Raimuna Nasional X Pramuka Tahun 2012 Papua

Raimuna Nasional X Gerakan Pramuka Tahun 2012 (Rainas X 2012) akan dilaksanakan di Jayapura, Papua pada tanggal 25 Juni – 1 Juli 2012 (Update: dimundurkan menjadi tanggal 4 – 1o Juli 2012). Raimuna Nasional merupakan perkemahan akbar bagi pramuka Penegak dan Pandega se-Indonesia. Perkemahan ini tepatnya dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cendrawasih, Jayapura, Papua.

Raimuna merupakan pertemuan Pramuka Penegak (usia; 16-20 tahun / SMA) dan Pandega (usia 21-25 tahun / Mahasiswa) dalam bentuk perkemahan. Pesertanya merupakan perwakilan dari Kwartir Cabang (Kabupaten/Kota) se-Indonesia. Tujuan utamanya adalah guna mengembangkan dan persatuan di kalangan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega melalui kegiatan kreatif, rekreatif, produktif, dan edukatif.

Raimuna Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2012 merupakan Raimuna Nasional yang kesepuluh yang dilaksanakan Gerakan Pramuka. Rainas kali ini mengambil tema “Pramuka Indonesia Bersama Masyarakat Membangun Tanah Papua”, dengan semboyan “Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami” serta moto “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan”.

Logo Raimuna Nasional X 2012

Logo Raimuna Nasional X Tahun 2012 di Jayapura

Kegiatan dalam Raimuna Nasional 2012. Raimuna Nasional (Rainas) X Tahun 2012 di Jayapura, Papua, terdiri atas berbagai kegiatan yang dapat dikelompokkan dalam:

  • Kegiatan Umum (General Activity) yang meliputi; Keagamaan; Upacara dan Apel; Olahraga; Pameran; Karnaval; Anjangsana; dan Malam Bhinneka Tunggal Ika.
  • Pengetahuan Lingkungan yang meliputi; Globalisasi dan Dampaknya; 3R (Reduce, Recycle, Reuse); Pembangunan Berkelanjutan; Proses Sanitasi Air; dan Perawatan Tanaman.
  • Pengetahuan Sosial Budaya yang meliputi; Komunikasi Antar Agama; Dinamika Bermasyarakat; Papua dalam Nusantara; Uniknya Sastra Papua; Pendidikan Reproduksi Remaja; Pendidikan Anti Korupsi; dan Pengetahuan Bahaya Narkoba.
  • Pengetahuan Teknologi yaitu Perkembangan Teknologi informasi.
  • Pengetahuan Lain yang meliputi: Pramuka Agen Perdamaian; dan Scout Entrepreneurship.
  • Keterampilan yang meliputi: Keterampilan Saka (Satuan Karya Pramuka); Keterampilan Teknologi Umum (Perbaikan Sepedea Motor, Perbaikan Handphone, Perbaikan Jam Tangan, dan Perbaikan Komputer); Kerajinan Koteka; Kerajinan Lukisan Kayu; Kerajinan Patung; Kerajinan Tifa; Kerajinan Tas Noken; Kerajinan Kulit Kayu; TV Broadcasting (Penyiaran dan Produksi); Radio Broadcasting; Fotografi; dan Pembuatan Film.
Maskot Raimuna Nasional 2012

Pace Kribo; Maskot Raimuna Nasional 2012

  • Kegiatan Bakti, yang meliputi: Pembangunan Perpustakaan; Pembuatan Tempat Sampah; Penanaman Mangrove; Penanaman Sagu; dan Pembuatan Museum Kerajinan Tangan Indonesia.
  • Kegiatan Alam Terbuka yang meliputi: High Rope; Splash; dan Soft Rope (Permainan Pembentukan Karakter).
  • Kegiatan Seni Budaya yang meliputi: Pentas Seni Budaya; Festival Budaya Daerah; Apresiasi Film; dan Permainan Tradisional.
  • Kegiatan Wisata yang antara lain mengunjungi Festival Danau Sentani (FDS); Tugu Jendral Douglas Mac. Arthur 751 Sentani; Air Terjun 751 Sentani; Taman Budaya Papua; Perbatasan RI – Papua Nugini dan Vanimo Province; dan Wisata Pantai Base-G.
  • Subcamp yang terdiri atas lima subcamp yaitu: Pantai Tablanusu; Penjelajahan Air Terjun; Survival; Jelajah Kepemimpinan; dan Jelajah Bakti.
  • Kegiatan Khusus yang meliputi: Welcome Party Gubernur Papua; Kegiatan Orang Dewasa (untuk Pembina Pendamping / Official); Kegiatan Pinkonda (Pimpinan Kontingen Daerah); Lokakarya; dan Forum Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Selain akan diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari seluruh kabupaten dan Kota (Kwartir Cabang) se Indonesia, Raimuna Nasional X Tahun 2012 ini pun akan diikuti oleh Peserta utusan Gudep perwakilan RI di luar negeri dan Utusan organisasi kepanduan dunia dari negara tetangga.

Buper Cendrawasih Papua

Salah satu sudut Buper Cendrawasih, Papua, tempat berlangsungnya Raimuna Nasional 2012 tengah dalam proses persiapan

Untuk mengenal dan mempelajari seluk beluk Rainas X lebih lanjut silahkan baca Petunjuk Pelaksanaan Raimuna Nasional X yang bisa diunduh di sini. Jika bingung cara mengunduh baca Cara Download di 4Shared. Atau jika ingin mendapatkan informasi terbaru terkait Raimuna di Papua ini dapat melalui twitter (@rainas2012), facebook (Raimuna Nasional ke X; http://www.facebook.com/rainas2012), atau google+ (Raimuna Nasional).

UPDATE (PERUBAHAN WAKTU RAIMUNA):

Berdasarkan Surat Edaran Kwarnas No. 0543-00-B tanggal 5 Juni 2012 tentang Pengunduran Waktu Raimuna Nasional 2012, waktu pelaksanaan Raimuna Nasional X dimundurkan dari yang semula tanggal 25 Juni – 1 Juli 2012 menjadi tanggal 4 – 1o Juli 2012.

Referensi dan gambar:

  • Surat Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 0105-00-B tentang Edaran II Raimuna Nasional tahun 2012
  • Lampiran Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 019 Tahun 2012 Petunjuk Pelaksanaan Raimuna Tingkat Nasional X Tahun 2012

Baca artikel tentang Pramuka dan Lingkungan Hidup Lainnya:

Tentang iklan-iklan ini

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di pramuka dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

111 Balasan ke Raimuna Nasional X Pramuka Tahun 2012 Papua

  1. nursanti berkata:

    raimuna nasional pasti keren I’m coming..

  2. busriadisampoang berkata:

    kami anak kalukku siap ramaikan rainas x

  3. Ping balik: TKK Lingkungan Hidup Tumbuhkan Cinta Alam Pada Pramuka | Alamendah's Blog

  4. komala berkata:

    semoga rainas X sukses,dan berjalan dengn lncar,, :)
    salam kenal dari saya komala

  5. Ningrum Mansawan berkata:

    kami tunggu di Papua sobat-sobat.

  6. Ping balik: Jambore Daerah XII Jawa Tengah 2012 Karanganyar | Alamendah's Blog

  7. Ping balik: Jambore Daerah XIII Jawa Tengah 2012 Karanganyar | Alamendah's Blog

  8. Dinda Daun berkata:

    pingin ikut Rainas lagi,,
    kangen Rainas diCibubur
    “Pak RT ada wewe” wkwkwkwkk :D
    seru !!

  9. Ansar berkata:

    sMOga kita KeteMu D Papua Eaaaaa

  10. Errdhazt berkata:

    Raimuna Nasional di Jaya pura pasti seru neh. calon peserta juga neh.

  11. lia tri anggraini berkata:

    Gak sabar nunggu RAINAS…………..

  12. Nini maryani berkata:

    Insyaallah berangkatnih kaka

  13. Nini maryani berkata:

    Saya dari kalbar,akan menempuh perjalanan panjang ke Tanah Papua. Putussibau –> Pontianak –> Jakarta –> Maluku –> Tanah Papua

  14. NOVIA WULANDARI berkata:

    pengen banget nanti bsa lo”s jd p’srta…

  15. A. YACUB… PLEASE WAIT FOR ME PAPUA…,so God will, I WILL COME THERE

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s