Daftar Menteri Lingkungan Hidup Indonesia

Daftar Menteri Lingkungan Hidup Indonesia ternyata belum panjang. Hingga saat ini daftar menteri Lingkungan Hidup di Indonesia baru terisi oleh 8 (delapan) orang menteri. Artinya sejak Indonesia merdeka hingga saat ini baru ada 8 orang yang menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup di Indonesia. Daftar Menteri Lingkungan Hidup ini tentunya sangat berbeda jauh jika dibandingkan dengan kemnterian lain semisal daftar Menteri Dalam Negeri yang mencapai 27 orang menteri.

Daftar Menteri Lingkungan Hidup Indonesia baru dimulai pada saat Kabinet Pembangunan III (1978 – 1983). Pada masa kabinet-kabinet sebelumnya tidak terdapat Menteri Lingkungan Hidup atau sejenisnya. Sejak Kabinet Pembangunan III itu, Menteri Lingkungan Hidup selalu ada di setiap daftar kabinet pemerintahan Indonesia hingga sekarang.

Berikut Daftar Menteri Lingkungan Hidup di Indonesia selengkapnya;

  • Emil Salim

Emil Salim merupakan menteri pertama dalam daftar Menteri Lingkungan Hidup Indonesia. Tokoh kelahiran Lahat, Sumatera Selatan pada 8 Juni 1930 ini, selain menjadi Menteri Lingkungan Hidup Pertama di Indonesia juga menjadi Menteri Lingkungan Hidup terlama di Indonesia. Emil Salim yang lulusan University of California, Berkeley, Amerika Serikat ini menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup selama tiga periode masa kabinet pemerintahan secara berturut-turut.

Pertama kali menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup pada masa kabinet Pembangunan III (1978 – 1983) yang saat itu dinamakan Menteri Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup (Meneg PPLH). Pada Kabinet Pembangunan IV (1983 – 1988) kembali menduduki jabatan Menteri Lingkungan Hidup. Demikian juga pada Kabinet Pembangunan V (1988 – 1993).

Pada Kabinet Pembangunan IV dan V Menteri Lingkungan Hidup dinamakan Menteri Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Meneg KLH).

  • Ir. Sarwono Kusumaatmadja

Ir. Sarwono Kusumaatmadja dipercaya mengisi Daftar Menteri Lingkungan Hidup selanjutnya yakni pada Kabinet Pembangunan VI (1993 – 1998) yang saat itu dinamakan Menteri Negara Lingkungan Hidup (Meneg LH).

Ir. Sarwono Kusumaatmadja yang kelahiran Jakarta, 24 Juli 1943, menjadi orang kedua dalam daftar Menteri Lingkungan Hidup Indonesia.

  • Prof. Dr. Juwono Soedarsono

Prof. Dr. Juwono Soedarsono menjadi orang ketiga dalam daftar Menteri Lingkungan Hidup Indonesia. Prof. Dr. Juwono Soedarsono, lahir di  Ciamis, Jawa Barat, pada 5 Maret 1942 menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup dalam Kabinet Pembangunan VII. Pada masa kabinet ini, Menteri Lingkungan Hidup dinamakan Menteri Negara Lingkungan Hidup (Meneg LH) seperti pada kabinet sebelumnya.

  • Panangian Siregar

Panangian Siregar merupakan Menteri Lingkungan Hidup pada Kabinet Reformasi Pembangunan (1998 – 1999) yang saat itu dinamakan Menteri Negara Lingkungan Hidup (Meneg LH). Panangian Siregar yang kelahiran Tanjung Pinang, 23 Mei 1936 ini menjadi Menteri Lingkungan Hidup tersingkat diantara daftar Menteri Lingkungan Hidup lainnya.

  • Sonny Keraf

Daftar Menteri Lingkungan Hidup selanjutnya, pada Kabinet Persatuan Persatuan (1999 – 2001) dijabat oleh Sonny Keraf. Menteri dengan nama lengkap Dr. Alexander Sonny Keraf yang lahir di Lembata, Flores Timur, 1 Juni 1958 ini menduduki jabatan Menteri Negara Lingkungan Hidup (Meneg LH).

  • Nabiel Makarim

Nabiel Makarim menjadi Menteri Lingkungan Hidup keenam dalam daftar Menteri Lingkungan Hidup. Nabiel Makarim yang lahir di lahir di Solo, Jawa Tengah, 9 November 1945 menjabat Menteri Lingkungan Hidup pada Kabinet Gotong Royong (2001-2004) yang seperti pada kabinet sebelumnya disebut sebagai Menteri Negara Lingkungan Hidup (Meneg LH).

  • Rachmat Witoelar

Menteri Lingkungan Hidup ketujuh dijabat oleh Racmat Witoelar yang mempunyai nama lengkap Ir. Rachmat Nadi Witoelar Kartaadipoetra. Racmat Witoelar yang kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, 2 Juni 1941 ini menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup pada Kabinet Indonesia Bersatu (2004-2009) yang  seperti pada kabinet sebelumnya disebut sebagai Menteri Negara Lingkungan Hidup (Meneg LH).

  • Gusti Muhammad Hatta

Daftar (sementara) Menteri Lingkungan Hidup Indonesia dipungkasi oleh Gusti Muhammad Hatta, kelahiran Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 1 September 1952 yang menjabat pada Kabinet Indonesia Bersatu II (2009-sekarang). Pada masa kabinet ini, Menteri Lingkungan Hidup berubah nama dari Menteri Negara Lingkungan Hidup (Meneg LH) menjadi Menteri Lingkungan Hidup.

Itulah daftar kedelapan orang yang menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup di Indonesia. Kedelapan Menteri Lingkungan Hidup ini menjabat dalam 10 masa Kabinet Pemerintahan.

Referensi: dari berbagai sumber

Baca Juga:

Tentang iklan-iklan ini

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di Indonesia, lingkungan hidup dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

101 Balasan ke Daftar Menteri Lingkungan Hidup Indonesia

  1. Ping balik: Adiwiyata | desiapriyani11

  2. Ping balik: sigitari95

  3. Ping balik: Tema Hari Lingkungan Hidup Indonesia 2013 | Alamendah's Blog

  4. Ping balik: Saka Kalpataru Pramuka Peduli Lingkungan | Alamendah's Blog

  5. Ping balik: Daftar Kota Peraih Adipura Tahun 2014 | Alamendah's Blog

  6. Ping balik: Daftar Kota Peraih Adipura Tahun 2014 | aldinugraha24

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s