Terima Kasih LIPI Berkenan Meng-Copas Artikel Saya

Terima kasih kepada LIPI yang telah berkenan meng-copy paste artikel saya. Bukan terima kasih yang basa-basi. Meskipun biasanya banyak blogger yang merasa kurang nyaman ketika tulisannya di copy paste, tapi dalam kasus ini, saya perlu mengucapkan terima kasih pada LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) yang telah me-republish tulisan saya.

Ini secara tidak sengaja saya ketahui ketika mengetikkan keyword “spesies tanaman prioritas konservasi LIPI” di mesin pencari google. Ternyata tulisan saya (di nomor satu pencarian) di dampingi judul yang serupa milik http://www.lipi.go.id, website Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Alamendah dan lipi copy

Setelah saya buka, kecurigaan saya terjawab; ternyata artikel saya dimuat ulang di website tersebut. Meskipun tidak memberikan link back tapi dengan menuliskan “Blog Alamendah, 28 September 2010″ di bagian akhir tulisannya membuat saya bersyukur. Jika tidak, kejadian saat seorang teman saya menganggap saya mengcopy paste artikel orang lain bisa terulang.

Kenapa saya musti berterima kasih? http://www.lipi.go.id adalah sebuah website besar milik sebuah lembaga besar yang dihuni oleh peneliti-peneliti besar di Indonesia. Seakan tidak percaya ketika artikel yang ditulis seorang penulis blog sederhana seperti saya di republish di sana. Yang membanggakan mereka menuliskan kalimat “Blog Alamendah, 28 September 2010″ di bagian akhir tulisannya.

Selain itu, artikel tersebut membahas tentang press realese LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) terkait hasil kegiatan Workshop Penetapan Spesies Prioritas Konservasi yang diselenggarakan LIPI. Banyak media massa online semisal http://www.antaranews.com, kompas.com, wartabaru.com, http://www.liputanindonesia.com yang memberitakan press realese tersebut. Dan ternyata LIPI lebih memilih Alamendah’s Blog.

Berkaitan dengan copy paste, sebagaimana saya cantumkan di bagian bawah side bar, semua artikel Alamendah’s Blog bebas untuk dikopi paste, ditulis ulang dan disebarluaskan untuk tujuan nonkomersial, selama tetap mencantumkan Alamendah’s Blog sebagai sumber penulisan. Syukur jika bersedia memberikan link balik.

Biar tidak penasaran, sobat silahkan membandingkan kedua artikel tersebut. Bandingkan artikel “tanaman prioritas konservasi” di blog Alamendah dengan tulisan serupa di website LIPI ini.

Baca artikel tentang blog dan alam lainnya:

About these ads

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di blog dan tag , , , , . Tandai permalink.

83 Balasan ke Terima Kasih LIPI Berkenan Meng-Copas Artikel Saya

  1. Republican Wasp berkata:

    Selamat, mas. Emang sebaiknya kalau ada yg seperti ini anda pajang juga di blog biar gak ada kasus kayak dulu lagi. Tulisan orisinal anda dikira sebagai hasil copas :)

  2. Ping-balik: Maaf, Alamendah Sedang Sibuk Sekali | Alamendah's Blog

  3. oenoen berkata:

    boz alamendah memang TOP dah :D, pas aku nyari-nyari artikel LIPI malah dapet kesini

  4. Ping-balik: Berapa Jumlah Pulau di Indonesia? | Alamendah's Blog

  5. Ping-balik: Jumlah Spesies Tumbuhan (Flora) di Indonesia | Alamendah's Blog

  6. Ping-balik: Banyu Mili Alat Pemurni Air Tenaga Surya | Alamendah's Blog

  7. Ping-balik: Bagi-bagi Pengunjung ke Blog Sahabat Alamendah | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s