Kancil Ternyata Tidak Suka Makan Mentimun

Kancil ternyata tidak suka makan mentimun, jauh dari yang kita yakini selama ini. Sselama ini yang yakini kancil adalah sosok hewan kecil yang cerdik namun nakal. Kancil sangat gemar memakan mentimun, meski harus mencuri sekalipun.

Baik dari dongeng maupun lirik lagu karangan Ibu Sud (?), kancil atau disebut juga pelanduk diidentikkan dengan penggemar mentimun. Demi makanan kesukaannya ini, kancil tidak segan mencuri. Dan ternyata anggapan itu salah.

Kancil ternyata tidak menyukai mentimun

Kancil ternyata tidak menyukai mentimun

Kancil yang dalam bahasa latin disebut Tragulus javanicus, merupakan hewan ruminansia (pemamah biak) terkecil diantara binatang ruminansia lainnya. Hewan ruminansia merupakan binatang yang lambungnya terdiri lebih dari satu ruangan bahkan umumnya terdiri empat ruangan seperti sapi, kambing, rusa, dan domba.

Namun meskipun hewan pemamah biak (ruminansia) lambung kancil lebih sederhana dan hanya memiliki 3 ruangan. Oleh karena itu, kancil disebut sebagai hewan ruminansia primitif.

Kondisi lambung yang hanya terdiri atas tiga ruangan ini membuat kancil relatif selektif dalam memilih makanannya. Jika hewan ruminansia lainnya menyukai rumput, kancil lebih memilih makanan yang mudah dicerna.

Di hutan, kancil memakan pucuk daun (terutama yang berair), buah-buahan yang jatuh dari pohon, rumput dan akar. Sedangkan di kebun binatang maupun kandang peliharaan, kancil biasanya diberikan makanan seperti irisan kangkung, kacang panjang, wortel, bengkoang, ubi, selada, jagung muda, terong serta buah-buahan. Kancil menyukai buah-buahan yang lunak dan berbau harum. Buah kesukaan binatang ini antara lain pisang, apel, dan nangka.

Dari berbagai pengamatan, saat kancil (Tragulus javanicus) disediakan beraneka jenis buah dan daun, termasuk mentimun diantaranya, kancil akan memilih berbagai buah yang lunak dan harum untuk dimakannya. Dan ternyata, kancil tidak memilih mentimun sama sekali selagi masih ada jenis makanan lainnya.

Djalal Rosyidi, Mahasiswa S3 Program Studi Ilmu Ternak Ilmu Pertanian Bogor (IPB), pernah melakukan penelitian tentang kehidupan kancil. Penelitian ini dilakukan sejak Desember 2004 hingga Juli 2005 melibatkan 23 ekor kancil yang terdiri dari 16 ekor kancil dewasa yang dipelihara dikandang, 2 kancil liar dan 5 kancil anak.

Salah satu yang diteliti adalah pola makan binatang bernama latin Tragulus javanicus ini. Pada saat makan, kancil selalu melakukan pemilihan dengan menggunakan alat penciumannya. Dalam beberapa hari diberikan menu makanan yang terdiri ubi, kondang, kangkung, terong, wortel, dan timun. Hasilnya, Dari pakan yang diberikan selama proses penelitian, urutan jenis pakan yang disukai kancil adalah ubi, kondang, kangkung, terong, wortel, dan mentimun.

Mentimun, menurut hasil penelitian Djalal Rosyidi, menjadi makanan yang jarang disukai oleh kancil. Selain relatif lebih keras dari menu makanan lainnya, mentimun mengeluarkan lendir dan bau yang kurang disukai oleh kancil.

Satu lagi, kancil ternyata merupakan binatang yang pemalu. Jauh dari kesan yang ditimbulkan dari dongeng-dongen di mana keberanian dan kecerdikan kancil mampu memperdaya berbagai satwa lain termasuk harimau sekalipun.

Jika dalam berbagai fabel (cerita binatang) kancil digambarkan cerdik mungkin benar. Karena ternyata kancil mampu memilih makanan yang sesuai dengan lambungnya yang sederhana dibandingkan hewan ruminansia lainnya. Tetapi kalau dikatakan bahwa kancil nakal dan suka mencuri mentimun, tunggu dulu!. Kancil ternyata tidak suka makan mentimun, untuk apa ia mencurinya?.

So, jangan terlalu percaya pada dongeng.

Klasifikasi ilmiah: Kingdom: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Mammalia; Ordo: Artiodactyla; Famili: Tragulidae; Genus : Tragulus; Spesies : Tragulus javanicus

Referensi:

Baca artikel tentang alam lainnya:

About these ads

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di satwa dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

68 Balasan ke Kancil Ternyata Tidak Suka Makan Mentimun

  1. chemo berkata:

    salam kenal ya..
    thank’s info nya ^_^

  2. mata hatiku berkata:

    trims. skrg jadi tahu kebenarannya.

  3. Ping-balik: Kubung (Cynocephalus variegatus) Jagoan Melayang | Alamendah's Blog

  4. Ping-balik: Pecinta Binatang Wajib Pahami Animal Welfare dan Five of Freedom | Alamendah's Blog

  5. Ping-balik: Babi Kutil atau Babi Jawa (Sus verrucosus) | Alamendah's Blog

  6. Ping-balik: Benarkah Gajah Merusak Kebun Warga? | Alamendah's Blog

  7. Ping-balik: Macan Kumbang Si Macan Tutul Hitam | Alamendah's Blog

  8. Ping-balik: Perbedaan Rusa dan Kijang | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s