Hari Ini Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Hari ini, 5 Juni 2013 adalah Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day telah diperingati sejak 1972 menandai dibukanya konferensi lingkungan hidup PBB di Stockholm pada tanggal 5-16 Juni 1972.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni di setiap tahunnya, termasuk di Indonesia. Peringatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran global akan perlunya kesadaran pada kelestarian lingkungan hidup serta mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat global terkait isu-isu lingkungan hidup.

Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang ke-43 kalinya ini tema yang diangkat adalah soal makanan. Menurut United Nations Environment Programme (UNEP), perilaku konsumsi akan memberikan dampak yang sangat besar pada proses produksi hingga limbah yang dihasilkan. Ironisnya, menurut Food and Agriculture Organization (FAO), setiap tahun sekitar 1,3 miliar ton makanan yang telah terbuang dan menjadi sampah. padahal 1 dari 7 orang di dunia harus rela tidur dalam keadaan lapar dan lebih dari 20.000 anak di bawah usia 5 tahun meninggal setiap hari karena kelaparan.

logo-hari-lingkungan-hidup-2013[1]

Karena itu UNEP kemudian menetapkan tema Hari Lingkungan Hidup 2013 berupa “Think.Eat.Save”, dengan Mongolia sebagai Host Country Perayaan. Dengan tema Think.Eat.Save ini, UNEP mengajak semua warga dunia untuk lebih sadar akan dampak lingkungan yang diakibatkan dari pilihan jenis makanan yang dibuat ataupun dikonsumsi.

Di Indonesia tema Hari Lingkungan Hidup diadopsi menjadi “Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan”. Tema ini menyiratkan makna bahwa diperlukan perubahan perilaku dan pola konsumsi demi menyelamatkan lingkungan hidup. Pembahasan lebih lanjut tentang makna tema hari lingkungan hidup 2013, baca: Jaga Pola Konsumsi untuk Selamatkan Lingkungan.

Dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup di Indonesia, pemerintah juga akan memberikan beberapa penghargaan mulai dari penghargaan kalpataru, adipura, dan sekolah adiwiyata. Kalpataru diberikan kepada individu dan kelompok masyarakat yang telah menunjukkan kepeloporannya dan telah berjuang demi pelestarian lingkungan hidup. Adipura merupakan penghargaan untuk kota di Indonesia yang berhasil yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan. Sedangkan Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah (SD, SMP, dan SMA) yang yang telah berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

Sembari kita tunggu siapa pahlawan-pahlawan kalpataru, adiwiyata, dan kota adipura tahun ini; selamat Hari Lingkungan Hidup 2013. Marilah ber-“Think.Eat.Save” dan mulai mengubah perilaku dan pola konsumsi untuk menyelamatkan lingkungan. Kalau bukan kita, terus siapa lagi?

Baca artikel Lingkungan Hidup lainnya:

About these ads

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , . Tandai permalink.

13 Balasan ke Hari Ini Hari Lingkungan Hidup Sedunia

  1. mama-nya Kinan berkata:

    saya kemarin disorientasi tanggal saya pikir kemarin itu tanggal 5..taunya tadi pagi pas stempel dokumen lihat kalender baru sadar….ya allah baru tanggal 5 tho…walah untung kemarin nggak banyak stamp dokumen dengan tanggal .. karena saya terlanjur salah setting kemarin tanggal 5….semoga bisa ikutan posting tentang perayaan hari lingkungan hidup..tahun berapa yah aku ikutan dan bertaut link ketulisan di blog ini..hehehe itu awal awal kenal dengan blog ini..thanks pak..teruslah menginspirasi dan menyebarkan pengetahuan tentang alam dan lingkungan..:)

  2. Applausr berkata:

    selamat hari lingkungan… temanya menarik. ternyata tidak cuma bertopik hijau, tapi makanan juga bisa menjadi topik lingkungan…

  3. Ping balik: Hari Lingkungan Hidup Sedunia; Sudahkah Kita Cinta Lingkungan? | My new world

  4. Noer berkata:

    Selamat hari lingkungan hidup sedunia…
    Penghargaan setinggi-tingginya bagi para pegiat lingkungan yang mencurahkan sebagian besar waktu, tenaga dan pikirannya untuk melestarikan alam lingkungan. Salam dan sukses selalu sobat …

  5. Dangstars berkata:

    Kalo bukan kita yang jaga lingkungan ini siapa lagi..kumaha kang damang

  6. m-amin berkata:

    Kalau aku nggak kunjung ke Mas Alam terus terang nggak tahu kalau ini adlah hari lingkungan hidup…masalahnya di negara kita biasa2 aja seolah nggak ada peristiwa penting sih…mari kita tinggaktkan budaya tanam pohon, paling tidak nanam bunga atau apalah di pot untuk pajangan dirumah biar udara disekitar tetap fresh..

  7. sunarno2010 berkata:

    mari kita jaga lingkungan sama-sama

  8. Lili berkata:

    mari kita jaga kelestraian lingkungan…

  9. Ping balik: Daftar Kota Peraih Adipura 2013 | Alamendah's Blog

  10. Ping balik: Daftar Penerima Penghargaan Kalpataru 2013 | Alamendah's Blog

  11. Ping balik: Daftar Sekolah Adiwiyata 2013 | Alamendah's Blog

  12. Agung Kharisma berkata:

    Selamat hari lingkungan hidup. :)
    saya baru pertama kalinya berkunjung di blog ini, temanya bagus, niche blog ini tentang lingkungan hidup. Ya, semoga aja dengan adanya tema “Thin eat Save” bisa memberi perubahan terhadap pola konsumsi masyarakat. :)

  13. Mesin Kasir Top berkata:

    makasih udah ngingetin :)

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s