Nama Tumbuhan Pada Kelurahan di Jakarta Selatan

Nama tumbuhan pada kelurahan di Jakarta Selatan ini melanjutkan artikel Alamendah sebelumnya tentang nama-nama tumbuhan yang menjadi asal usul (toponimi) nama kelurahan di Jakarta Barat dan nama kelurahan di Jakarta Pusat.

Seperti halnya di Kota Admistratif di DKI Jakarta lainnya, Kotif Jakarta Selatan memiliki banyak nama kelurahan yang berasal dari nama tumbuhan. Kota Admistratif Jakarta Selatan sendiri terdiri atas 64 kelurahan yang terkelompokkan dalam 10 kecamatan.

Berikut adalah toponim kelurahan-kelurahan di Jakarta Selatan yang berasal dari nama tumbuhan.

  • Cipete Selatan, Cilandak. Kata Cipete berasal dari kata Ci yang berarti air atau sungai dan Pete yang dalam bahasa Indonesia disebut Petai. Petai yang mempunyai nama latin Parkia speciosa merupakan pohon dari suku polong-polongan (Fabaceae) yang bijinya sering dikonsumsi sebagai lalapan.
  • Gandaria Selatan, Cilandak. Gandaria adalah nama pohon dan buah yang mempunyai nama latin (ilmiah) Bouea macrophylla. Gandaria juga merupakan flora identitasprovinsi Jawa Barat.

    Buah gandaria

    Buah gandaria

  • Pondok Labu, Cilandak. Labu adalah tumbuhan merambat dari genus Cucurbita. Dari 20-an spesies labu diseluruh dunia, Indonesia memiliki beberapa spesies labu seperti Cucurbita maxima (labu manis), Cucurbita ficifolia, Cucurbita mixta, Cucurbita moschata (labu kuning atau labu merah), dan Cucurbita pepo (labu manis).
  • Srengseng Sawah, Jagakarsa. Srengseng adalah nama salah satu jenis pandan yang bernama latin Pandanus caricosus.
  • Cipete Utara, Kebayoran Baru. Baca Cipete Selatan, Cilandak.
  • Kebayoran Lama Utara, Kebayoran Lama. Kebayoran dimungkinkan dari kata ‘bayur’. Bayur, disebut juga bayor atau wadang adalah sejenis pohon bernama latin Pterospermum javanicum. Pohon bayur merupakan penghasil kayu pertukangan berkualitas baik.
  • Kebayoran Lama Selatan, Kebayoran Lama. Baca kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kebayoran Lama.
  • Pondok Pinang, Kebayoran Lama. Pinang merupakan nama sekumpulan tanaman dari famili Arecaceae (palem-peleman). Pinang disebut juga sebagai Palem.
  • Bangka, Mampang Prapatan. Memang toponimi kelurahan Bangka dimungkinkan dari nama pulau Bangka. Namun toponimi pulau Bangka sendiri salah satu versinya berasal dari nama pohon bangka. Pohon bangka adalah nama lain dari tumbuhan bakau dari genus Rhizophora dan Bruguiera.
  • Rawa Jati, Pancoran. Rawa Jati berasal dari kata Rawa dan Jati. Jati merupakan tanaman tanaman penghasil kayu berkualitas tinggi yang mempunyai nama latin Tectona grandis.
  • Duren Tiga, Pancoran. Duren merupakan nama lain dari durian yang merupakan tanaman penghasil buah yang mempunyai nama latin Durio zibethinus.
  • Jati Padang, Pasar Minggu. Jati Padang berasal dari kata Jati (Tectona grandis) dan Padang. Lihat Rawa Jati, Pancoran.
  • Bintaro, Pesanggrahan. Bintaro adalah nama tumbuhan yang kini sering dipakai sebagai pohon penghijauan. Bintaro yang memiliki nama ilmiah Cerbera manghas, sering disebut juga sebagai mangga laut, buta badak, babuto, dan kayu gurita.
  • Karet, Setiabudi. Karet merupakan tumbuhan dengan nama latin Hevea braziliensis. Pohon yang berasal dari Brazil namun sudah dikembangkan diberbagai negara termasuk Indonesia ini dimanfaatkan getahnya sebagai bahan baku karet alami.
  • Karet Semanggi, Setiabudi. Kelurahan Karet Semanggi berasal dari kata ‘karet’ dan ‘semanggi’. Kedua-duanya merupakan nama tumbuhan. Karet (Hevea braziliensis), baca Karet, Setiabudi. Sedangkan semanggi nama berbagai jenis tumbuhan paku air dari genus Marsileayang umumnya tumbuh di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Daun tumbuhan semanggi sering dipakai untuk bahan pecel semanggi.

    semanggi

    Tumbuhan Semanggi

  • Karet Kuningan, Setiabudi. Baca Karet, Setiabudi.
  • Pasar Manggis, Setiabudi. Manggis adalah nama tumbuhan penghasil buah dengan nama yang sama. Tanaman yang mempunyai nama latin Garcinia mangostana ini dipercaya merupakan tumbuhan asli Indonesia.
  • Menteng Atas, Setiabudi. Menteng yang dalam bahasa latin disebut Baccaurea racemosa merupakan penghasil buah. Buah menteng atau kepundung menyerupai buah duku dengan rasa masam-masam (kecut), manis. Tanaman ini berkerabat dekat dengan Lempaung atau Kalampesu.
  • Menteng Dalam, Tebet. Baca Kelurahan Menteng Atas.

Itulah ke-19 Kelurahan di Jakarta Selatan yang asal-usul namanya (toponimi) berasal dari nama tumbuhan. Atau paling tidak, nama kelurahan tersebut mengandung nama tumbuhan.

Referensi dan gambar:

  • id.wikipedia.org/wiki/Jakarta_Selatan
  • artikel terdahulu di Alamendah’s Blog
  • commons.wikimedia.org/wiki/File:Marsilea_azorica_(Habitus).jpg (gambar)

Baca artikel tentang tumbuhan Indonesia dan alam lainnya:

About these ads

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , , , , . Tandai permalink.

38 Balasan ke Nama Tumbuhan Pada Kelurahan di Jakarta Selatan

  1. Bev Stewardson berkata:

    Saya meminta maaf atas kesalahan dalam komentar saya, mungkin itu harus terkait dengan terjemahan! Saya harap Anda masih dapat memahami isi
    bev

  2. Bev Stewardson berkata:

    Oops, finger trouble! I hope that someone who follows this blog will be able to help me. I have a bad worm infestation in my Pohon Bayur. I understand from the people in my village that it is a common problem, but nobody knows of a treatment. Does anyone know how to treat this and should the tree be cut back to live growth? Thks Bev

  3. Ping-balik: Daftar Tumbuhan Dilindungi di Indonesia | Catatan Singkat | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s