Flora Identitas Kota dan Kabupaten di Yogyakarta

Flora Identitas Kota dan Kabupaten di Yogyakarta merupakan tumbuhan khas yang menjadi maskot kota dan kabupaten masing-masing. Tumbuhan-tumbuhan ini melengkapi kepel yang ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berikut adalah daftar flora (tumbuhan) yang ditetapkan sebagai flora identitas 5 (lima) kota dan kabupaten di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

  • Kota Yogyakarta; Flora Identitas kota Yogyakarta adalah Kelapa Gading (Cocos nucifera “kultivar gading”)
  • Kabupaten Bantul; Flora Identitas kabupaten Bantul adalah Sawo kecik (Manilkara kauki)
  • Kabupaten Sleman; Flora Identitas kabupaten Sleman adalah Salak Pondoh (Salacca zalacca kultivar pondoh)
  • Kabupaten Kulon Progo; Flora Identitas kabupaten Kulon Progo adalah Manggis Kalagesing (Garcinia mangostana kultivar kalagesing)
  • Kabupaten Gunung Kidul; Flora Identitas kabupaten Gunung Kidul adalah pohon Nangka (Artocarpus heterophyllus)

Selain memiliki tumbuhan yang ditetapkan sebagai flora identitas, masing-masing kota dan kabupaten di DI Yogyakarta juga memiliki binatang yang ditetapkan sebagai fauna identitas kota dan kabupaten masing-masing sebagai mana pernah saya posting sebelumnya.

Tambahan: Kultivar merupakan sekelompok tumbuhan budidaya yang memiliki beberapa ciri tertentu yang khas dan dapat dibedakan secara jelas dari kelompok lainnya dalam sebuah spesies. Contohnya seperti Kelapa yang merupakan spesies Cocos nucifera terdiri atas beberapa kultivar seperti kultivar gading dll. Meskipun berbeda, sering kali kultivar diartikan sebagai varietas.

Referensi:

  • bk.menlh.go.id/florafauna
  • gambar: commons.wikimedia.org dan laely-widjajati.blogspot.com (gambar kelapa gading)

Baca artikel tentang alam lainnya:

 

About these ads

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di flora, Indonesia dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

44 Balasan ke Flora Identitas Kota dan Kabupaten di Yogyakarta

  1. wahyu am berkata:

    manissss, jadi pengen beli manggis dipasar om :D

  2. hudaesce berkata:

    Wah………..,mau dong manggisnya,lama nih gak pernah maem manggis

  3. yadiebaroos berkata:

    enaknya……
    kalo disini banyak jeruk manis……

  4. Danu Akbar berkata:

    wah.. saya paling suka tuh dengan yang namanya manggis.
    ternyata buah asli jogja ya?

  5. ehm, kalo di kabupatane/kota di sumsesl sejauh in dalam lambangnya gak ada unsur flora deh … hehe …

    Semoga persahabatan kita tiada lekang oleh waktu dan tiada terbatas oleh ruang

  6. Dinohp berkata:

    Makasih info floranya mas..jadi nambah pengetahuan buat saya..

  7. rian punya blog berkata:

    Masing2 kota n kab punya maskot floranya sendiri2… Bgs jg tuh buat dijadikan inspirasi buat kota n kab lain d indonesia…

  8. bintangtimur berkata:

    Mas Alam…baru tau kalo manggis ternyata identitas kab Kulon Progo, nangka juga maskot kab Gunung Kidul ya…waaah, matur nuwun informasinya!
    Saya juga mau baca posting sebelum ini deh, ngerapel komen ceritanya… :P

  9. adin berkata:

    mas alamendah, mohon ijin ngopas ya mas, untuk tugas adik saya nih yang masih SD, buat bahan mading, hehehe, tapi tenang, sumber saya cantumin dah :D

  10. Ping-balik: Flora Identitas Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah | Alamendah's Blog

  11. Ping-balik: Flora Identitas Kota dan Kabupaten di Jawa Timur | Alamendah's Blog

  12. Ping-balik: Gunung Api Purba Nglanggeran Yogya Calon Geopark? | Alamendah's Blog

  13. Ping-balik: Nama Kelurahan di Jakarta Pusat yang Memakai Nama Tumbuhan | Alamendah's Blog

  14. Ping-balik: Cempaka Hutan Kasar Flora Identitas Sulawesi Barat | Alamendah's Blog

  15. Ping-balik: Flora dan Fauna Asli dan Endemik Ungaran Jawa Tengah | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s