Fakta tentang Harimau (Panthera tigris)

Berikut ini adalah fakta-fakta tentang harimau (Panthera tigris) yang patut kita ketahui. Fakta ini penting kita ketahui apalagi berdasarkan fakta tiga subspesies harimau pernah tinggal bahkan menjadi binatang endemik di Indonesia.

Dan inilah beberapa fakta tentang sang raja hutan, harimau (Panthera tigris) yang patut kita ketahui.

  • Nama latin dari harimau adalah Panthera tigris. Kata “Panthera
    diyakini berasal dari kata “oriental” yang berarti putih kuning. Sedangkan kata “tigris” berasal dari kata Yunani yang berarti panah yang merujuk pada kecepatan lari spesies ini saat bergerak meskipun berada di tengah hutan.
  • Harimau merupakan anggota famili felidae (kucing) sehingga masih berkerabat singa, chetah, kucing hutan, hingga kucing rumah.
  • Harimau (Panthera tigris) terdiri atas 9 subspesies yang mendiami daerah Asia mulai dari daratan Turki, Rusia, hingga Indonesia.
  • Dari 9 subspesies harimau (Panthera tigris) tiga spesies di antaranya telah punah. Ketika spesies harimau yang punah itu adalah harimau kaspia (Panthera tigris virgata) di Kaspia (tahun 1950), harimau bali (Panthera tigris balica) di Bali Indonesia (tahun 1937), dan harimau jawa (Panthera tigris sondaica) di pulau Jawa Indonesia (tahun 1972).
  • 6 subspesies harimau yang masih tersisa adalah:
    • Harimau Amur atau Siberia (Panthera tigris altaica) tersebar di China bagian utara, Korea, dan Rusia bagian timur.
    • Harimau Bengal atau India (Panthera tigris tigris) tersebar di Bangladesh, Bhutan, China, India, Myanmar dan Nepal.
    • Harimau Indochina (Panthera tigris corbetti) tersebar di Thailand, Kamboja, Cina, Laos, Myanmar dan Vietnam.
    • Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) endemik pulau Sumatera, Indoesia.
    • Harimau China Selatan (Panthera tigris amoyensis) tersebar di china bagian selatan.
    • Harimau Malaya (Panthera tigris jacksoni) tersebar di Thailand selatan dan Semenanjung Malaysia.
  • Subspesies harimau yang terkecil adalah harimau sumatera dengan panjang tubuh 2,5 meter dan berat 140 kg. Sedangkan subspesies harimau terbesar adalah Harimau amur atau siberia (Panthera tigris altaica) dengan panjang tubuh mencapai 3,3 meter dan berat 300 kg.
  • Total populasi harimau di seluruh dunia diperkirakan hanya sekitar 3.200 ekor. Subspesies dengan populasi terbesar adalah Harimau bengal atau india (Panthera tigris tigris) dengan jumlah populasi sekitar 1.800 ekor yang hidup di alam liar. Sedangkan subspesies dengan populasi tersedikit adalah Harimau china selatan (Panthera tigris amoyensis) dengan jumlah populasi hanya beberapa ekor saja.

    Harimau

    Harimau (Panthera tigris)

  • Motif belang pada harimau sangat unik. Layaknya sidik jari pada manusia, tidak harimau yang mempunyai motif yang sama persis. Bahkan ketika bulunya dicukur habis, motif belang akan tetap ada di kulitnya.
  • Harimau dewasa mampu memakan 40 kg daging sekaligus. Setelah makan besar harimau bisa tidak makan lagi selama 1 atau 2 minggu.
  • Harimau (Panthera tigris) menyukai air dan merupakan perenang yang handal.
  • Air liur harimau berfungsi sebagai antiseptik yang membantu mengobati lukanya
  • Di Malaysia harimau dipanggil “Pak Belang” atau “Datuk Harimau”, di Vietnam dijuluki “chua son lam” (terkuat dari penghuni gunung lainnya). Di India dan Bangladesh dipanggil “Royal Bengal Tiger”.
  • Dalam mitologi India harimau merupakan tunggangan Dewa Durga, saudara manusia, dan perwujudan ibu pertiwi. Sedang dalam kebudayaan china dianggap tunggangan Dewa Cai Shen.
  • Keenam subspesies harimau terdaftar dalam CITES Appendix I yang artinya dilarang diperdagangkan secara komersial. Harima China Selatan dan Harimau Sumatera dalam daftar IUCN Red List dikategorikan Critically Endangered (Sangat Terancam Punah / Kritis) sedang 4 subspesies lainnya dikategorikan Endangered (Terancam Punah).
  • Beberapa negara menggunakan harimau sebgai simbol atau hewan nasional. Negara-negara itu adalah Malaysia, Banglades (Harimau bengal), India (Harimau bengal), Nepal (Harimau bengal), Korea Utara (Harimau siberia), Korea Selatan, China (bersama naga, dan panda; simbol tidak resmi).

Itulah 15 fakta tentang harimau yang patut kita ketahui.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang satwa dan lingkungan hidup lainnya:

About these ads

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di satwa dan tag , , , , . Tandai permalink.

25 Balasan ke Fakta tentang Harimau (Panthera tigris)

  1. arif berkata:

    selamat berpuasa di hari ke 29 ramadhan 1432 H dan met lebaran besok kang alam, maap OOT kang. klo masalah harimau,saya cuma bisa berharap pelestariannya benar2 dilakukan supaya tak punah..amin!

  2. takut sih sama harimau, tapi mereka harus di beri perhatian yang layak juga. menyedihkan kalo mengingat, semakin hari teman teman mereka semakin menghilang.. gak ada bedanya sama manusia.

    salam

  3. Ping-balik: Perbedaan Rusa dan Kijang | Alamendah's Blog

  4. Harimau memang hewan langka yang memiliki keunikan yang sangat istimewa. Selain ditakuti karena keganasannya di alam liar, harimau juga sangat dihormati karena dipercaya memiliki kekuatan gaib oleh masyarakat di beberapa tempat di Indonesia. Itulah sebabnya hingga hari ini sebagian orang di Sumatra Barat menyebut harimau “inyiak” (artinya kakek, eyang atau embah). Sedangkan warga sekitar kawasan TN Ujungkulon menyebut harimau dan macan tutul dengan sebutan serupa tapi tak sama: bapa kolot, abah kolot atau wangatua (yang artinya kakek atau leluhur). Sejak dulu masyarakat sekitar Ujungkulon mempercayai mitos-mitos yang berkaitan dengan keberadaan Harimau (siluman) penjelmaan dari balatentara Prabu Siliwangi.

  5. RICARD BREW KELEY berkata:

    heeuuuaah…!abis bca ini ngantuuukk…!comennya besok aja.

  6. Tiger's berkata:

    temanku bilang harimau itu jahat tetapi aku selalu mendengar banyak yang sedih kalau harimau itu punah. Lagipula sebenarnya harimau gx ada bedanya sama aq sukanya makan daging dari pada sayur sama buah

  7. Ping-balik: Kucing Emas Kucing Misterius Sarat Mitos | Alamendah's Blog

  8. rizqiah tafta berkata:

    selain sedikit ganas,tapi harimau memiliki kehebatan yang sangat istimewa

  9. Faradiba Achmadi berkata:

    Bulan lalu saya melihat berita di TVRI tentang populasi Harimau Sumatera, kabarnya di TNKS tinggal 165 ekor, republika juga menulis tentang itu:
    ht**://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/04/26/mlvcl8-populasi-harimau-di-tnks-165-ekor

  10. Ping-balik: 10 Fakta Unik Trenggiling (Pangilon) | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s