Tanaman (Tumbuhan) Paling Unik di Indonesia

Tanaman (Tumbuhan) unik di Indonesia sebenarnya banyak. Bahkah setiap tanaman bisa dibilang mempunyai keunikan tersendiri. Namun di antara tumbuhan-tumbuhan unik di Indonesia itu, bolehlah kita sebut beberapa tanaman yang paling unik.

Dan langsung saja, inilah daftar tanaman yang paling unik di Indonesia berdasarkan pilihan Alamendah’s Blog.

Kantong Semar; Tumbuhan Karnivora

Nepenthes maxima

Tumbuhan paling unik versi Blog Alamendah adalah kantong semar (Nepenthes sp). Keunikan kantong semar adalah tumbuhan karnivora. Tumbuhan ini memiliki organ berbentuk kantong yang bagian bibirnya beraroma manis sehingga menarik serangga. Binatang yang terpikat akan tergelincir masuk ke dalam kantung antara yang licin. Cairan asam (enzim proteolase) yang berada dalam kantung tengah lalu mencerna tubuh mangsa itu.

Di dunia terdapat hingga 129 jenis kantong semar yang sedikitnya 64 spesies hidup di Indonesia. Berbagai jenis kantong semar di Indonesia beserta fotonya dapat di baca di: Spesies Kantong Semar Sumatera; Spesies Kantong Semar Kalimantan; Spesies Kantong Semar Sulawesi; Spesies Kantong Semar Papua

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Caryophyllales; Famili: Nepenthaceae; Genus: Nepenthes;

Rafflesia; Bunga Terbesar

Rafflesia dikenal sebagai tanaman yang unik lantaran ukuran bunganya yang raksasa dan bau busuknya. Rafflesia arnoldii, salah satu jenis rafflesia, memang tanaman dengan bunga terbesar di dunia yang saat mekar diameternya mencapai 70-110 cm dengan tinggi 50 cm dan berat 11 kg.

Bunga Rafflesia Arnoldi

Uniknya lagi bunga rafflesia tidak memiliki daun, batang, maupun akar. Rafflesia merupakan tumbuhan parasit obligat yang tumbuh di dalam batang liana (tumbuhan merambat) dari genus Tetrastigma. Nutrisi yang dibutuhkan diambil dari pohon inangnya tersebut.

Di seluruh dunia terdapat 30-an jenis rafflesia dan Indonesia memiliki sedikitnya 15 spesies rafflesia. Untuk mengnal lebih jauh bunga rafflesia silahkan baca: Perbedaan Rafflesia Arnoldii dan Bunga Bangkai; dan Mengenal Rafflesia Patma

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Malpighiales; Famili: Rafflesiaceae; Genus: Rafflesia;

Bunga Bangkai; Bunga tertinggi

Bunga bangkai (Amorphophallus) dikenal sangat unik lantaran bau busuk yang dikeluarkan dan juga ukuran tingginya. Amorphophallus titanum dan Amorphophallus gigas (dua jenis bunga bangkai) memegang rekor sebagai bunga dengan struktur perbungaan tertinggi di dunia.

Bunga bangkai (Amorphophallus titanum)Keunikan lainnya adalah bunga bangka memiliki dua fase kehidupan yakni fase vegetatif dan fase generatif. Pada fase vegetatif di atas umbi bunga tumbuh batang tunggal dan daun yang mirip daun pepaya. Setelahnya batang dan daun menjadi layu dan disusul dengan fase generatif yakni munculnya bunga majemuk tinggi dan berbau busuk. Kedua fase ini kan terjadi berulang dan terus menerus.

Di dunia terdapat sekitar 170 jenis bunga bangkai. Namun yang paling terkenal diantaranya adalah Amorphophallus titanum (Bunga bangkai raksasa, Titan arum, suweg raksasa), Amorphophallus gigas (Amorphophallus raksasa sumatera), dan Amorphophallus decussilvae (Bunga bangkai jangkung, bunga bangkai jawa barat). Baca juga: Fakta tentang Bunga Bangkai (Amorphpophallus)

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Liliopsida; Ordo: Alismatales; Famili: Araceae; Genus: Amorphophallus;

Daun Sang; Daun Terbesar

Daun sang, tanaman unik yang panjang daunnya mencapai 6 meterDaun Sang menjadi tumbuhan unik selanjutnya. Keunikan pohon daun Sang bisa dilihat dari ukuran daunnya yang sangat besar dengan panjang mencapai 6 meter dan lebar 1 meter. Yang unik lagi dari pohon dengan nama latin Johannesteijsmannia altifrons dan merupakan anggota palem (arecaceae) ini adalah daunnya yang tampak langsung menyembul dari dalam tanah. Ini karena batang Daun Sang pendek dan biasanya tersembunyi di tanah.

Di Indonesia Daun Sang tumbuh di Sumatera dan Kalimantan. Selain itu juga bisa didapati di Thailand dan Malaysia.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Ordo: Arecales; Famili: Arecaceae; Genus: Johannesteijsmannia; Spesies: Johannesteijsmannia altifrons.

Edelweiss; Bunga Abadi

Edelweiss termasuk tanaman yang unik, tumbuhan yang hidup di puncak-puncak gunung ini kerap dianggap sebagi bunga abadi dan perlambang keabadian cinta. Ini lantaran bunga edelweiss tidak akan layu meskipun telah dipetik dari tangkainya. Meskipun mengering, namun bentuk dan penampilannya tidak berubah.

Terdapat berbagai jenis bunga edelweis yang tumbuh di dataran tinggi di berbagai negara termasuk di Indonesia. Yang sering ditemukan di gunung-gunung Indonesia adalah spesies Anaphalis javanica. Baca juga Kutulis Surat Cinta Ini Di Hamparan Bunga Edelweis Di Alun-Alun Suryakencana.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae. Ordo: Asterales. Famili: Asteraceae. Genus: Anaphalis. Spesies: Anaphalis  javanica.

Sarang Semut; Simbiosis yang Unik

Sarang semut (Myrmecodia tuberosa)Sarang semut merupakan tumbuhan dengan simbiosis yang unik. Sarang semut merupakan tumbuhan epifit yang hidup menumpang di tanaman lain (seperti hanya bunga anggrek). Namun selain bersimbiosis dengan tumbuhan inang yang ditempelinya, sarang semut juga bersimbiosis dengan hewan semut.

Batang sarang semut menggelembung menyerupai umbi dengan rongga-rongga yang terdapat di dalamnya. Rongga-rongga di ‘umbi’ sarang semut yang menyerupai labirin ini yang kemudian menjadi tempat hidup dan bersarangnya semut. Tumbuhan ini pun memproduksi glukosa (gula) yang selain menarik kedatangan semut sekaligus menjadi makanan semut. Sebagai gantinya, semut akan meninggalkan kotoran yang bermanfaat sebagai makanan (nutrisi) bagi tumbuhan sarang semut.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Famili: Rubiaceae; Genus: Myrmecodia dan Hydnophytum;

Ara pencekik; Sang Pembunuh Inang

Ara pencekik (Ficus annulata) Ara pencekik, beringin pencekik, atau kiara koneng (Ficus annulata) menjadi unik karena tumbuhan yang semula empifit (menumpang) pada pohon lain ini, seiring pertumbuhannya, kemudian membunuh pohon yang ditumpanginya. Ara pencekik merupakan tumbuhan parasit, sejak tertempel di pohon lain ia akan menyerap nutrisi dari pohon inangnya.

Pohon yang tersebar di Indo China, Semenanjung Malaysia, Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi ini menumbuhkan akar-akar sulurnya menjulur ke bawah, merambat, dan membelit tubuh pohon inangnya hingga mengalahkan pohon inang baik dalam menyerap makanan dari tanah maupun dalam merebut sinar matahari. Hingga secara perlahan pohon inang mati meninggalkan lobang besar nan eksotis dan unik di tengah-tengah sekumpulan akar sulur ara pencekik yang saling melilit.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; (unranked): Angiosperms; (unranked): Eudicots; (unranked): Rosids; Ordo: Rosales; Famili: Moraceae; Genus: Ficus; Spesies: Ficus annulata.

Beberapa tumbuhan lain pun mempunyai berbagi keunikan masing-masing. Namun sementara tujuh tumbuhan di atas layak disebut sebagai tanaman paling unik di Indonesia. Sobat mengenal tanaman unik lainnya?.

Referensi: Artikel Alamendah’s Blog terdahulu

Baca artikel tentang tumbuhan dan lingkungan hidup lainnya:

About these ads

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

47 Balasan ke Tanaman (Tumbuhan) Paling Unik di Indonesia

  1. bunda lily berkata:

    ooh, jadi si Rafflesia ini sama bunga bangkai beda tho ya Mas Alam?
    sangkain sama, karena sama2 bau busuk ….hehehe :)
    tks ya Mas utk sharingnya ………..
    salam

  2. monda berkata:

    baru tau daun Sang, besar banget ya, seperti di film2 dinosaurus he…he….

  3. ysalma berkata:

    setuju dengan tanaman unik pilihannya Alamendah,
    Sarang semut kalau di photo, unik juga, kantong semar dulu sering melihat di hutan, Raflesia & bunga bangkai pernah lihat di kebun raya bogor. Daun Sang waktu kecil saya mblasak mblusuk hutan belum pernah lihat/lupa, pohon ara di tetangga kampung masih ada jembatan dari akarnya, Edelweiss pernah dengan senang hati menerima dr teman yang turun gunung :(.

  4. angga SDP berkata:

    waw…. keren2 banget

  5. Masbro berkata:

    Tumbuhan putri malu juga termasuk unik Mas, tapi versi saya sendiri, hehe..

  6. arif berkata:

    unik semua, yg belum tau Daun Sang dan Ara Pencekik!

  7. Tebak Ini Siapa berkata:

    Dulu pas SD, gatau kenapa dimindset kalau bunga bangkai itu sama kayak Raflesia Arnoldii :(

  8. ahsanfile berkata:

    mas alam, purwoceng kan hanya ada di indonesia, koq gak masuk tanaman unik ya ?

  9. rynari berkata:

    Terimakasih mas, penjelasan tentang daun Sang menjawab pertanyaan saya tentang tanaman tsbt yang saya lihat di sebuah taman. Dengan daun berukuran raksasa langsung menyembul di permukaan tanah, menarik tuk mengabadikannya. salam

  10. yadi berkata:

    itu tumbuhan semua nya asli punya indonesia gan? mantab bener

  11. Chici berkata:

    Baru tau sama yang namanya daun sang itu, wah bisa gede gitu ya mas tumbuhnya. Di sumatera juga pasti adanya di daerah hutannya ya mas?

  12. InVinciBle TeTik berkata:

    Baru tau tentang Ara Pencekik, sarang semut dan daun sang. sarang semut menakjubkan ya..

  13. Rudy Arra berkata:

    Yang paling saya kagumi dari semua tanaman diatas adalah Kantong Semar. Sejak sekolah dulu saya selalu tertarik dengan tanaman karnifora yang satu ini. Begitu unik. :)

  14. pohon ara pencekik kaya di film TARING itu yaaa ihh serem deh kayanya !!!
    konon pohon kaya gitu KATANYA eh KATANYA suka di hinggapi makhluk halus gitu !!! iiiii wawww

  15. wow bagus2 deh, baru tau aku sama daun sang….truz baru tau jga kalo bunga raflesia sama bunga bangkai itu beda yah, jadi makin pinter dong aku heheheh, makasih yah postingan nya bermanfaat bgt mas :) sukses slalu ya

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s