Rusa Totol Bukan Asli Indonesia

Rusa totol (Axis axis) pastinya tidak asing bagi sebagian kita terutama yang pernah ke Istana Bogor. Di Istana Bogor terdapat ratusan rusa totol. Rusa totol juga tidak asing bagi penduduk kota Bogor lantaran binatang yang satu ini ditetapkan menjadi fauna identitas Kota tersebut sejak tahun 1995. Namun satu fakta yang kadang terlupa adalah rusa totol sebenarnya bukan fauna asli Indonesia. Berbeda dengan rusa bawean (Axis kuhli), rusa timor (Cervus timorensis), sambar (Cervus unicolor), dan menjangan yang asli Indonesia.

Rusa totol yang mempunyai nama latin Axis axis bukanlah fauna asli Indonesia melainkan berasal dari India dan Sri Lanka. Binatang yang lucu dan cantik ini didatangkan oleh Thomas Stanford Raffles, Gubernur Jenderal Inggris, pada tahun 1814 untuk menempati halaman Istana Bogor.

Rusa totol disebut juga sebagai “cheetal” atau rusa chital. Dalam bahasa Inggris fauna identitas kota Bogor ini disebut sebagai Chital, Axis Deer, Indian Spotted Deer. Dalam bahasa ilmiah (latin) rusa yang satu genus dengan Rusa bawean ini disebut Axis axis

Ciri dan Perilaku. Ciri rusa totol (Axis axis) yang membedakan dengan jenis rusa lainnya adalah terdapatnya totol-totol putih pada rambut tubuh (bulu) yang berwarna coklat.

Rusa totol (Axis axis) jantan

Rusa totol mempunyai tinggi tubuh sekitar 90-100 cm. Rusa totol dewasa mempunyai berat antara 50-70 kg untuk rusa jantan dan 40-50 kg untuk rusa betina. Rusa jantan memiliki tanduk yang bercabang hingga mencapai 75 cm tingginya.

Rusa totol (Axis axis) merupakan hewan herbivora yang menyukai segala jenis tumbuhan terutama rumput dan dedaunan. Rusa totol dewasa (pubertas) pada umur 10-15 bulan (rusa betina) dan pada jantan pada umur 12-16 bulan (pada jantan). Seekor rusa betina akan bunting selama 234 hari, dan mempunyai jarak antar kelahiran sekitar 275 hari. Usia rusa yang menjadi ikon Istana Bogor ini berkisar antara 20-30 tahun.

Populasi, Habitat dan Persebaran. Rusa totol secara alami tersebar di India, Sri Lanka, Nepal, Bhutan, dan Bangladesh. Rusa totol diintroduksi ke Argentina, Armenia, Australia, Brazil, Kroasia, Moldova, Pakistan, Papua Nugini, Ukraina; Amerika Serikat, dan Uruguay. Pada tahun 1814, Gubernur Jenderal Inggris, Thomas Stanford Raffles mendatangkan rusa totol ke Istana Bogor yang berkembang biak hingga sekarang.

Populasi rusa totol (Axis axis) di seluruh dunia diyakini masih banyak sehingga oleh IUCN Red List dikategorikan dalam Least Concern (Beresiko Rendah). Di halaman Istana Bogor saja, berdasarkan pendataan pada Januari 2010, populasi rusa totol tercatat sebanyak 880 ekor.

Sekelompok rusa totol di halaman Istana Bogor

Populasi rusa totol di halaman Istana Bogor yang mencapai 880 ekor dianggap telah melebihi kapasitas mengingat idealnya komplek Istana Bogor hanya dihuni oleh sekitar 400-an ekor rusa totol saja.

Saat ini juga banyak penangkaran rusa yang memiliki koleksi rusa totol yang didatangkan dari Istana Bogor. Ingin ikut menangkarkan?

Klasifikasi Ilmiah: Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Mammalia; Ordo: Artiodactyla; Famili: Cervidae; Subfamili: Cervinae; Genus: Axis; Species: Axis axis
Nama Binomial: Axis axis (Erxleben, 1777). Nama Indonesia: Rusa Totol

Referensi dan gambar:

Baca Artikel tentang Alam Lainnya:

About these ads

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di satwa dan tag , , , , . Tandai permalink.

81 Balasan ke Rusa Totol Bukan Asli Indonesia

  1. Ping-balik: Kijang (Muntiacus muntjak) Rusa Asli Indonesia | Alamendah's Blog

  2. Ping-balik: Nama Latin dan Inggris 100 Hewan (Fauna) Indonesia | Alamendah's Blog

  3. Ping-balik: hama wereng coklat « nadzirumm09

  4. Ping-balik: Nama Latin dan Inggris 100 Hewan (Fauna) Indonesia « latimojong

  5. Bambang Suteja berkata:

    Sekedar informasi, bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya bisa melihat penangkaran rusa totol tak perlu jauh-jauh, datang saja ke Wahana Wisata Edukasi & Outbound KAMPUNG BATU MALAKASARI yang ada di Jl. Raya Banjaran, Baleendah Kab. Bandung. Di tempat ini ada 22 ekor asal Istana Bogor, lokasinya hanya sekitar 5 km ke selatan dari pintu tol Buahbatu.

  6. Ping-balik: Rusa Totol | veterinarianpbun

  7. Ping-balik: Perbedaan Rusa dan Kijang | Alamendah's Blog

  8. Ping-balik: Nama Latin dan Inggris 100 Hewan (Fauna) Indonesia « crazywrite88

  9. Ping-balik: Nama taumbuhan dan hewan (BIOLOGI) « diyanakhalida

  10. Ping-balik: Kijang Kuning Kalimantan atau Muncak Keemasan | Alamendah's Blog

  11. Ping-balik: Rusa Jawa dan Rusa Tutul di Gembira Loka Zoo : Kandangnya Rusa Bawean

  12. Ping-balik: Nama latin 100 hewan atau fauna (binatang) Indonesia « Fachri's Blog

  13. Faradiba Achmadi berkata:

    Sudah kuduga, makanya kok persis banget sama rusa yang sering dimakan harimau di Rathambore

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s