Adopsi Pohon di Gunung Gede Pangrango

Program adopsi pohon di Gunung Gede Pangrango sejatinya telah dilakukan sejak pertengahan 2008 silam. Dalam program ini setiap orang atas nama pribadi ataupun organisasi dapat berpartisipasi dalam konservasi lingkungan dengan melakukan adopsi sebatang pohon.

Program Adopsi Pohon dikelola oleh Konsorsium GEDEPAHALA (Gede Pangrango Halimun Salak). Konsorsium ini terdiri atas Conservation International Indonesia, TN Gunung Gede Pangrango dan TN Gunung Halimun Salak, LSM lokal serta kelompok masyarakat sekitar.

program adopsi pohonUntuk dapat mengikuti program adopsi pohon ini biayanya cukup murah. Hanya sebesar Rp 108 ribu per tiga tahun setiap orang dapat mengadopsi sebatang pohon. Biaya adopsi ini 35 persen digunakan sebagai biaya penanaman, 15 % untuk manajemen, dan 50 % untuk pemberdayaan masyarakat. Lokasi adopsi adalah di areal perluasan Taman Nasional Gunung Pangrango dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Biaya pemberdayaan masyarakat digunakan sebagai pemberian bantuan usaha mandiri berupa ternak kambing dan kelinci, pelatihan budidaya lebah madu dan pertanian organik, serta ekowisata. Dengan pemberian bantuan ini diharapkan memberi kesempatan pada masyarakat meningkatkan kesejahteraan, sekaligus ikut melindungi, melestarikan, memantau, dan membangun hutan.

Ingin Ikut Mengadopsi Pohon?. Program adopsi pohon terdiri atas dua jenis yaitu untuk lembaga atau korporasi dan untuk perorangan. Untuk lembaga disyaratkan minimal 3 hektar. Sedangkan untuk perorangan dapat mengikuti program ini hanya dengan minimal mengadopsi sebatang pohon. Biaya adopsi tiap batang sebesar Rp 108.000,00 per tiga tahun.

Hingga saat ini sedikitnya telah 662 lembaga dan perorangan yang mengikuti program adopsi pohon dengan total pohon yang telah diadopsi mencapai 12390 pohon. Sejumlah perusahan telah mengikuti program ini seperti Yayasan Unilever Indonesia, Karyawan Mandala Airlines, Bank Indonesia, PT. Sharp Electronics Indonesia, dan lainnya.

Tidak ketinggalan berbagai tokoh juga ikut ambil bagian seperti Prof. DR. Jimly Asshiddiqie, S.H, Rizal Malarangeng, Ikang Fauzi, Bambang Harymurti, Teten Masduki, dan Hatta Rajasa. Berbagai anggota masyarakat lainnya juga berpartisipasi secara pribadi. Bahkan tidak sedikit yang melakukan adopsi pohon sebagai kado ulang tahun untuk putra-putrinya ataupun sebagai kado ulang tahun pernikahan.

Bagi yang ingin berpartisipasi dalam program adopsi pohon bisa mendapatkan informasi lebih lengkap dengan menghubungi pihak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango atau melalui websitenya di gedepangrango.org/adopsi-pohon. Selain itu bisa juga menghubungi bagian promosi Green Radio dengan nomor telepon 021-8573388.

Berminat mengadopsi pohon?.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang alam lainnya:

Tentang iklan-iklan ini

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , . Tandai permalink.

64 Balasan ke Adopsi Pohon di Gunung Gede Pangrango

  1. rubiyanto19 berkata:

    Program yang menarik, semoga dapat berlanjut …..
    blog ku ganti mas, sekarang di http://rubiyant.blogspot.com,
    maen ke sana ya ….!

  2. andinoeg berkata:

    dah lama nich gak ke hutan, kangen ngalas lagi

  3. Anas berkata:

    Ternyata pohon bisa diadopsi juga ya. Kayaknya mengasyikkan mengadopsi pohon

    mohon kesudihan mengisi kuesioner di http://jembelisme.com/kuesioner-untuk-gebyar-speedy-akhir-tahun-2010.html

  4. Danu Akbar berkata:

    wah.. sudah beberapa hari saya tidak online.
    kunjungan pertama untuk hari ini ke blog ini.
    Sorry nih komennya gak mutu. :)

  5. Masjid Kita berkata:

    semoga program ini mendapat dukungan masyarakat luas serta pemerintah pusat tentunya yah mas :)

  6. fitr4y berkata:

    biar alam kita kembali hijau, segar, lestari …

    salam :)

  7. sumonggo berkata:

    ikut ga ikut ga ikut ga,..
    ikut bantu doa aja brow.. cz jauh hehe..

  8. deady berkata:

    minat sih…
    MINAT BANGETTT!!!
    suwun kang inpone!

  9. tukangpoto berkata:

    Program penghijauan yang patut dilestarikan.

  10. tips beli rumah berkata:

    ikut ga ikut yang penting kasi support meskipun hanya lewat dunia maya,….
    go green go green,… yes

  11. TuSuda berkata:

    bagus sekali…semoga program mulia ini, bisa berjalan konsisten dengan dukungan komitmen bersama agar tujuan pemberdayaan masyarakat bisa tercapai sesegera mungkin.

  12. Teras Info berkata:

    wah….mantabs…saya mendukung…
    supaya tambah hijau saja alam indonesia ini…biar jadi “alam yang endah”..”alamendah”…he..he…

  13. salesman jogja berkata:

    Gimana dengan Tanah Kelahiranku di Grobogan Sana Ya…ada Enggak Adopsi macam ginian..?

  14. smoga di daerahku diadain juga program penghjauan kayak gini.

  15. Ping balik: Coral Day 2011; Satu Hari untuk Terumbu Karang | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s