Taman Laut Terindah di Indonesia

Taman Laut terindah di Indonesia yang mana?. Sulit untuk menilai mana yang terindah. Lantaran Indonesia memiliki banyak Taman Laut yang tersebar di berbagai perairan Indonesia. Dan hebatnya, semua Taman Laut itu indah dan telah menjadi lokasi favorit untuk menyelam (diving) di tingkat dunia.

Taman Laut sendiri adalah sebutan tidak resmi untuk menyatakan daerah perairan yang memiliki keindahan dan kekayaan hayati bawah laut yang berada di dalam kawasan konservasi seperti Taman Nasional, Cagar Alam, ataupun Suaka Margasatwa. Di Indonesia tidak dikenal istilah Taman Laut. Yang dikenal biasanya adalah Taman Nasional Laut dan Cagar Alam Laut.

Terlepas dari nama yang diberikan, yang pasti Indonesia telah dianugerahi berbagai kawasan perairan yang indah. Dan tulisan kali ini bukan bermaksud memberikan peringkat mana Taman Laut yang paling indah dan yang kurang indah. Anggap saja daftar ini sebagai contoh Taman Laut terindah di Indonesia.

  • Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Taman Laut Bunaken merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman Laut Bunaken terletak teluk Manado, Sulawesi Utara, memiliki area seluas 75.265 dengan 390 spesies terumbu karang yang berada di sekitar pulau Bunaken, pulau Manado Tua, pulau Siladen, pulau Mantehage, dan pulau Naen.

Taman Laut Bunaken layak disebut sebagai taman laut terindah di dunia lantaran keanekaragaman biota laut mulai terumbu karang, ikan duyung, lumba, ikan purba choelacanth dan berbagai jenis ikan hias lainnya. Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter.

  • Taman Laut Raja Ampat, Papua Barat

Taman Laut Raja Ampat merupakan bagian dari Suaka Margasatwa Kepulauan Raja Ampat yang terletak di Papua Barat. Lokasi seluas 60.000 ha dan merupakan taman laut terbesar di Indonesia ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Raja Ampat adalah kawasan dengan keanekaragaman hayati bawah laut terkaya di dunia. Saat ini saja telah teridentifikasi 537 spesies terumbu karang (75 % dari total spesies terumbu karang di dunia), lebih dari seribu spesies ikan karang dan 700 jenis moluska. Taman Laut

  • Taman Laut Selat Pantar, Nusa Tenggara Timur

Taman laut Selat Pantar, Nusa Tenggara Timur yang meliputi perairan pulau Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, pulau Buaya, Kepa, Ternate, Pantar, dan Pura pun jadi Taman laut terindah di Indonesia. Tercatat, ada 26 titik diving yang memesona meliputi Half Moon Bay, Peter’s Prize, Crocodile Rook, Cave Point, The Edge, Coral Clitts, Baeylon, The Arch, Fallt Line, The Pacth, Nite Delht, Kal’s Dream, The Ball, Trip Top, The Mlai Hall, No Man’s Land, The Chatedral, School’s Ut, dan Shark Close.

  • Taman Laut Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman Laut Wakatobi merupakan bagian dari Taman Nasional Kepulauan Wakotobi yang meliputi pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko dan terletak antara Laut Banda dan Laut Flores. Di sini terdapat 30 lokasi penyelaman (diving) yang menyajikan Pemandangan alam bawah laut Wakatobi dengan terumbu karangnya sangat menakjubkan.

  • Taman Laut Derawan, Kalimantan Timur

Taman Laut Kepulauan Derawan berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Selain pulau Derawan di kawasan ini juga terdapat pulau Maratua, Sangalaki, Pajang, dan Kakaban. Keindahan bawah laut taman ini bisa dilihat dari keanekaragam jumlah spesies karang yang mencapai 470 jenis. Selain menikmati terumbu karang, di sini juga dapat menikmati padang lamun, hutan bakau, dan aneka satwa air seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, dan ikan barakuda

  • Taman Laut Pulau Menjangan, Bali

Perairan pulau Menjangan layak dianggap sebagai Taman Laut Terindah. Pulau yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat ini memiliki perairan berair jernih dengan jarak pandang mencapai 20-an meter. Beberapa lokasi diving di sini antara lain Pos Pertama, Pos Kedua, Cave Point, Bat Caves, Tenple Slopes, Anker Wreck, dan Garden Eeel.

  • Taman Laut Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Taman Laut Kepulauan Togean merupakan bagian dari Taman Nasional Kepulauan Togean yang terletak di teluk Tomini Sulawesi Tengah. Di sini diperkirakan mempunyai terumbu karang seluas 132.000 ha yang terdiri atas sekitar 262 jenis dan menjadi habitat bagi sekitar 596 jenis ikan, 555 jenis moluska, beberapa satwa langka seperti kima raksasa, penyu hijau, penyu sisik, dan paus pilot.

  • Taman Laut Takabonerate, Sulawesi Selatan

Taman Laut Takabonerate termasuk dalam Taman Nasional Takabonerate, Sulawesi Selatan. Laut Takabonerate dipercaya sebagai kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein (Kepulauan Marshall) dan Suvadiva (Kepulauan Maladewa). Luas total dari atol ini 220.000 hektar dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km² dengan 261 jenis terumbu karang.

Selain itu masih terdapat berbagai taman laut lainnya yang keindahan dan pesona lautnya tidak perlu disangsikan seperti Taman Laut Banda (Maluku Tengah) Taman Laut Kungkungan (Sulawesi Utara), Taman Laut Teluk Jailolo (Maluku Utara), Taman Laut Pulau Weh (Aceh), Taman Laut Kepulauan Karimunjawa (Jawa Tengah) dan lain sebagainya.

Kesemuanya merupakan taman-taman laut terindah di dunia. Tidak percaya?, silahkan buktikan sendiri!

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang laut dan alam lainnya:

About these ads

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

60 Balasan ke Taman Laut Terindah di Indonesia

  1. arienta berkata:

    ada juga tuh di lampung pasir putih ya kalo ga salah…

    • Iya, dgr2 c pasir putih…
      cuma yang saya baca di berita (lupa berita apa namanya)
      sekarang agak2 kotor karena kurang diurus..semoga
      dengan adanya Lampung Fair, pemerintah bisa lebih
      memperhatikan daerah2 parwisatanya y, klo byk turis dtg
      mau gak mau kan memperhatikan…kalo gak mah malu atuh

  2. agung berkata:

    Ada yang belum terekspos juga dan belum banyak dikunjungi di Torosiaje, Gorontalo

  3. Ping balik: Keanekaragaman Hayati Laut Tema IDB 2012 | Alamendah's Blog

  4. La Ode Amir Jaya berkata:

    Yang pertama Taman Laut Bunaken Ya. Btw saya blm pernah ke Bunaken walaupun pernah tinggal di Tondano hampir 10 tahun (Tondano 37 km dari Manado)

  5. Ping balik: Pulau Run, Maluku Tengah, Pernah Ditukar dengan Manhattan | Alamendah's Blog

  6. dedehelen berkata:

    di bnangka belitung bnyk tu ….

  7. Ping balik: AppliFish Aplikasi Mobile Ikan Laut | Alamendah's Blog

  8. Ping balik: Kondisi Terumbu Karang di Indonesia | Alamendah's Blog

  9. kadek berkata:

    menjangan bali bagus koq….kadek 085238839596

  10. Ping balik: Jenis dan Manfaat Rumput Laut di Indonesia | Alamendah's Blog

  11. Felix Vinsen berkata:

    Bagus (y)

  12. Ping balik: Daftar Nama Laut di Indonesia | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s