Pulau Gambar dan Gili Nanggu Dijual Asing

Pulau Gambar dan Gili Nanggu ditawarkan untuk dijual oleh pihak asing. Adalah situs http://www.privateislandsonline.com, situs penjualan pulau pribadi dunia,yang menawarkan pulau Gambar dan Gili Nanggu masing-masing dengan harga Rp 6,8 miliar dan 9,9 miliar.

Padahal Indonesia sudah lama melarang jual-beli pulau di Indonesia karena menyangkut kedaulatan negara. Pemerintah hanya memberi izin untuk menyewa demi kepentingan pariwisata.

Pun mantan Ketua MK, Jimly Asshiddiqie, sebagaimana dikutip Alamendah’s Blog dari Detik.com, menegaskan jual beli pulau tersebut dilarang UU. Jimly menjelaskan proses jual beli itu sendiri juga harus diperjelas terlebih dahulu antara siapa dan mengenai apa. Jika menyangkut pihak asing transaksi yang dibolehkan adalah jual beli hak guna usaha. Tetapi jika jual beli hak milik atas tanah atau pulau itu dilarang.

“Kalau jual beli tanah atau lahan antara orang indonesia ya tidak ada masalah,” lanjut Jimly. Dan dalam situs http://www.privateislandsonline.com pun disebutkan, “Hukum Indonesia tidak mengizinkan kepemilikan pribadi atas sebuah pulau. Saham bisnis resor, bagaimanapun, dapat dijual kepada siapa pun”.

Mengenal Gili Nanggu. Gili Nanggu adalah sebuah pulau kecil di selat Lombok atau persisnya di pesisir timur pulau Lombok, bersebelahan dengan Gili Tangkong. Secara administrasi termasuk wilayah Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Gili Nanggu memiliki luas 4,99 hektar dan telah dikelola menjadi salah satu tujuan wisata. Di pulau ini terdapat fasilitas bungalo dan cottages yang dimiliki pihak swasta dengan status hak guna pakai. Pulau kecil ini mempunyai pesona pasir pantainya yang putih serta keindahan terumbu karang di perairan sekitarnya.

Lokasi Gili Nanggu

Lokasi Gili Nanggu

Gili Nanggu

Gili Nanggu dari kejauhan

Gili Nanggu

Cottages di Gili Nanggu

Selama ini Gili Nanggu dikelola sebagai tempat wisata dengan konsep ‘pulau alami dan pribadi’ yang menawarkan setiap pengunjung untuk merasakan privasi tanpa terganggu oleh pedagang atau pengunjung lain saat menikmati keindahan pulau. Ini lantaran yang tinggal di pulau ini hanyalah pengelola dan staf resor.

Mengenal Pulau Gambar. Berbeda dengan Gili Nanggu yang telah dikelola menjadi resor wisata, pulau Gambar, yang juga ditawarkan dijual dalam situs http://www.privateislandsonline.com, masih dalam kondisi perawan.

Oleh situs http://www.privateislandsonline.com disebutkan bahwa pulau Gambar berada di kawasan Laut Jawa dengan luas 2,2 hektar. Pulau Gambar memiliki pantai indah yang mengelilinginya dan layak dijadikan sebuah hunian pribadi. Air laut di sekitar pulau relatif tenang dan dangkal. Para pengunjung bisa menyelam, snorkelling dan memancing. Sejumlah ikan dan lobster bisa ditemukan di tepi pantai.

Dari peta yang dilampirkan, pulau ini terdapat di tengah-tengah Laut Jawa atau berada di utara kepulauan Karimunjawa. Tidak diketahui (atau saya yang tidak tahu) letak persis pulau ini termasuk secara administratif berada di wilayah provinsi bahkan kabupaten mana.

Pulau Gambar

Pulau Gambar dari kejauhan

Pulau Gambar

Kondisi pantai Pulau Gambar

Pencantuman Pulau Gambar dan Gili Nanggu sebagai pulau yang diiklankan untuk dijual, terang membuat banyak orang terhenyak. Namun berkat itu pula sekali lagi kita berkesempatan untuk lebih mengenal Indonesia. Selama ini tidak sedikit warga Indonesia yang belum mengenal Gili Nanggu. Bahkan saya sendiripun baru mengetahui adanya Pulau Gambar.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang Pulau dan Indonesia lainnya:

About these ads

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , , , . Tandai permalink.

41 Balasan ke Pulau Gambar dan Gili Nanggu Dijual Asing

  1. Applausr berkata:

    saya baru juga tahu tuh ada nama pulau gambar dan nanggu… dan sekarnag sudah mau dijual saja.. semoga peraturanya tidak di rusak sehingga tidak semua pulau di jualin ke asing…

    pasir saja dijual ke singapore sampai beberapa pulau hilang.. edan…

  2. bagus berkata:

    Inonesia Kaya, tapi tidak pandai menjaga kekayaan ya Mas.

  3. pursuingmydream berkata:

    Saya pernah ke Gilli Nanggu, pantainya indah dan bersih, sayang sekali kalau sampai dijual dan jatuh ke pihak asing.

  4. imamboll berkata:

    semoga bisa terjual dengan harga yang lebih rendah

    selalu saja telat menghadapi masalah kedaulatan negara

  5. unikgaul.com berkata:

    setuju gan dengan komentar di atas, sesudah di klaim malaysia baru mau di akui. :(

  6. Kosmas berkata:

    Dilarang UU…, baiknya dicantumkan secara eksplisit undang- undang mana? Rupanya yang menjual itu belum tahu UU dimaksud, atau…patriotismenya diragukaan.Pihak berwajib perlu telusuri terus kasus ini. Terima kasih, Mas.

  7. yadibarus berkata:

    wah, pasti mahal ya biayanya liburan ke pulau ini ya mas?

  8. monda berkata:

    iya baru tau keberadaan pulau2 ini
    selalu saja orang asing yg lebih dulu tau pulau2 indah ya

  9. HALAMAN PUTIH berkata:

    Kekayaan negeri kita ini belum dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk kepentingan rakyat. Yang kebangetan siapa kalau sudah begini?

  10. Enny Mamito berkata:

    baru tahu ada nama pulau itu tahu2 sdh dijual…Indonesia knp selalu begini yaa..byk pihak asing yg pengen tp Indonesia kurang bisa menjaga negrinya yg kaya..

  11. nyachNyariadi berkata:

    Wadohh pulau di jual
    melihat keindahannya pasti banyak yang tertarik tuh Mas.
    jangan-jangan sekarang sudah laku dan pemerintah setempat tidak tahu atau pura-pura gak tahu.
    Kita mau tinggal dimana klo pulau jawa juga di jual.

  12. danangsuryo berkata:

    nggak boleh dibiarin ini, ada maen2 jual pulau segala…
    salam balik…

  13. imam berkata:

    sungguh naif nasib negara kita,,,, semua pulau bisa2 di jual atau di klaim negera lain ya.

  14. giewahyudi berkata:

    Suka kesel kalau ada pulau dijual, kenapa enggak pulau jawa aja yang dijual ya?

  15. pututik berkata:

    wah-wah ini merupakan perampasan hak rakyat yang paling buruk, yaitu menjual aset negara untuk kepentingan pribadi/golongan, bejat

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s