Obyek Wisata Alam di Brebes Selatan

Obyek wisata alam di Kabupaten Brebes bagian Selatan sebenarnya tidak sedikit. Banyak obyek-obyek yang mempunyai potensi sebagai wisata alam yang layak dikunjungi. Berikut ulasan sobat Mabruri Bn Nasrudin seorang blogger asli Brebes, Jawa Tengah.

Brebes adalah sebuah kabupaten di propinsi Jawa Tengah. Mungkin nama Brebes sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena Brebes identik dengan bawang merah dan telor asinnya. Namun, selain itu ternyata Brebes pun memiliki banyak potensi wisata alam yang layak untuk dikunjungi. Wilayah Brebes yang membentang dari Utara hingga Selatan menawarkan berbagai keindahan alam untuk bisa kita nikmati.

Khusus untuk Brebes bagian Selatan, potensi alam yang dimiliki sangat bagus sehingga dapat dijadikan suatu sarana objek wisata alam. Namun karena kurangnya perhatian pemerintah setempat maupun masyarakat, pengembangan potensi obyek wisata alam itu banyak yang kurang optimal.

Beberapa potensi objek wisata alam yang terdapat di Brebes bagian Selatan antara lain Waduk Penjalin dan Wisata Agro Kebon Teh Kaligua di kecamatan Paguyangan, serta Curug Puteri yang berada di kecamatan Sirampog.

Waduk Penjalin. Objek Wisata Waduk Penjalin adalah sebuah bendungan yang dibangun tahun 1930 semasa penjajahan Belanda bersamaan dengan Waduk Malahayu di Brebes Bagian Utara. Waduk ini memiliki luas 1,25 m2 dan isi 9,5 Juta m3.

Waduk Penjalin Brebes

Waduk Penjalin, potensi wisata alam di Brebes Selatan

Warga sekitar memanfaatkan kekayaan alam sekitar waduk sebagai tempat mencari nafkah, antara lain mencari ikan, memelihara keramba apung, dan pada saat Lebaran warga menyewakan perahu untuk rekreasi air keliling waduk. Sekarang, waduk itu banyak dimanfaatkan warga kota untuk berlibur dan bersantai.

Agrowisata Kebon Teh Kaligua. Agrowisata Kebon Teh Kaligua telah dikelola dengan bagus. Berbagai sarana pendukung juga sudah banyak dibangun untuk melengkapi wisata alam ini, diantaranya ada outbond dan bumi perkemahan. Perkebunan Teh Kaligua dikelola oleh PT. Perkebunan Nasional IX (Persero). Hasil pengolahan Teh ini adalah berupa Teh Hitam Kaligua yang sudah terkenal sampai ke kawasan Eropa sana.

Agrowisata Kaligua

Hamparan kebun teh di agrowisata Kaligua

Ketika berada di Perkebunan Teh Kaligua, selain dapat menikmati indahnya hamparan perkebunan teh, kita juga bisa menikmati puncak Gunung Slamet dan juga Gua Jepang. Dan sebelum sampai pada perkebunan, di situ kita bisa menikmati sebuah telaga yang berisi ribuan ikan lele yang disebut Telaga Ranjeng. Lele di telaga ini jinak dan tidak boleh diambil untuk dibawa pulang.

Seiring dengan meningkatnya wisatawan yang berkunjung ke objek wisata alam ini, pihak pengelola telah menawarkan berbagai macam paket wisata yang dapat dinikmati oleh para wisatawan. Paket wisata di Kebon Teh Kaligua antara lain:

  • Wisata Edukasi atau ilmiah; Meliputi: perkebunan teh, budidaya, persiapan benih, pemeliharaan, panen, pengolahan pabrik, dan produk siap seduh. Umumnya para pelajar dan mahasiswa sering berkunjung ke Pabrik untuk melihat langsung budidaya teh dan proses pengolahan teh.
  • Wisata Rekreasi Keluarga (Family Gathering) dengan dilengkapi taman bermain anak dan kolam renang air hangat untuk anak-anak. Umumnya pada hari libur nasional dan hari minggu banyak yang berkunjung ke kebun teh dan Danau Renjeng.
  • Wisata Petualangan; Yang meliputi permainan dan outbond serta sebagai pos awal pendakian Gunung Slamet. Setiap musim liburan sekolah banyak para siswa yang mengadakan kegiatan kemah, sekaligus outbound. Di samping itu karyawan perusahaan swasta di wilayah Brebes, Tegal, Cirebon, dan Purwokerto juga sering mengadakan corporate gathering. Perusahaan swasta besar dari Jakarta juga pernah mengadakan pertemuan di Kebun Teh Kaligua.
  • Wisata Historis atau Budaya.
  • Wisata Bisnis; MICE (Meeting, Conference, Incentif, Exhibition)
  • Wisata Kebun; Di Agrowisata Kaligua tersedia kebun stroberi, kubis, kentang, hingga tanaman hias.
  • Wisata Olahraga; Agrowisata Kaligua juga dilengkapi dengan sarana olah raga tennis, sepak bola, bola voli, dan billyard.

Curug Puteri. Satu lagi potensi objek wisata alam di daerah Brebes bagian Selatan adalah Curug Puteri yang berada di kecamatan Sirampog, yang berbatasan dengan kecamatan Paguyangan. Curug Puteri sangat potensial untuk dijadikan objek wisata, karena sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Pesona alam di sekitar Curug Putri yang indah dan natural sangat cocok untuk melepas kepenatan setelah sibuk dengan urusan sehari hari.

Curug Putri Brebes

Curug Putri di Sirampog Brebes nan asri

Sayangnya potensi ini belum dilirik oleh pemerintah daerah kabupaten Brebes. Sehingga keadaan Curug Putri masih apa adanya dan alami sekali. Perlahan tapi pasti, kini mulai dilirik oleh investor yang ada, dan keberadaannya pun sekarang sudah dipoles menjadi sedemikian rupa, sehingga suatu saat nanti kalau sudah siap, Curug Putri akan menjadi wahana objek wisata alam unggulan di Sirampog. Terbukti sekarang sudah mulai dibangun kolam renang di sekitar curug tersebut, mungkin saja nanti masih banyak yang lain lagi yang akan dibangun untuk menghiasi Curug Putri.

Selain Curug Putri di Sirampog pun mempunyai lokasi-lokasi lain yang cocok dikembangkan menjadi objek wisata alam. Obyek wisata itu antara lain: Curug Awu, Sumur Penganten, Tuk Suci, Mata Air Kaligiri, dan Sumber Air Panas. Sumber Air Panas di kawasan hutan Pinus yang seandainya saja dilirik oleh pemerintah untuk dikelola, kemungkinan bisa menjadi objek wisata yang sama bagusnya dengan objek wisata air panas Guci di Kabupaten Tegal. Kita doakan, mudah-mudahan Curug Putri dan obyek lainnya bisa menjadi kawasan yang menarik wisatawan dari luar daerah, sehingga akan membawa manfaat bagi penduduk sekitar dan Brebes itu sendiri.

_ _ _ _ _

Tulisan tentang Obyek Wisata Alam di Brebes Selatan ini karya “Mabruri Bn Nasrudin” pemilik blog “mabrurisirampog.wordpress.com“. Jika Sobat ingin menulis di Alamendah’s Blog baca ketentuannya di halaman Penulis Tamu.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang wisata dan alam Indonesia lainnya:

Tentang iklan-iklan ini

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di penulis tamu, wisata dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

47 Balasan ke Obyek Wisata Alam di Brebes Selatan

  1. Mas Jier berkata:

    Banyak sekali ya objek wisata yang bisa dikunjungi? Alamnya juga masih asri dan alami. Semoga dengan ini akan makin banyak wisatawan yang datang ke sana. Amien

  2. aming berkata:

    Wah…baru tau neh mas brebes α∂a̲̅ tempat ♈ǝлƍ indah,♈ǝлƍ saya tau cuma telor asin Иўª aja….

  3. Waaaw, lebih lengkap ya. Aq asli tegal, tapi belum pernah main ke brebes. hiks.. T_T
    Kalo paguyangan, ada temen yang asli sana, pernah cerita tentang kebun teh, cuma daerahnya agak susah dijangkau transportasi darat, kayaknya musti pake truk atau apa gt (aq lupa).
    Kalo curug baru denger. Ada juga perkebunan teh di kabupaten batang, disana adem banget… sekali2 direview ya, mas. hehe.. sekalian sama foto2nya.mupeenggg punya kebun teh (obsesiku itu) :D

  4. abifasya berkata:

    Assalamu ‘alaikum
    Pa kabar mas alam ?, dah lama gak mampir neh kangen juga ya.
    ============================================================
    Info ttg tempat wisatanya assoy juga neh …. kapan2 kalao ke brebes … mampir kali ya ?

  5. agussupri berkata:

    Semoga terwujud dan lestari objek wisata yang dimiliki Brebes selatan

  6. amirul berkata:

    mungkin mas alamendah laen waktu bisa erkunjung ke jepara, disini ada air terjun yang indah juga namanya air terjn songgo langit. ada juga benteng portugis. nanti kalo mas alamendah mau ta ajak jalan” keliling jepara. hihi :)

  7. Agung Rangga berkata:

    aih, curugnya bagus sekali~ :oops:

  8. susisetya berkata:

    sebenarnya kalau digali dan dikelola dengan serius, banyak sekali tempat wisata alam yang ada di Indonesia ini yach…

  9. Danu Akbar berkata:

    Objek wisata di kota ku blm pernah kena giliran nih :p

  10. ejawantahblog berkata:

    Sangat indah dan kaya negeri Indonesia ini dengan objek pariwisatanya. Seandainya dalam penyajiannya dapat disertakan arahan menuju tampat kesana mungkin dapat lebih memudahkan para wisatawan dapat hadir kesana ya Mas.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  11. Dhenok berkata:

    brebes itu ngapak bukan sih mas?? hehe (mendadak pensaran soalnya).. :D

    curug puterinya mempesona, kapaaaan yaa bisa kesana..

  12. bangauputih berkata:

    wow, pemandangannya indah dan menyegarkan mata. pengen banget berada di kebun teh ama di bawah air terjun itu, :D

  13. Mabruri Sirampog berkata:

    Trimakasih bang alamendah atas dimuatnya artikel ini.
    Sedikit ada revisi bang, dan murni kesalahan dari saya sendiri karena salah ketik. Hehehe
    Untuk luas waduk penjalin itu sebenarnya 1,25 Km2, bukan 1,25 m2… Hurufnya K-nya ketinggalan. Terimakasih, harap maklum…

  14. giewahyudi berkata:

    Wah Mas Ali sama Mas Mabruri berkolaborasi, keren..

  15. HALAMAN PUTIH berkata:

    Air terjunnya indah sekali, dan sejuk menyegarkan

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s