Tuba, Tumbuhan Peracun Ikan dan Serangga

Tuba, dalam bahasa ilmiah disebut Derris elliptica, merupakan jenis tumbuhan yang biasa digunakan sebagai peracun ikan. Akar tanaman Tuba ini memiliki kandungan rotenone, sejenis racun kuat untuk ikan dan serangga (insektisida).

Tuba sering disebut juga sebagai Akar Tuba. Dalam bahasa Inggris biasa disebut sebagai Derris Root, Duva Ni Vavalagi, atau Tuba Root. Tanaman memanjat (liana) ini mempunyai beberapa nama lokal seperti; tuwa laleur, tuwa leteng, areuy kidang (Sunda), jenu, jelun,tuba, oyod tungkul,  tungkul (Jawa), tobha, jheno, mombul (Madura).

Di negara lain dikenal dengan sebutan Tuba (Brunei), Hon (Laos), K’biehs (Kamboja), tuba root, tugling-pula (Filipina), Touba (Perancis), Akar Tuba (Malaysia), Lai Nam (Thailand).

Tumbuhan Tuba (Derris elliptica) yang berpotensi sebagai biopestisida ini selain dijumpai hampir di seluruh wilayah di Indonesia juga terdapat di Bangladesh, Asia Tenggara, dan beberapa kepulauan di Pasifik.

Ciri-ciri Tanaman Tuba. Tuba merupakan tumbuhan berkayu memanjat (liana) 7 – 15 pasang daun pada tiap rantingnya. Daun muda berambut kaku pada kedua permukaannya. Di bahagian bawah daun diliputi oleh bulu lembut berwarna perang. Batangnya merambat dengan ketinggian hingga 10 meter. Ranting-ranting Tuba tua berwarna kecoklatan.

Mahkota bunga tumbuhan Tuba berwarna merah muda serta sedikit berbulu. Tumbuhan beracun ini juga mempunyai buah berbentuk lonjong (oval), dengan sayap yang tipis di sepanjang kedua sisi. kekacang nipis dan rata berukuran  9 cm, lebar 0.6 – 2.5 cm. dan terdapat 1 – 4 biji dalam satu kekacang.

Tumbuhan peracun ikan ini tumbuh terpencar-pencar, di tempat yang tidak begitu kering, di tepi hutan, di pinggir sungai atau dalam hutan belukar yang masih liar dan kadang-kadang ditanam di kebun atau pekarangan. Di Jawa tanaman Tuba didapati mulai dari dataran rendah hingga ketinggian sekitar 1500 m dpl.

Manfaat Tanaman Tuba. Tanaman ini merupakan penghasil bahan beracun yang dapat digunakan untuk mengendalikan hama serangga, baik di luar ruangan maupun didalam ruangan. Disamping rotenon sebagai bahan aktif utama, bahan aktif lain yang terdapat pada akar tanaman Tuba (Derris elliptica) adalah deguelin, elliptone, dan toxicarol.

Tanaman ini sering digunakan sebagai racun ikan. Namun dapat juga dapat digunakan sebagai insektisida, yaitu untuk pemberantasan hama pada tanaman sayuran, tembakau, kelapa, kina, kelapa sawit, lada, teh, coklat, dan lain-lain. Di Kalimantan, ekstrak akarnya digunakan sebagai racun untuk anak panah.

Klasifikasi ilmiah. Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Fabales; Famili: Fabaceae; Genus: Derris; Spesies: Derris elliptica

Referensi:

Gambar: commons.wikipedia.org

Baca Juga:

Anda dapat melihat daftar seluruh tulisan di Daftar Catatan

Tentang iklan-iklan ini

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

175 Balasan ke Tuba, Tumbuhan Peracun Ikan dan Serangga

  1. fandhie berkata:

    ooo ini yah yg diperibahasa itu.. air susu dibalas air tuba

  2. ABDUL AZIZ berkata:

    Puluhan tahun lalu saya belajar peribahasa “Air susu dibalas dengan air tuba’, tapi baru tahu sekarang tuba itu apa. Mungkin dari bahsa Perancis , Touba.

    Kalau dipakai meracun ikan, apa ikannya bisa dimakan ? Apakah tumbuhan tuba ini masih banyak tumbuh di negeri kita ?
    Terima kasih.
    Salam

  3. thedollarcorner berkata:

    nah ini dulu yang kuliat di tipi’
    orang papua sering menggunakan akar ini untuk menangkap ikan
    tapi apa ikannya bahaya buat dimakan manusia ngak ya ?

  4. Artha berkata:

    ini berbahaya kagak ya buat manusia?

  5. Saung Web berkata:

    we ala.. ini toh yang namanya tuba itu.. sumpah baru tahu.. padahal orang2 tua dulu suka memakainya utk ambil ikan di sungai katanya.. makasih infonya ya

  6. Saung Link berkata:

    Wah banyak ketinggalan kereta ini. lama gak berkunjung.. minggu ini koneksi lagi ngadat sob.. thanks atas pertubannya nih.. sering dengar tapi baru tahu bentuk pohonnya kayak gitu..

  7. sanjaya berkata:

    untuk racun ikan, apa ikannya kalo dimakan manusia meracuni juga?

  8. tapi yg ini alami kan Pak?

  9. Abied berkata:

    Mo minta asal usul air susunya saja …
    Lha air susu dibalas air tuba …
    Heheh …
    Saya, Abied, dari sebuah tempat paling indah di dunia. :mrgreen:
    Salam ..

  10. Nanang berkata:

    Ternyata Tuba=Tuwa. dulu waktu saya kecil suka pakai pohon itu untuk nangkap ikan di sungai dgn cara dipukul2 diantara 2 batu sampai keluar getah putih dan diaduk didalam air. kalau d kampung saya namanya tuwa!

  11. imadewira berkata:

    dalam bahasa Bali, tuba artinya racun :-)

  12. Program kasir berkata:

    Wah boleh juga tuh info nya.
    Pernah denger juga sih Tanaman tuba itu, tapi belum pernah di coba.
    Biasanya, suka ada dimana Tanaman tuba itu ?
    Thanks

  13. omiyan berkata:

    tuba perasaan didaerah saya ada tuh tumbuhan

  14. kira2 ikan yang di tangkap menggunakan racun tuba itu bisa nggak yach di konsumsi?

  15. lionel arif messi berkata:

    i like this article . . . . good morning ka` munir . . .gw ck gy loe . . . .

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s