Nama Ilmiah Satwa yang Memakai Nama Tokoh Dunia

Nama ilmiah satwa yang memakai nama tokoh dunia ternyata tidak sedikit. Mulai dari tokoh penyanyi Bob Marley hingga artis cantik semacam Kate Winslet, namanya digunakan sebagai nama latin (ilmiah) satwa. Bahkan mantan presiden George Bush hingga pimpinan Nazi, Adolf Hitler, namanya tidak luput disematkan sebagai nama ilmiah hewan.

Pemberian nama ilmiah suatu spesies memang menjadi hak para ilmuwan penemunya. Sebagian besar mengambil nama ilmiah berdasarkan keunikan hewan dan lokasi penemuan. Namun, beberapa memilih nama karena didasarkan penghargaan terhadap seorang tokoh atau pesohor.

Umumnya ilmuwan tidak akan memberi nama ilmiah suatu spesies dengan nama mereka sendiri. Pemberian nama latin dengan menggunakan nama sendiri kerap dianggap arogan dan merusak kehormatan seorang ilmuwan. Karena itulah, jika ingin memberi nama dengan nama seseorang, umumnya yang dipilih adalah nama tokoh dunia.

Berikut beberapa satwa yang dilekati nama tokoh dunia:

  • Kumbang Kate Winslet: Artis cantik ini dijadikan nama kumbang dengan nama latin Agra katewinsletae, setelah bermain dalam film Titanic. Terry Erwin, ahli serangga yang menemukan serangga ini, menjelaskan, pemberian nama mengacu pada ancaman punahnya serangga karena deforestasi. Harapannya, kumbang ini tidak ikut punah sebagaimana Kate Winslet yang tidak tenggelam bersama kapal Titanic.
    Kumbang Kate Winslet

    Kate Winslet dan Kumbang Kate Winslet

  • Kumbang George Bush: Agathidium Bushi adalah nama ilmiah sejenis kumbang yang ditemukan pada tahun 2005. Namanya diambil dari nama mantan presiden USA, George Bush.
  • Kumbang Dick Cheney: mantan Wapres Dick Cheney namanya dijadikan nama ilmiah kumbang. Adalah kumbang Agathidium cheneyi yang ditemukan pada 2005.
  • Kumbang Adolf Hitler: Nama pimpinan Nazi Jerman Adolf Hitler dijadikan nama kumbang buta dengan nama ilmiah Anophthalmus hitleri. Kumbang ini ditemukan dalam lima gua lembab di Slovenia. Serangga ini ditemukan kolektor Jerman pada tahun 1933, seorang pengagum Hitler.
  • Kelinci Hugh Hefner: Hugh Hefner, pimpinan majalah Playboy yang berlambangkan kelinci ini juga dikenal mempekerjakan pelayan dengan kostum kelinci. Karenanya kemudian namanya diabadikan sebagai nama kelinci rawa dengan nama latin Sylvilagus palustris hefneri. Konon Hefner ikut mendonasikan uangnya untuk melindungi kelinci yang terancam punah itu.
  • Kodok Pangeran Charles: Adalah spesies katak pohon yang ditemukan pertama di Ekuador pada tahun 2008 yang kemudian diberikan nama latin Hyloscirtus princecharlesi. Nama Pangeran Charles dijadikan nama katak pohon karena berjasa dalam perlindungan habitat hutan basah.
  • Kukang John Cleese: Kukang asal Madagaskar yang ditemukan tahun 2005 ini, oleh Urs Thalmann, diberikan nama latin Avahi cleesei. Kehormatan itu diberikan atas jasa aktor dan komedian John Cleese yang mempromosikan konservasi alam pada film-filmnya seperti Fierce Creatures.
    Kukang John Cleese

    John Cleese dan Kukang John Cleese

  • Lalat Kuda Beyonce: Lalat kuda asal Queensland, Australia, dinamai ilmiah Scaptia beyonceae oleh Ilmuwan Bryan Lessard lantaran sama-sama memiliki rambut keemasan. Pada lalat, rambut itu berada di bagian perut. Penamaan ini untuk memberi penghormatan atas performa Beyonce.
  • Parasit Bob Marley: Parasit Marley, merupakan parasit dengan nama ilmiah Gnathia marleyi. Hewan crustacean ini hidup dengan menempel pada ikan karang di Perairan Karibia. Paul Sikkel, ahli biologi laut pada Arkansas State University, memberikan nama latin seperti itu lantaran rasa hormat dan bangganya kepada musik-musik Marley.

Selain itu tercatat juga beberapa nama latin hewan yang menggunakan nama tokoh dunia, seperti:

  • Stephen Colbert: Laba-laba Aptostichus stephencolberti dan kumbang Agaporomorphus colberti.
  • Roy Orbison dan jandanya, Barbara Orbison: kumbang Orectochilus orbisonorum.
  • Frank Zappa: Ubur-ubur Phialella zappai dan laba-laba Pachygnatha Zappa.
  • Greta Garbo: Tawon Rostropria garbo.
  • Harrison Ford: Semut Pheidole harrisonfordi dan Laba-laba Calponia harrisonfordi.
  • Gary Larson: Kutu burung hantu Strigiphilus garylarsoni.

Nama Ilmiah dari Tokoh Indonesia. Kalau tokoh Indonesia, adakah yang namanya digunakan sebagai nama ilmiah hewan?. Setidaknya ibu negara kita, Ani Susilo Bambang Yudhoyono, yang bernama asli Kristina Herawati, yang kemudian digunakan sebagai nama spesies kupu-kupu Kristiani dengan nama latin Delias kristianiae yang ditemukan di Pegunungan Foya, Papua, tahun 2005.

Selain itu, almarhumah Tien Soeharto (Hartinah Soeharto) pun namanya digunakan sebagai nama ilmiah. Walaupun memang bukan nama ilmiah hewan, melainkan spesies anggrek dengan nama Anggrek Hartinah (Cymbidium hartinahianum) yang merupakan salah satu anggrek langka dan anggrek yang dilindungi di Indonesia.

Andai saja ada ilmuwan yang tergerak untuk menamai spesies temuannya dengan nama ilmiah “Blablabla alamendahi” atau bahkan “Alamendahus blablabla“?. Ngimpi kalee, yee

Baca artikel tentang satwa dan lingkungan hidup lainnya:

Tentang iklan-iklan ini

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di satwa dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

25 Balasan ke Nama Ilmiah Satwa yang Memakai Nama Tokoh Dunia

  1. IndoFreeAds.us berkata:

    Wah kreative tuh namanya ;)
    “Iklan gratis Dung, saling membantu”

  2. Hotel berkata:

    Wah ada” saja ya agar nama orangnya pun tidak ikut punah dari ingatan :)

  3. refi234 berkata:

    hahahaha,.,.,
    keren gan,.,.

  4. Bandar Jersey berkata:

    salam kenal
    Importir Langsung Jersey Bola Grade Ori Kulitas Terbaik dan Termurah
    mampir yuk di wwwbandarjerseycom

  5. nelly berkata:

    waah..nice info gan….unik

  6. Jersey Bola berkata:

    It is the best time to make some plans for the future and it
    is time to be happy. I’ve read this post and if I could I want to suggest you few interesting things or tips. Maybe you can write next articles referring to this article. I want to read more things about it!

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s