Pohon Jamblang (Syzygium cumini) Rumah Para Hantu

Jamblang atau Duwet adalah nama buah dan pohon untuk tanaman bernama ilmiah Syzygium cumini. Pohon penghasil buah ini masih tergolong dalam suku jambu-jambuan (Myrtaceae). Jamblang atau Duwet kini termasuk salah satu tanaman yang mulai terlupakan bahkan langka dan jarang dibudidayakan. Konon, pohon Jamblang (Syzygium cumini) merupakan rumah bagi para hantu.

Jamblang atau Duwet di beberapa daerah di Indonesia dikenal dengan nama yang berbeda-beda. Seperti; jambe kleng (Aceh), jambu kling (Gayo), jambu kalang (Minang kabau), jamblang (Betawi dan Sunda), juwet, duwet, duwet manting (Jawa), dhalas, d. bato, dhuwak (Madura), juwet, jujutan (Bali), klayu (Sasak), duwe (Bima), jambulan (Flores), raporapo jawa (Makasar), alicopeng (Bugis), jambula (Ternate).

Di beberapa negara asing buah ini dikenal sebagai jamlang, jambelang, duwet (Malaysia), duhat (Filipina), jambul, jamun, atau Java plum (Inggris). Sedangkan dalam bahasa latin (ilmiah) dikenal sebagai Syzygium cumini.

Pohon Jamblang (Duwet) diperkirakan berasal dari Kawasan Asia dan Australia tropic. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah dataran rendah hingga ketinggian 500 mdpl. Entah kenapa pohon ini diidentikan sebagai rumahnya para hantu, saya sendiri tidak tahu.

Ciri-ciri Fisik. Pohon Jamblang (Syzygium cumini) kokoh dan memiliki tinggi 10-20 m. Batangnya tebal, seringkali bengkok dan bercabang banyak. Berakar tunggang. Daun Jamblang tunggal, tebal, dengan tangkai daun antara 1-3,5 cm. Masing-masing helai daun lebar berbentuk baji, tetapi rata, pertulangan menyirip, permukaan atas mengkilap, panjang 7-16 cm, lebar -9 cm, warnanya hijau.

Buah Jamblang yang telah masak

Bunga Jamblang (Syzygium cumini) merupakan bunga majemuk berbentuk malai dengan cabang yang berjatuhan.  Bunga tumbuh di ketiak daun dan di ujung percabangan. Kelopak bunga Jamblang berbentuk lonceng berwarna hijau muda. Mahkota bunga berbentuk bulat telur dengan banyak benang sari yang berwarna putih dan harum baunya.

Buah Jamblang berbentuk lonjong dengan panjang antara 2-3 cm. Ketika masih muda buah Jambang (Duwet) berwarna hijau, setelah masak warnanya merah keungu-unguan agak kehitaman atau terkadang agak keputih-putihan. Daging buah Jamblang berwarna putih, kuning kelabu hingga agak merah ungu dengan banyak sari buah. Buah Jamblang berasa sepat masam sampai masam manis. Biji lonjong dengan panjang mencapai 3,5 cm.

Pemanfaatan Buah dan Pohon Jamblang. Menurut situs iptek.net.id, daging buah jamblang (Syzygium cumini) yang rasanya asam manis berkhasiat melumas organ paru, menghentikan batuk, peluruh kencing (diuretik), peluruh kentut (karminatif), memperbaiki gangguan pencernaan, merangsang keluarnya air liur, dan menurunkan kadar glukosa darah (hipoglikemik).

Kulit kayu Jamblang (Juwet) berkhasiat untuk peluruh haid. Hasil penelitian menunjukkan biji, daun, dan kulit kayu jamblang mempunyai khasiat menurunkan kadar glukosa darah (efek hipoglikemik) pada penderita diabetes melitus tipe II.

Penelitian di India mendapatkan hasil bahwa buah jamblang potensial sebagai obat kontrasepsi pada pria. Pada percobaan binatang, jamblang dapat mencegah timbulnya katarak akibat diabetes. Jamblang juga menurunkan risiko timbulnya atherosklerosis sampai 60–90% pada penderita diabetes. Hal ini terjadi karena kandungan oleanolic acid pada jamblang dapat menekan peran radikal bebas dalam pembentukan atherosklerosis.

Buah Jamblang Langka. Buah Jamblang (meski saya biasa menyebutnya ‘Duwet) semakin hari semakin langka. Meskipun saya masih sering menemui pohon ini di daerah pedesaan di Pantura Jawa Tengah bagian timur, tetapi sepertinya mulai jarang yang memanfaatkan buahnya.

Dua hal di masa kecil yang saya ingat tentang pohon dan buah Jamblang. Pertama, sering saya memakan buah jamblang (duwet) beramai-ramai kemudian berlomba untuk menjadi yang terbiru lidahnya. Kedua, Saya sering ditakut-takuti untuk menjauhi pohon ini yang katanya adalah rumahnya para hantu. Bagaimana dengan para sahabat?

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Myrtales; Famili: Myrtaceae; Genus: Syzygium; Spesies: Syzygium cumini;

Referensi: http://www.iptek.net.id Gambar: commons.wikimedia.org;

Baca Juga:

Anda dapat melihat daftar seluruh tulisan di: Daftar catatan

About these ads

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

140 Balasan ke Pohon Jamblang (Syzygium cumini) Rumah Para Hantu

  1. Ping balik: Pohon Dewandaru Kayu Pembawa Wahyu Dewa | Alamendah's Blog

  2. Ping balik: Kesemek Si Buah Kaki yang Makin Langka | Alamendah's Blog

  3. M Janu Mbanggle berkata:

    dulu ini buah favorit saya waktu sekolah, klo bibir dan lidah sudah ungu kebiruan tuh yang paling seru, tapi sekarang cari pohonnya aja sdh susah apalagi buahnya, boleh dibilang juwet adalah buah nostalgia….ihik….

  4. andriana berkata:

    baca artikel buah jamblang jd inget hamil anak ke 2 waktu itu sy pengen bangeettt makan buah jamblang susah di cari.. krn jarang banget yg jual buah jamblang… eh pas lg anter anak sklah kebetulan di halaman sklah ada pohon jamblang. terpaksa deh ngerjain penjaga sklah utk manjat pohon. hehehe… tuh buah rasannya asem-asem manis.. ada jg yg kasih tau cara makan buah nya di kasih gula pasir.. enak jg sih tp sensasi rasannya berkurang krn lebih dominan gula pasirnya dr pd rasa asli buah jamblang nya…

    • rija berkata:

      kalau di Aceh ditempat kami namanya Jambe kleng, klo disini batangnya masih banyak tuh,,malah banyak bgt! disini biasanya kami mkan kayak ngerujak gt, pake garem dicampur cabe,,dan ada juga yg pake plik u(khas aceh):0

  5. Lintang ipa berkata:

    Saya menanam pohon jamblang putih kurang lebih 4 tahun lalu, dan kini telah berbunga
    mitos mengenai hantu, itu gak bener,
    karena hantu bisa dimana saja,
    bukan cuma pohon jambalang doank.

  6. ozzy berkata:

    duh mau dong..! Minta alamat sekolah yg ada pohon jamblang dong, biar sy panjat sendiri..

  7. Hari ini saya pesta buah juwet dengan teman-teman. Hasil beli dari kampung di Maumere, Flores. Sekantung plastik penuh hanya dua ribu Rupiah! Kami masih banyak punya pohon ini yang memang sering menjadi pohon liar. Rasanya memang di Jawa sudah jarang ditemukan, kecuali ditanam sebagai tanaman hiasan/bonsai.

  8. Mukti rahayu berkata:

    Di depan rumahku ada phon duwet,tp g pernah b’buah..n plg dicari tetangga bwt mampetin diare.

  9. Ping balik: Pohon Jamblang (Syzygium cumini) Rumah Para Hantu « ASEP JUNAEDI AMH

  10. Uci Sanusi berkata:

    Sy pencinta tanaman dalam pot beberapa tanaman yg menjadi koleksi diantaranya pohon Sawo, Buni, Ceremai buah merah dan Jamblang buah warna putih..Sy berharap kpd teman2 pencinta tanaman berbagi ilmu untuk memperbanyak pohon2 tsb..

  11. nayla berkata:

    waktu kecil saya suka metik buah itu bersama temen-temen sd, hehehe jadi keingetan kenangan masa lalu, wowww, ternyata dijadiin rumah para hantu ya?gak tahu sih, kalo tahu pasti gak berani mendekat :-D

  12. Ping balik: Daftar nama tumbuhan (tanaman) dan nama latin « Fachri's Blog

  13. maria berkata:

    Belom pernah lihat buah nya,,
    udh langka banget kayaknya,,.

  14. Rinaldy Nasrul berkata:

    Teringat masa kecil :) makan juwet dengan garam, juwet dan sedikit garam dimasukkan ke dalam kantung plastik dan diguncang guncang sampai juwet nya menjadi lembek dan garam meresap ke dalamnya :)

  15. Ping balik: Nama-nama tumbuhan beserta nama latinnya | greensvege

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s