Download Buku Teologi Lingkungan

Download Gratis Buku Teologi Lingkungan. Sebuah buku yang membahas tentang etika pengelolaan lingkungan dalam perspektif Islam. Buku dalam format pdf ini mencoba memperkenalkan konsep Teologi Lingkungan sebagai upaya penyelamatan lingkungan melalui pendekatan nilai-nilai agama, terutama Islam. Dimana Islam memandang lingkungan sebagai bagian tak terpisahkan dari keimanan seseorang muslim terhadap Allah SWT.

Buku dengan judul Teologi Lingkungan; Etika Pengelolaan Lingkungan dalam Perspektif Islam ini merupakan sebuah buku yang diterbitkan bersama oleh Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dengan Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Diterbitkan pada tahun 2011 dengan ISBN: 978-979-16395-3-8, buku setebal 72 halaman + iv ini dapat didownload gratis bagi masyarakat umum sebagai upaya mengkampanyekan semangat merubah perilaku manusia sebagai khalifah di bumi dalam berhubungan alam dan lingkungannya.

Teologi Lingkungan

Berbagai kasus kerusakan lingkungan yang terjadi, sebenarnya berakar dari perilaku manusia yang tidak bertanggungjawab terhadap lingkungannya. Manusia merupakan penyebab utama terjadinya kerusakan lingkungan di permukaan bumi ini. Peningkatan jumlah penduduk dunia yang sangat pesat, mengakibatkan terjadinya eksploitasi intensif (berlebihan) terhadap sumber daya alam, yang akibatnya ikut memacu terjadinya kerusakan lingkungan terutama yang berupa degradasi lahan. Padahal lahan dengan sumberdayanya berfungsi sebagai penyangga kehidupan hewan dan tumbuhan termasuk manusia.

Teologi Lingkungan

Sampul buku Teologi Lingkungan

Orientasi hidup manusia modern yang cenderung materialistik dan hedonistik juga sangat berpengaruh. Kesalahan cara pandang atau pemahaman manusia tentang sistem lingkungannya, mempunyai andil yang sangat besar terhadap terjadinya kerusakan lingkungan yang terjadi dunia saat ini. Cara pandang dikhotomis yang memandang alam sebagai bagian terpisah dari manusia dan paham antroposentris yang menganggap bahwa manusia adalah pusat dari sistem alam mempunyai peran besar terhadap terjadinya kerusakan lingkungan. Disamping itu paham materialisme, kapitalisme dan pragmatisme dengan kendaraan sain dan teknologi telah ikut pula mempercepat dan memperburuk kerusakan lingkungan, termasuk di negara kita, Indonesia.

Upaya untuk penyelamatan lingkungan sebenarnya telah banyak dilakukan baik oleh masyarakat maupun pemerintah melalui penyadaran kepada masyarakat dan pemangku kepentingan (stakeholders), melalui pendidikan dan pelatihan, pembuatan peraturan pemerintah, undang-undang, maupun melalui penegakan hukum. Penyelamatan melalui pemanfaatan sain dan teknologi serta program-program lain juga telah banyak dilakukan. Akan tetapi hasilnya masih belum maksimal serta belum bisa mengimbangi laju kerusakan lingkungan yang terjadi.

Agama terutama Islam sebenarnya mempunyai pandangan (konsep) yang sangat jelas terkait konservasi dan penyelamatan lingkungan. Islam merupakan agama yang memandang lingkungan sebagai bagian tak terpisahkan dari keimanan kepada Tuhan. Alam semesta termasuk bumi yang kita tempati ini adalah ciptaan Tuhan. Oleh karena itu mengenal, memahami dan memelihara alam merupakan bagian dari keimanan seseorang kepada Yang Maha Menciptakan alam. Dengan kata lain, perilaku manusia terhadap alam lingkungannya merupakan cerminan dari akhlak dan keimanan seseorang. Dalam Islam, memelihara lingkungan merupakan kewajiban yang setara dengan kewajiban ibadah-ibadah sosial yang lain, bahkan setara dengan kewajiban mendirikan sholat, membayar zakat, berpuasa dibulan ramadhan dan berhaji. Sebaliknya, perbuatan merusak lingkungan atau perbuatan yang bisa mengakibatkan kerusakan lingkungan setara dengan perbuatan dosa besar seperti pengingkaran terhadap Maha Kasih dan Pemelihara (al-rabb) Tuhan, atau pembunuhan dan perampokan.

Akan tetapi konsep (ajaran) Islam ini tampaknya masih belum banyak dipahami apalagi dijadikan pedoman dalam bersikap dan berperilaku terhadap lingkungannya oleh sebagian besar umat Islam. Hal ini ditandai dari fakta empirik yang menunjukkan bahwa berbagai kerusakan lingkungan, ternyata sebagian besar terjadi di lingkungan yang mayoritas penduduknya muslim.

Buku Teologi Lingkungan ini mencoba menggali kembali konsep (ajaran) Islam yang berkaitan dengan lingkungan, yang diharapkan bisa menjadi landasan untuk implementasi dan revitalisasinya dalam kehidupan manusia, khususnya bagi kaum muslimin. Konsep (ajaran) Islam ini diharapkan bisa menjadi dasar pijakan moral dan spiritual (moral and spiritual base) dalam upaya penyelamatan lingkungan. Upaya ini bisa pula dikatakan sebagai upaya untuk mencari akar teologis pengelolaan lingkungan dalam perspektif Islam.

Download Buku Teologi Lingkungan

Bagi sobat yang ingin mengaji lebih lanjut konsep agama Islam terkait etika pengelolaan lingkungan baik sebagai penambah wawasan diri ataupun untuk menjadikannya referensi, silakan download e-book Teologi Lingkungan ini secara gratis. Untuk mendownload, klik gambar berikut (187 kb):

Klik gambar sampul ini untuk mendownload

Jika kesulitan dengan cara mendownload, baca panduan downloadnya di: Cara Download dari 4Shared.

Akhirnya, sebagaimana dalam akhir pendahuluan buku ini, Permasalahan lingkungan ternyata bukan hanya masalah teknis ekologi semata, akan tetapi juga menyangkut teologi. Oleh karena itu nilai-nilai agama (ad-diin) yang universal dan juga multi-dimensi bisa digunakan sebagai landasan berpijak dalam upaya penyelamatan lingkungan.

Baca artikel tentang lingkungan hidup lainnya:

Tentang iklan-iklan ini

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Download Buku Teologi Lingkungan

  1. Hafid Junaidi berkata:

    Saya pikir teologi hanya berhubungan dengan agama saja mas, he6. Ternyata ada juga teologi lingkungan

  2. jempot2office berkata:

    tentang teologi lingkungan bukanlah sesuatu yang baru, tapi saya justru belum tahu. makasih atas artikelnya yang menambah wawasan saya.

  3. Hafid Junaidi berkata:

    Eh mas, ternyata kita ganti domain koq hampir barengan ya? hi6

  4. Aneh Indah berkata:

    makasih kang, langsung tak download

  5. mesin kasir berkata:

    bener2 keren
    tks info nya gan…

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s