2012 Adalah Tahun Internasional Energi Terbarukan

2012 adalah Tahun Internasional Enenrgi Terbarukan (International Year of Sustainable Energy for All), demikian ditetapkan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) dalam Sidang Umumnya bulan Desember silam. Secara resmi, PBB meluncurkan Program Energi Terbarukan pada 16 januari 2012 silam di ajang World Future Energy Summit di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.Target penetapan tahun 2012 sebagai Tahun Internasional Energi Terbarukan adalah pada 2030, semua orang di dunia sudah menggunakan energi dari sumber-sumber terbarukan.

Tujuan dari penetapan tahun 2012 sebagai Tahun Internasional Energi Terbarukan adalah guna meningkatkan kepedulian masyarakat dunia pada isu kemiskinan energi dan menunjukkan bahwa akses ke energi bersih, aman dan terjangkau bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Energi Terbarukan. Konsep energi terbarukan mulai dikenal pada tahun 1970-an, sebagai upaya untuk mengimbangi pengembangan energi berbahan bakar nuklir dan fosil. Definisi energi terbarukan secara sederhana adalah sumber energi yang dapat dengan cepat dipulihkan kembali secara alami, dan prosesnya berkelanjutan. Macam atau sumber energi terbarukan di antaranya adalah tenaga matahari (surya), tenaga angin, energi panas bumi (geothermal), dll.

Tahun Internasional Energi Terbarukan

Logo Tahun Internasional Energi Terbarukan

Tanpa adanya komitmen global untuk menggunakan energi terbarukan (Sustainable Energy), Lembaga Energi Internasional (International Energy Agency) memerkirakan, jumlah masyarakat dunia yang kekurangan listrik hanya akan berkurang dari 1,4 milliar pada saat ini menjadi 1,2 milliar pada 2030. Jumlah penduduk yang menggunakan sumber energi tradisional, seperti kayu, sekam, dedaunan dsb, justru akan naik dari 2,7 milliar saat ini ke 2,8 milliar pada 2030. Selain itu, masalah perubahan iklim dan kerusakan lingkungan yang mendunia semakin menegaskan pentingnya dunia untuk beralih ke energi baru dan terbarukan.

Energi Terbarukan dan Indonesia. Jika PBB saja mempunyai komitmen yang tinggi pada energi terbarukan dengan menetapkan tahun 2012 sebagai International Year of Sustainable Energy for All (Tahun Internasional Energi Terbarukan) bagimana dengan Indonesia?. Sebuah fakta bahwa hingga saat ini Indonesia belum memanfaatkan secara optimal energi terbarukan yang tersedia dan masih sangat tergantung dengan energi berbahan fosil. Sebanyak 95 persen energi yang digunakan masih berbahan bakar fosil.

Pemerintah pun tampaknya belum begitu ‘melirik’ penggunaan energi terbarukan. Buktinya adalah Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional. Dalam keputusan tentang rencana induk penggunaan energi di Indonesia itu disebutkan bahwa pada 2025 ditargetkan konsumsi energi yang digunakan di Indonesia, 30 % menggunakan gas alam, 33 % menggunakan batu bara, 20 % menggunakan minyak bumi, 5 % menggunakan biofuel (biodiesel dan bioetanol), 5 % panas bumi, 5 % air, dan sisanya sumber energi lainnya.

Dapat kita bayangkan bahwa saat PBB menargetkan pada 2030 dunia harus sudah berganti ke sumber energi terbarukan, maka Indonesia sampai 2025 masih akan menggantungkan 83 persen energinya pada sumber-sumber konvensional.

Referensi dan sumber gambar:

Baca artikel tentang lingkungan hidup dan Indonesia lainnya:

Tentang iklan-iklan ini

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di global, lingkungan hidup dan tag , , , , . Tandai permalink.

41 Balasan ke 2012 Adalah Tahun Internasional Energi Terbarukan

  1. dan berkata:

    asli keren….:)

  2. Irman Sitepu berkata:

    Presiden mau enggak mengakomodir dan melaksanakan ?, saya punya gagasan / inovasi ttg pemanfaatan Energi / Kekekalan energi.
    – tanpa limbah/pencemaran
    – tanpa bahan bakar
    – turut menjaga pelestarian lingkungan
    Menuju kemandirian energi.
    (No kontak kami :
    0812 1981 0681)

  3. Irman Sitepu berkata:

    Kemana ya untuk menyampaikan Gagasan / ide ?, . . .
    Terimakasih
    CP : 0838 1555 9315
    0812 1981 0681

  4. tulip berkata:

    tentang badai matahari itu gimana ? berita maksudnya

  5. Jefry berkata:

    Sepertinya memang pemerintah kita belum mampu memanfaatkan sumberdaya alam kita lainnya seperti air, sinar matahari dan lainnnya sebagai pengganti bahan bakar
    semoga kedepannya kita bisa

  6. Keren sharingnya bro, emang harus lebih banyak pikiran kritis untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan, apalagi di negara kita banyak tersedia sumber energi terbarukan seperti sinar matahari, sunga, angin dan arus samudra yang semuanya bisa dijadikan sumber energi.
    Keep sharing bro.
    Salam

  7. Ping balik: Energi Terbarukan di Indonesia | Alamendah's Blog

  8. Sukwati berkata:

    Sangat menarik namun pemerintah masih setengah hati mengembangkan enegi terbarukan.

  9. Ping balik: Tema dan Logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2012 | Alamendah's Blog

  10. Ping balik: Gerakan Nasional Hemat Energi (BBM dan Listrik) | Alamendah's Blog

  11. Ping balik: Mengenal Pengertian Ekonomi Hijau (Green Economy) | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s