Pulau Dana Paling Selatan Indonesia

Pulau Dana merupakan pulau paling selatan di Indonesia. Pulau Dana yang merupakan salah satu dari 92 pulau terluar Indonesia dan terletak di Samudera Hindia ini berbatasan langsung dengan negara Australia. Letaknya berada di sebelah selatan Pulau Rote. Pulau Dana yang berjarak 120 kilometer dari Kota Kupang dan 4 kilometer dari Pulau Rote ini merupakan salah satu pulau kecil yang tidak berpenghuni tetap.

Pulau Dana yang merupakan bagian dari wilayah administratif Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur ini terletak pada titik koordinat: 11° 0′ 36″ LS, dan 122° 52′ 37″ BT. Dari titik koordinat ini bisa dipastikan bahwa pulau Dana merupakan pulau yang berada di paling selatan wilayah Indonesia.

Lokasi pulau Dana (gambar: wikimapia)

Meskipun hanya merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni, pulau Dana memiliki pesona alam yang luar biasa. Pulau di ujung selatan wilayah Indonesia ini memiliki pantai indah yang landai dan berpasir putih. Ombak di pesisir pulau Dana juga sangat cocok untuk olahraga selancar (diving).

Di pulau Dana juga terdapat padang savana serta bukit karang berhutan. Padang savana di pulau paling selatan ini menjadi habitat rusa timor yang banyak ditemukan di sepanjang Pulau Dana dan pulau Rote. Saat ini Pulau Dana Rote tengah diupayakan menjadi tempat konservasi Rusa oleh pemerintah Nusa Tenggara Timur.

Potensi kekayaan alam lainnya yang dipunyai oleh pulau tanpa penghuni tetap ini adalah Danau Merah. Danau Merah terletak di tengah tengah pulau Pulau Dana.

Rawan Dikuasai Australia. Pulau Dana merupakan salah satu dari belasan pulau terluar Indonesia yang rawan dikuasai oleh negara tetangga. Disinyalir, pulau yang terletak di paling selatan wilayah Indonesia dan berbatasan langsung dengan Australia ini beberapa kali disinggahi oleh patroli Angkatan Laut Australia. Konon pula, pulau yang memiliki keindahan alam dan cocok untuk diving (selancar air) ini telah lama diincar oleh Australia setelah berhasil menguasai Pulau Pasir (ashmore reef).

Pantai pulau Dana (Foto: indonesiaphoto.com)

Untuk menjaga keamanan di pulau paling selatan Indonesia ini sejak tahun 2006, TNI Angkatan Darat dan Satuan Marinir Angkatan Laut telah membuat pos penjagaan di pulau Dana.

Penjagaan yang dilakukan oleh TNI di pulau Dana ini cukup melegakan dari kekawatiran hilangnya pulau-pulau terluar Indonesia akibat dikuasai negara lain seperti yang terjadi pada pulau Sipadan dan Ligitan yang dikuasai Malaysia.

Tidak banyak yang Tahu. Tidak banyak yang tahu keberadaan pulau ini. Termasuk ketika ditanyakan tentang pulau manakah yang letaknya di ujung selatan Indonesia. Bahkan teman saya yang mengajar kelas VI di sebuah SD Negeri, ketika saya berpura-pura menanyakan pulau yang letaknya di paling selatan wilayah Indonesia, jawabnya adalah pulau Rote.

Kemudian ketika saya menanyakan pulau Rote yang tidak termasuk salah satu dari 92 pulau terluar Indonesia kok disebut pulau paling selatan, beliau kelabakan.

So, yang belum mengetahui pulau paling selatan di Indonesia, jawabnya Pulau Dana. Pulau kecil tak berpenghuni manusia yang mennuggu kita kenal.

Setelah kenal, tentunya musti kita jaga dari klaim negara lain. Selain itu kita juga musti waspada terhadap ancaman hilangnya sebuah pulau akibat abrasi laut. Tentunya dengan melakukan pengembangan dan pembangunan yang tepat di pulau tersebut, termasuk di pulau Dana, pulau tak perpenghuni yang terdapat di paling selatan wilayah Indonesia. Bukankah garis wilayah laut kita diukur dari pantai terluar?

Referensi: wikimapia.org, id.wikipedia, http://www.indonesiaphoto.com, http://www.antara.co.id

Baca artikel tentang alam lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , , , . Tandai permalink.

89 Balasan ke Pulau Dana Paling Selatan Indonesia

  1. Pulau terluar paling selatan Indonesia yang dimaksud adalah pulau Ndana di Kabupaten Rote Ndao. Pulau yang indah dengan pasir putihnya dan ombak cantik yang diburu para Surfer dunia, demikian pulau keindahan bawah airnya sangat memukau para penyelam. Kekayaan lautnya perlu dijaga dan keindahan alamnya perlu dimanfaatkan untuk pariwisata, Dengan dikelola secara ekonomi akan menguntungkan masyarakat disisi keamanan negara juga akan terjaga.
    Konservasi merupakan alat untuk mengelola potensi kelautan di pulau Ndana – yang saat ini perairannya merupakan bagian dari Taman Nasional Perairan Laut Sawu dibawah Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.
    Catatan: selain pulau Ndana di kabupaten Rote Ndao yang berbatasan dengan negara Australia, provinsi NTT memiliki beberapa pulau terluar lainnya, antara lain: pulau Batek di kabupaten Kupang yang berbatasan dengan negara Timor Leste, pulau Alor juga berbatasan dengan negara Timor Leste, pulau Dana di kabupaten Sabu Raijua ysng berbatasan dengan negara Australia, dan pulau Mangudu di kabupaten Sumba Timur yang berbatasan dengan negara Australia.
    Saya beruntung dapat mengunjungi dan menyelam di pulau-pulau tersebut. Semoga pemerintah dapat lebih memikirkan pulau-pulau terluar sebagai aset dan kekuatan bangsa Indonesia.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s