Kecubung Punya Khasiat Obat Bisa Jadi Racun

Kecubung mempunyai khasiat obat sekaligus bisa menjadi racun. Kecubung bisa tumbuh liar di hutan namun bisa juga menjadi tanaman hias di pekarangan. Kecubung juga bisa juga menjadi kontes menulis cerita fiksi bersambung di BlogCamp dengan title Kecubung Tiga Warna.

Kecubung merupakan tanaman berbunga layaknya terompet. Sedikitnya ada sembilan jenis tanaman yang biasa disebut Kecubung diantaranya adalah Kecubung Kasihan (Datura metel), Kecubung Kecil (Datura stramonium), dan Kecubung Hutan (Brugmansia suaveolens). Namun yang paling umum dikenal sebagai Kecubung di Indonesia adalah Datura metel.

Kecubung di beberapa daerah di Indonesia dikenal sebagai Kecubung, Kacubung, Cubung (Jawa dan Sunda), Kacobhung, Cobhung (Madura), Bembe (Bima), Bulutube (Gorontalo), Taruapalo (Seram), Tampong-tampong (Bugis), Kucubu (Halmahera, Ternate), Padura (Tidore), Karontungan, Tahuntungan (Minahasa), Babotek (Timor). Di Sumatera juga dikenal sebagai Toru Mabo, Kucubu, atau Kecubueng. Sedangkan nama tumbuhan ini dalam bahasa Inggris adalah Angel’s Trumpet, Devil’s Trumpet, atau Metel. Dan dalam bahasa latin (ilmiah) disebut Datura metel.

Bunga Kecubung

Bunga Kecubung

Diskripsi dan Ciri Kecubung. Kecubung (Daura Metel) merupakan tumbuhan perdu yang berbatang kayu dan tebal. Tumbuhan ini memiliki banyak cabang yang mengembang ke kanan dan ke kiri. Tinggi tumbuhan Kecubung umumnya kurang dari 2 meter.

Daun Kecubung (Angel’s Trumpet) berwarna hijau, berbentuk bulat telur dan pada bagian tepiannya berlekuk-lekuk tajam dan letaknya berhadap-hadapan. Bagian ujung daun meruncing dengan pertulangan menyirip.

Bunga Kecubung menyerupai terompet dengan warna putih atau lembayung. Namun pada Kecubung hias bisa mempunyai warna bunga yang beraneka ragam. Mahkota bunga berwarna ungu. Panjang bunga sekitar 12-18 cm. Bunga Kecubung biasanya mulai mekar pada sore hari menjelang malam.

Buah Kecubung bulat dengan salah satu ujungnya bertangkai pendek dan melekat kuat berukuran diameter 4-5 cm. Pada bagian luar buah kecubung, dihiasi duri-duri sedangkan bagian dalamnya berisi biji-biji kecil berwarna kuning kecoklatan. Buah Kecubung berwarna hijau. Biji Kecubung berwarna kuning kecoklatan dan berbentuk gepeng.

Kecubung biasa hidup di daerah dataran rendah sampai ketinggian tanah 800 meter di atas permukaan laut. Selain tumbuh liar di hutan dan ladang, kecubung juga sering ditanam di kebun atau ditanam sebagai tumbuhan hias di pekarangan. Perbanyakan tanaman ini melalui biji ataupun stek.

Buah Kecubung

Buah Kecubung

Manfaat dan Racun Kecubung. Kecubung, terutama jenis Datura metel, mengandung beberapa senyawa kimia, diantaranya : hiosin, co-oksalat, zat lemak, atropin (hyosiamin) dan skopolamin. Kandungan ini membuat Kecubung dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit seperti asma, reumatik, sakit pinggang, pegel linu, bisul maupun eksim, sakit gigi, ketombe, hingga nyeri haid. Bagian yang paling sering dipakai sebagai obat herbal adalah daun kecubung.

Namun kecubung juga mengandung racun berupa zat alkaloid yang mempunyai efek halusinogen terutama pada bagian bijinya. Dalam beberapa kasus ditemukan penggunaan racun biji Kecubung untuk melakukan bunuh diri.

Pantas saja jika Kecubung yang mempunyai bunga layaknya terompet ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai Angel’s Trumpet sekaligus Devil’s Trumpet. Karena khasiat yang dipunyainya bisa menjadikan Kecubung layaknya ‘Malaikat Penolong’ namun jika disalahgunakan, racun yang dipunyainya bisa pula menjadi ‘Iblis Pembunuh’.

Klasifkasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Filum: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Solanales; Famili: Solanaceae; Genus: Datura; Spesies: Datura metel

Terima kasih buat Mbak Mariatul Kibtiah (Kaka Akin) yang telah menyarankan penulisan artikel tentang bunga Kecubung ini via facebook.

Referensi dan gambar:

  • en.wikipedia.org/wiki/Datura
  • commons.wikimedia.org/wiki/Category:Datura_metel (gambar)

Baca artikel tentang tumbuhan dan alam lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

73 Balasan ke Kecubung Punya Khasiat Obat Bisa Jadi Racun

  1. Hafid Junaidi berkata:

    Buahnya koq kayak pace mas?

  2. situsonline berkata:

    Kecubung kata orang tua dulu,cocok x buat perayu cewe,aku ga percaya.!

  3. maria berkata:

    memang kecubung memabukkan , kata yang sudah pernah memakannya.

  4. Bang ngangan.com berkata:

    Emang perempuan punya perahu ya,Mas.
    Bau tahu;dddd
    Setahu saya, kalau dikampung,kecubung itu bisa juga digunakan untuk menahan rasa sakit gigi.Ntah benar atau tidak, tapi begitulah yang dipercaya oleh masyarakat dikampung saya.

  5. cerita dewasa berkata:

    mampir malam ja mas alam..

  6. ardiawati170483 berkata:

    mbak “mariatul kibtiyah” orang kaliwungu ya??

  7. narkoba cicit soeharto berkata:

    Saya pernah dikerjai oleh teman kerja, dikasih rokok yang di campur daunnya kecubung…yang terjadi pusing berhari-hari! Untung tidak terjadi yang lebih parah!

  8. kopral cepot berkata:

    daun kecubung obat herbal
    silaturahmi nyambung moga tetep kekal

    Salam mas alam … moga sehat slalu ;)

  9. bintangtimur berkata:

    Trima kasih juga buat informasinya, mas Alam… :)

  10. vanjava berkata:

    hmmm ternyata kecubung punya khasiat yang bermanfaat juga ya mas…..
    makasih sdh berbagi informasi……

    salam

  11. kerupuk udang berkata:

    Wah, harus benar2 tau bagian mana yang diambil!

  12. Sepeda MTB berkata:

    Terima kasih infonya!

  13. wahyu berkata:

    maaf saya mau tanya kira2 bisa dapat biji kecubung dimana tahu atau tidak??
    Cara menumbuhkannya bagaimana?mohon dikasih tau ya

  14. Ping balik: Bunga Ashar Kembang Pukul Empat | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s