi dibutuhkan pada semua tahapan pengelolaan air baik dari mulai proses pengambilan air dari sumbernya, pengolahan air, hingga distribusi air. Keterkaitan yang saling ketergantungan antara air dengan energi inilah yang dijadikan pesan sentral dalam peringatan Hari Air Sedunia Tahun 2014.

Di samping isu tersebut, berbagai pesan lain pun ingin diangkat dan dikampanyekan kepada masyarakat internasional. Berbagai isu dan pesan tersebut meliputi:

  • Persediaan air dan energi sama-sama terbatas, namun permintaan justru meningkat.
  • Menghemat energi adalah menghemat air, dan menyimpan air adalah menghemat energi.
  • Milyaran penduduk dunia masih belum mendapatkan akses akan layanan air dan sanitasi yang layak serta belum memperoleh listrik. Padahal air dan energi memiliki peran penting dalam pengentasan kemiskinan.

Air dan Energi di Indonesia

Indonesia sebenarnya menjadi salah satu negara yang kaya dengan air dan energi. Namun realitanya, kekayaan air tersebut sering kali masih menimbulkan berbagai bencana mulai dari banjir, tanah longsor, bahkan hingga kekeringan. Di samping Indonesia krisis air bersih. Pun dalam bidang energi, kita tidak bisa menutup mata bahwa masih ada saudara-saudara kita di berbagai pelosok nusantara yang belum tersentuh listrik.

Referensi dan logo: 
www.unwater.org

Baca artikel tentang air dan lingkungan hidup lainnya:

Tentang iklan-iklan ini

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

25 Balasan ke Logo dan Tema Hari Air Sedunia 2014

  1. obat asam urat berkata:

    logo yang kreatif kang. :-)

  2. Obat Maag kronis Tradisional berkata:

    bagus banget mas logo nya….

  3. Ping balik: Hari Hutan Internasional Tahun 2014 | Alamendah's Blog

  4. Bagus logonya ,,, bisa di buat sebagai inspirasi..

  5. wisata bromo berkata:

    Berkelas gan desainnya

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s