Pulusan, Babi Batang, Hog Badger, atau Arctonyx collaris

Pulusan, Babi Batang, Hog Badger, atau Arctonyx collaris, keempat nama itu pasti terasa asing. Padahal itu adalah nama spesies hewan langka dan dilindungi. Binatang ini di Indonesia dinamai Pulusan atau Babi Batang. Sedang di Inggris dikenal sebagai Hog Badger. Dan dalam bahasa latin disebut Arctonyx collaris.

Namun meskipun termasuk hewan yang dilindungi di Indonesia, sejujurnya saya dan sebagian orang Indonesia lainnya pasti merasa asing dengan nama Pulusan, Babi Batang, Hog Badger atau Arctonyx collaris. Apalagi wujudnya.

Saya coba mengetikkan kata ‘Pulusan’ di google, ternyata hanya terindeks 14 ribu artikel. Itupun kebanyakan tidak nyambung dengan hewan ini. Apalagi ketika mencari dengan keyword ‘Babi Batang’. Pencarian baru menemukan hasil yang lumayan ketika menggunakan keyword ‘Hog Badger‘ dan ‘Arctonyx collaris‘, meskipun rata-rata merupakan site luar negeri.

Diskripsi, Ciri, dan Perilaku. Pulusan, Babi Batang, Hog Badger, atau Arctonyx collaris mempunyai ciri bentuk tubuh yang mirip Luwak (Musang) dan moncong yang menyerupai Babi. Mungkin lantaran itu, Pulusan disebut juga sebagai Babi Batang dan Hog Badger atau Luwak Babi.

Pulusan, Babi Batang, Hog Badger, atau Arctonyx collaris

Pulusan, Babi Batang, Hog Badger, atau Arctonyx collaris

Pulusan merupakan mamalia yang hidup di tanah. Panjang tubuhnya 55-70 cm dengan berat sekitar 7-14 kg. Hewan ini mempunyai ekor sepanjang 12-17 cm. Tubuhnya ditumbuhi bulu berwarna kekuningan hingg abu-abu. Sedangkan pada kaki dan perut mempunyai bulu berwarna hitam. Bulu di kepala cenderung lebih terang hingga keputihan dengan garis-garis hitam memanjang disekitar mata, hidung hingga telinga.

Tidak banyak yang bisa diungkap dari perilaku Pulusan (Arctonyx collaris). Hewan yang dilindungi ini merupakan binatang nokturnal yang melakukan aktifitas di malam hari. Selain itu, Pulusan merupakan binatang omnivora yang memakan mamalia kecil, cacing, serangga, buah-buahan, umbi, dan akar.

Persebaran dan Habitat. Pulusan atau Hog Badger mempunyai daerah persebaran yang luas. Binatang ini dapat dijumpai di kawasan Asia Tenggara mulai dari Bhutan, Kamboja, China, India (Assam), Indonesia (Sumatera), Laos, Mongolia, Myanmar, Thailand, dan Vietnam. Di Indonesia, Pulusan hanya dapat dijumpai di pulau Sumatera.

Habitat yang disukai Pulusan adalah daerah hutan tropis dataran rendah hingga ketinggian 3.500 meter dpl. Tipe habitat beraneka ragam mulai dari hutan primer, padang rumput hingga daerah pertanian. Di Indonesia, bintang ini hanya ditemukan di pulau Sumatera. Salah satu daerah yang menjadi habitat Pulusan adalah di Gunung Leuser, Aceh.

Peran bagi Ekosistem dan Manusia. Peran Pulusan bagi ekosistem maupun manusia belum banyak yang diketahui. Diperkirakan kebiasaan menggali tanah ketika mencari cacing berkontribusi pada aerasi tanah dan liang bekas galian dapat ditempati oleh hewan-hewan lain.

Populasi dan Konservasi. Populasi Pulusan (Arctonyx collaris) tidak diketahui dengan pasti meskipun diduga mengalami penurunan dari tahun ke tahun akibat rusaknya hutan sebagai habitat mereka. Karena itu, spesies ini oleh IUCN Redlist dimasukkan dalam status konservasi Near Threatened (Hampir Terancam) sejak 2008 setelah sebelumnya (1996) berstatuskan Least Concern (Resiko Rendah).

Pulusan, Babi Batang, Hog Badger, atau Arctonyx collaris

Pulusan, Babi Batang, Hog Badger, atau Arctonyx collaris

Di Indonesia, Pulusan merupakan salah satu fauna yang dilindungi dan terdaftar dalam lampiran Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Dan semoga binatang yang mirip Luwak dengan moncong Babi ini tetap terjaga kelestariannya. Meskipun tidak banyak yang mengenal binatang bernama Pulusan, Babi Batang, Hog Badger, atau Arctonyx collaris ini.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Mammalia; Order: Carnivora; Famili: Mustelidae; Genus: Arctonyx; Spesies: Arctonyx collaris.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang alam lainnya:

 

About these ads

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di satwa dan tag , , , , , . Tandai permalink.

51 Balasan ke Pulusan, Babi Batang, Hog Badger, atau Arctonyx collaris

  1. Danu Akbar berkata:

    Kalo babi yang model gini haram gak ya? hehe

  2. Alwi berkata:

    Nama2 yg asing heee … tadinya saya kira ada Babi Batangan kaya hape aja batangan hiii…hiiii….

  3. mamah Aline berkata:

    saya liat memang moncong pulusan ini seperti babi, tapi punya bentuk badan seperti musang atau luwak mas….

  4. Kakaakin berkata:

    Wah… lumayan besar juga badannya si pulusan ini…
    Apakah masih berkeluarga dengan musang ya…?

  5. baru tau saya hewan 4 itu disebut pulusah,,he..

  6. bingung mas,, ra mudeng aku,,

  7. Ping-balik: Nama Latin dan Inggris 100 Hewan (Fauna) Indonesia | Alamendah's Blog

  8. Ping-balik: Nama Latin dan Inggris 100 Hewan (Fauna) Indonesia « latimojong

  9. Ping-balik: Babi Kutil atau Babi Jawa (Sus verrucosus) | Alamendah's Blog

  10. Ping-balik: Berang-berang Indonesia Bukan Pembuat Bendungan | Alamendah's Blog

  11. Ping-balik: Nama Latin dan Inggris 100 Hewan (Fauna) Indonesia « crazywrite88

  12. Ping-balik: Nama taumbuhan dan hewan (BIOLOGI) « diyanakhalida

  13. Ping-balik: Satwa yang dilindungi di indonesia « dzikuthedziko

  14. Ping-balik: Nama latin 100 hewan atau fauna (binatang) Indonesia « Fachri's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s