Desalinasi Memanfaatkan Air Laut untuk Minum

Desalinasi untuk memanfaatkan air laut sebagai air minum, kenapa tidak?. Desalinasi (desalinization) merupakan untuk menghilangkan kadar garam berlebih pada air untuk menghasilkan air yang dapat dikonsumsi manusia, hewan ataupun tumbuhan.

Dalam desalinasi selain menghasilkan air yang layak minum, proses ini dapat juga menghasilkan garam dapur ataupun air berkadar garam tinggi yang dapat dimanfaatkan sebagai kolam apung sebagai mana salah satu wahana di Taman Impian Jaya Ancol.

Solusi Krisis Air Bersih. Desalinasi yang memproses air laut dengan tingkat kadar garam yang tinggi sehingga tidak layak konsumsi menjadi air tawar yang dapat dikonsumsi merupakan salah satu alternatif mengatasi krisis ketersediaan air bersih yang sering kali terjadi di Indonesia.

instalasi desalinasi dengan metode reverse osmosis di Barcelona

Dengan memanfaatkan air laut dan mengolahnya sebagai air minum berarti juga mengurangi pemakaian air bawah tanah yang diyakini sebagai penyebab utama penurunan tanah di berbagai tempat terutama di Jakarta. Bahkan, tingkat penurunan tanah akibat eksploitasi air tanah yang berlebihan di Jakarta, membuat kita was-was akan bahaya tenggelamnya ibu kota negara kita dalam beberapa puluh tahun kedepan.

Teknologi desalinasi bukan sesuatu yang mustahil dan tidak mungkin. Dalam penanganan bencana tsunami di Aceh, Australia telah membuktikan penerapan teknologi ini dengan mengolah air laut menjadi air minum yang layak konsumsi bagi korban bencana alam.

Indonesia juga telah menerapkan teknologi desalinasi ini. PT Pembangunan Jaya Ancol, pengelola Taman Impian Jaya Ancol menggunakan teknologi desalinasi guna menghasilkan air tawar untuk memenuhi kebutuhan tempat rekreasi tersebut sekaligus menghasilkan air berkadar garam sangat tinggi sebagai hasil sampingan. Air berkadar garam sangat tinggi ini dialirkan dalam Kolam Apung Wahana Atlantis Ancol.

Berbagai negara juga telah menerapkan teknologi desalinasi ini, seperti:

  • Amerika Serikat (el Paso, Texas; memproduksi 104 ribu meter kubik air/hari)
  • Uni Emirat Arab (mempunyai 3 lokasi, salah satunya Fujairah F2 yang memproduksi 492 juta liter/hari)
  • Inggris, Israel, Trinidad, Cyprus dan beberapa negara lainnya.

Proses desalinasi. Terdapat beberapa cara dan metode desalinasi diantaranya yang tradisonal adalah dengan menggunakan metode vacuum distillation. Prinsipnya yaitu dengan memanaskan air laut untuk menghasilkan uap air, yang selanjutnya dikondensasi untuk menghasilkan air bersih.

Cara yang paling umum adalah menggunakan metode osmosis terbalik (reverse osmosis atau RO). Osmosis terbalik dianggap yang paling efektif dalam melakukan desalinasi dalam skala besar. Prinsip kerja metode ini adalah dengan mendesak air laut melewati membran-membran semi-permeabel untuk menyaring kandungan garamnya.

Dengan metode osmosis terbalik (reverse osmosis) Taman Impian Jaya Ancol mampu menyulap 7.000 meter kubik air laut menjadi 5.000 m kubik air tawar dan 2.000 m kubik air berkadar garam sangat tinggi. Untuk menghasilkan air bersih dari air laut ini dibutuhkan energi listrik sebesar 4,72 kilowatt jam per meter kubik. Dengan rata-rata tarif listrik yang Rp. 1000 /kw, untuk memproduksi 1 liter air bersih melalui desalinasi membutuhkan biaya sekitar Rp. 4.700. Jauh lebih murah dari harga air bersih yang mencapai Rp. 12.000 meter perkubik.

Sepertinya sudah saatnya pemerintah melalui PDAM melirik teknologi desalinasi ini sebagai salah satu upaya untuk mencukupi kebutuhan air bersih sekaligus menghentikan laju penurunan tanah.

Referensi:

  • en.wikipedia.org/wiki/Desalination
  • sains.kompas.com/read/2010/09/30/09483791/Desalinasi.Alternatif.Solusi.untuk.Jakarta
  • gambar: commons.wikimedia.org

Baca artikel tentang alam lainnya:

About these ads

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , . Tandai permalink.

77 Balasan ke Desalinasi Memanfaatkan Air Laut untuk Minum

  1. Ping balik: Hari Air Sedunia (World Water Day) | Alamendah's Blog

  2. Ping balik: Tema Hari Air Sedunia dari Tahun ke Tahun | Alamendah's Blog

  3. Ping balik: Berapa Banyak Air yang Bisa Kita Konsumsi? | Alamendah's Blog

  4. Ping balik: Tema dan Logo Hari Air Sedunia 2012 | Alamendah's Blog

  5. Ping balik: Peringatan Hari Air Dunia 2012 di Indonesia | Alamendah's Blog

  6. Ping balik: Banyu Mili Alat Pemurni Air Tenaga Surya | Alamendah's Blog

  7. Ping balik: Ketahanan Air dan Pangan di Indonesia | Alamendah's Blog

  8. Ping balik: Hindari Gagal Panen Petani Angkut Air dengan Truk | Alamendah's Blog

  9. Ping balik: sigitari95

  10. gamma berkata:

    maaf nih mau mau koreksi, kalo harga air desalinasi per liternya Rp 4700, bukannya per meter kubiknya jadi Rp 4,7 juta ya? berarti jauh lebih mahal dari air bersih yang harganya Rp 12 ribu per meter kubik. hehee maaf ya kalo salah

  11. riovinh berkata:

    Wow… mahal di sulingan nya ya

  12. sebentar deh.. mau sedikit mengkoreksi
    **KALO rata-rata tarif listrik Rp. 1000 /kw BERARTI 4,72 kW jam/meter kubik SETARA DENGAN Rp 47.200,- / meter kubik
    **JADI KALO UNTUK 1 Liter atau 1 dm kubik harganya jadi Rp 472.000/L dong

    mahal bener

  13. tas murah meriah berkata:

    It’s lately been in information, and also a very good a single at that with the fashion planet, that Kate Moss would now be quickly creating luggage for your French heritage brand name referred to as Longchamp. Before in 2007 the super model had designed garments for Topshop. She was before long regarded for her aptitude for planning. Given that the fashion globe awaits Moss’ creations, you’ll be able to hop into among the outlets close to you and get low-cost designer baggage yourself at very affordable rates. Low-cost designer baggage are quickly readily available these days at discounted prices. In order to now flaunt a stylish handbag at any time on any occasion.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s