Pantai Pasetran Gondo Mayit, Blitar — Sebuah Surga Yang Tersembunyi

Pantai Pasetran Gondo Mayit di Blitar ini mempunyai nama yang seram; “gondo mayit” yang bisa berarti “bau mayat”. Tapi jangan tertipu dengan namanya, pantai Pasetran Gondo Mayit tidaklah seseram namanya. Justru sobat telah dinanti oleh ‘Sebuah Surga Yang Tersembunyi’. Simak tulisan Mbak Yella Ojrak, penulis tamu Alamendah’s Blog kali ini.

Yang ingin masuk surga, tak perlu menunggu mati. Segera tancap gas sekarang juga ke Pantai Pasetran Gondo Mayit, Blitar. Di sana, hembusan angin bagai kibasan selendang bidadari, butiran pasir putihnya bagai mutiara, dan ombaknya bagai lautan kristal yang bergulung-gulung lalu pecah di pantai.


Pantai perawan, Pasetran Gondo Mayit. Airnya jernih, pasirnya
bersih.

Terletak di bagian selatan wilayah kabupaten Blitar, surga tersembunyi yang masih perawan ting-ting itu sesungguhnya bukanlah tempat yang terlalu sulit dijangkau, terlebih jika Anda berjiwa petualang. Dari kota Blitar, kita bisa berkendara dengan nyaman ke arah Pantai Tambakrejo, Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Setibanya di Pantai Tambakrejo, titipkan kendaraan Anda (ada banyak tempat penitipan di sana), lalu lanjutkan perjalanan dengan alat transportasi purba: jalan kaki.

Nah, berhubung perjalanan ini jelas akan banyak menghabiskan energi, sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman, karena di tempat tujuan nanti tak ada pedagang sama sekali. Kalau belum ada bekal, sila berbelanja dulu di warung-warung yang ada di Tambakrejo. Tapi ingat, cek dan ricek tanggal kadaluarsa dan keadaan segel makanan maupun minuman yang hendak Anda beli karena beberapa kali saya hampir dapat makanan yang sudah kadaluarsa atau minuman palsu — botol serupa, isi tak sama. Saran saya, bawa bekal sebelum berangkat ke pantai ini.

Selanjutnya Anda akan berjalan kaki menyeberangi sebuah muara sungai yang akan membuat Anda berenang jika laut sedang pasang. Kemudian Anda akan menelusuri jalan setapak berbatu dan berliku, menanjak dan menurun, mengarungi bukit yang membatasi Pantai Tambakrejo dengan Pasetran Gondo Mayit.


Jalan setapak menuju Pasetran Gondo Mayit.

Sebetulnya ada rute lain yang mengijinkan Anda berkendara sampai ke pantai tersebut. Tapi saya sendiri belum pernah mencoba rute ‘nyaman’ ini, jadi belum bisa memberi keterangan. Meskipun begitu, Anda masih bisa mempelajarinya dengan membaca peta ini dan menyimak keterangannya di sini. Tapi ada kelebihan, ada kekurangan juga. Lewat jalan desa, berarti Anda tidak dapat menikmati secuil samudra Hindia yang biru dari puncak bukit, serta warna pasir pantai yang nampak putih berseri.


Mungkin saya sedang beruntung, atau memang pantainya selalu
bersih dari ujung ke ujung seperti itu?

Dari titik tersebut (tempat foto di atas diambil), Pantai Gondo Mayit tinggal beberapa langkah lagi. Oya, hampir lupa, di puncak bukit terdapat sebuah gubug lengkap dengan bangku-bangku panjang dan meja besar yang cukup untuk dijadikan tempat tidur jika Anda berminat bermalam di sana, untuk menikmati matahari terbenam atau terbit mungkin?.

Tak perlu khawatir, Pantai Gondo Mayit kalau dibahasa-Indonesiakan memang artinya Pantai Bau Mayat. Tapi sama sekali tak ada bau mayat di situ. Dan pantainya pun bersahabat, sama sekali tak seram seperti namanya.

______

Tulisan tentang wisata di Pantai Pasetran Gondo Mayit ini ditulis Mbak Yella Ojrak admin blog Ojrak dan moderator di forum WordPress.com Indonesia. Hak cipta tulisan dan gambar pada penulis.

Mari ungkap kekayaan wisata alam di Indonesia dengan menjadi Penulis Tamu di Alamendah’s Blog. Baca ketentuannya di halaman Penulis Tamu.

Baca artikel tentang wisata dan lingkungan hidup lainnya:

Tentang iklan-iklan ini

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di penulis tamu, wisata dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

40 Balasan ke Pantai Pasetran Gondo Mayit, Blitar — Sebuah Surga Yang Tersembunyi

  1. endik berkata:

    Mksih situ gugusan sama panggi mbak reno ya

  2. kaget juga waktu baca judul awalnya..bikin seram.tapi ternyata isinya pantai nan indah..jadi kepincut..

  3. bagaskawarasan berkata:

    wuihhhh mantap pantainya,,, jadi ingin kesana

  4. wahyu sahabzada berkata:

    letaknya di mana pantai ini?katanya masyarakat di sekita situ aneh2 (tertutup) apa benar?

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s