Burung Pelatuk Bawang Sarat Khasiat Mistik

Burung Pelatuk bawang dipercaya sarat akan khasiat mistik. Burung bernama latin Dinopium javanense ini selain digunakan pelengkap sesaji hampir semua bagian tubuhnya dipercaya punya daya mistis. Sebagai contoh, selain sebagai obat kuat, pelatuk bawang juga bisa menjadikan seseorang menjadi orator dan ahli debat ulung.

Kepercayaan tentang khasiat mistik burung pelatuk ini yang membuat makin hari pelatuk bawang (Dinopium javanense) menjadi burung langka yang terancam punah.

Burung pelatuk dengan berbagai mitos khasiatnya

Burung pelatuk dengan berbagai mitos khasiatnya

Burung pelatuk bawang adalah burung anggota famili Pecidae yang bisa ditemukan mulai dari Bangladesh, Brunei, China, Kamboja, Filipina, Malaysia, Myanmar, Laos, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Indonesia. Di Indonesia, burung ini utamanya dapat di jumpai di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai Common Flameback atau Common Goldenback. Di Indonesia dan Melayu burung pelatuk bawang dikenal juga sebagai burung jelatuk, belatuk pinang muda, dan Pelatuk besi. Sedangkan dalam bahasa ilmiah (latin) burung ini dinamakan Dinopium javanense.

Burung sarat khasiat mistik ini berukuran sedang. Bulu sayap berwarna kuning, bulu leher berwarna hitam dengan garis-garis berwarna putih. Burung jantan mempunyai mahkota berwarna merah sedangkan mahkota burung pelatuk betina berwarna hitam.

Burung pelatuk bawang ini menyukai hutan daerah tropis dan subtropis di daerah dataran rendah hingga hutan bakau. Populasinya tidak diketahui dengan pasti. Tetapi oleh IUCN redlist, burung pelatuk bawang dikategorikan sebagai “Least Concern” sejak tahun 1988.

Burung pelatuk bawang juga ditetapkan sebagai fauna identitas kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

 

Pelatuk bawang (Common Flameback)

Pelatuk bawang (Common Flameback) (Gambar: wikipedia)

Khasiat Burung Pelatuk Bawang. Burung pelatuk bawang sarat akan muatan mistis dan dipercaya mempunyai kekuatan mistik yang ampuh. Bagi masyarakat Jawa, Burung Pelatuk Bawang menggambarkan watak yang mempunyai pendirian yang kuat, rajin bekerja tetapi tidak sabar. Dalam berbagai primbon Jawa dan Melayu (salah satunya primbon Betaljemur Adammakna), burung pelatuk bawang mempunyai khasiat sebagai:

  • Membuat pandai dan lincah berbicara dan berdebat.
  • Menumbuhkan kewibawaan.
  • Pengikat istri atau suami.
  • Menyepuh dan meningkatkan kesaktian sebuah senjata.
  • Mempercantik wajah dan aura (pesona) tubuh.
  • Penangkal maling dan rampok.
  • Penolak dan penyembuh berbagai macam penyakit.
  • Menyembuhkan penyakit gila.
  • Meningkatkan stamina dan keperkasaan.
  • Tolak balak ilmu hitam.

Tentang bagaimana cara mengunakan burung pelatuk bawang untuk memperoleh berbagai khasiat tersebut, sengaja tidak akan saya sampaikan. Karena kesemuanya harus dengan mengorbankan nyawa Sang Pelatuk. Dan itu hanya akan membuat burung yang telah langka ini akan semakin langka.

Benar atau tidaknya saya sendiri tidak pernah membuktikan. Mungkin tidak akan mau membuktikannya. Tegakah sobat membuktikan khasiat mistik burung pelatuk bawang yang belum tentu benar dengan mengorbankan keberadaan dan kelestarian burung langka ini?.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Aves; Order: Piciformes; Family: Picidae; Genus: Dinopium; Spesies: Dinopium javanense.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang binatang lainnya:

Tentang iklan-iklan ini

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di burung, satwa dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

90 Balasan ke Burung Pelatuk Bawang Sarat Khasiat Mistik

  1. mas Alam barusan baca primbon ya… wkwkwkw :lol:

  2. Ping balik: Tweets that mention Burung Pelatuk Bawang Sarat Khasiat Mistik | Alamendah's Blog -- Topsy.com

  3. andinoeg berkata:

    woody woodpacker ya??

  4. munir ardi WP berkata:

    wah pantas cepat langka banyak banget khasiatnya

  5. zainul abidin berkata:

    burung pelatuk saat ini jarang sekali dijumpai. Masa kecilq dl bnyk sekali di belakang rumah.
    Adakah khasiat yg lain mas. Salam kenal

  6. hafid junaidi berkata:

    yah, kasian burungnya jadi incaran pemercaya hal tersebut ;(

  7. mata hatiku berkata:

    Aduh, sayang bgt burung ini sudah langka… kayaknya tampilannya jg cantik, tuh.

  8. Ping balik: Fauna Identitas Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah | Alamendah's Blog

  9. John Murdock berkata:

    kasian si pelatuk bawang, sy pikir tadi suka matuk bawang, ternyata bukan… :D piss
    khasiatnya bener2 menggiurkan, gak heran sih klo jd langka

    yg sy mau tanya mas, itu khasiatnya bisa dpt drmn? kok bisa ada yg percaya ttg khasiatnya? artinya udh banyak yg nyoba, dan itu sy tertarik sm khasiatnya yg ehm “menyembuhkan penyakit hilap/gila” artinya sudah banyak org gila yg sembuh dgn pelatuk bawang ini?

    euh sori kepanjangan :D
    *dikeroyok*

    • alamendah berkata:

      Sengaja saya gak menceritakan cara untuk memperoleh khasiat itu semua. Karena rata-rata (bahkan hampir seluruhnya) membutuhkan pengorbanan nyawa si burung pelatuk. baik itu yang harus memakan anggota tubuh, memakai darahnya, ataupun menyimpan anggota tubuh burung ini.

  10. hudaesce berkata:

    saya kita cuman burung gagak za yang mempunyai banyak sisi mistis nya, ternyata burung pelatuk juga gitu ya ??? apakah karna khasiat nya itu ya bayak diburu,pantesan ditempatku udah sangat amat jarang sekali aku temui, :(

  11. fitr4y berkata:

    dek .. kmu bikin orang tambah tau rahasia ni… termasuk qu … :)

  12. Pengupasan yang baik dan mengasikan untuk menambah pengetahuan untuk kita semua Sob !

    Dengan mengatasi permasalahan yang kecil; maka, kita dapat mengatasi permasalahan yang besar.

    Salam

    “Ejawantah’s Blog”

  13. mariasunarto berkata:

    mas Alam, dengan membaca tulisan sobat, biarpun itu belum tentu, akan ada yang pengin mencoba , kasihan burung pelatuk bawang nya ,kalau hanya untuk uji coba , nasibmu , mahal lagi.

  14. bintangtimur berkata:

    bener mas Alam, nggak perlu disebutkan gimana caranya menikmati khasiat burung pelatuk bawang ini…ntar banyak yang memburu ;)

  15. choirul berkata:

    saya juga baru tahu kalo ternyata ada khasiat kayak gitu di burung pelatuk ini

    jangan sampai hal ini dijadikan kejelekan ya

    salam hangat dari choirul huda

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s