Tuba, Tumbuhan Peracun Ikan dan Serangga

Tuba, dalam bahasa ilmiah disebut Derris elliptica, merupakan jenis tumbuhan yang biasa digunakan sebagai peracun ikan. Akar tanaman Tuba ini memiliki kandungan rotenone, sejenis racun kuat untuk ikan dan serangga (insektisida).

Tuba sering disebut juga sebagai Akar Tuba. Dalam bahasa Inggris biasa disebut sebagai Derris Root, Duva Ni Vavalagi, atau Tuba Root. Tanaman memanjat (liana) ini mempunyai beberapa nama lokal seperti; tuwa laleur, tuwa leteng, areuy kidang (Sunda), jenu, jelun,tuba, oyod tungkul,  tungkul (Jawa), tobha, jheno, mombul (Madura).

Di negara lain dikenal dengan sebutan Tuba (Brunei), Hon (Laos), K’biehs (Kamboja), tuba root, tugling-pula (Filipina), Touba (Perancis), Akar Tuba (Malaysia), Lai Nam (Thailand).

Tumbuhan Tuba (Derris elliptica) yang berpotensi sebagai biopestisida ini selain dijumpai hampir di seluruh wilayah di Indonesia juga terdapat di Bangladesh, Asia Tenggara, dan beberapa kepulauan di Pasifik.

Ciri-ciri Tanaman Tuba. Tuba merupakan tumbuhan berkayu memanjat (liana) 7 – 15 pasang daun pada tiap rantingnya. Daun muda berambut kaku pada kedua permukaannya. Di bahagian bawah daun diliputi oleh bulu lembut berwarna perang. Batangnya merambat dengan ketinggian hingga 10 meter. Ranting-ranting Tuba tua berwarna kecoklatan.

Mahkota bunga tumbuhan Tuba berwarna merah muda serta sedikit berbulu. Tumbuhan beracun ini juga mempunyai buah berbentuk lonjong (oval), dengan sayap yang tipis di sepanjang kedua sisi. kekacang nipis dan rata berukuran  9 cm, lebar 0.6 – 2.5 cm. dan terdapat 1 – 4 biji dalam satu kekacang.

Tumbuhan peracun ikan ini tumbuh terpencar-pencar, di tempat yang tidak begitu kering, di tepi hutan, di pinggir sungai atau dalam hutan belukar yang masih liar dan kadang-kadang ditanam di kebun atau pekarangan. Di Jawa tanaman Tuba didapati mulai dari dataran rendah hingga ketinggian sekitar 1500 m dpl.

Manfaat Tanaman Tuba. Tanaman ini merupakan penghasil bahan beracun yang dapat digunakan untuk mengendalikan hama serangga, baik di luar ruangan maupun didalam ruangan. Disamping rotenon sebagai bahan aktif utama, bahan aktif lain yang terdapat pada akar tanaman Tuba (Derris elliptica) adalah deguelin, elliptone, dan toxicarol.

Tanaman ini sering digunakan sebagai racun ikan. Namun dapat juga dapat digunakan sebagai insektisida, yaitu untuk pemberantasan hama pada tanaman sayuran, tembakau, kelapa, kina, kelapa sawit, lada, teh, coklat, dan lain-lain. Di Kalimantan, ekstrak akarnya digunakan sebagai racun untuk anak panah.

Klasifikasi ilmiah. Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Fabales; Famili: Fabaceae; Genus: Derris; Spesies: Derris elliptica

Referensi:

Gambar: commons.wikipedia.org

Baca Juga:

Anda dapat melihat daftar seluruh tulisan di Daftar Catatan

About these ads

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

174 Balasan ke Tuba, Tumbuhan Peracun Ikan dan Serangga

  1. tidak boleh membutuh binatang dengan cara keji, bisa-bisa ikat kecil entar ikut mati, mendingan sekarang musnahkan saja tamanan beracun seperti itu bener ga ???

    • mas jangkung berkata:

      ga hrs kyk gt sob !!.Tuba, seperti tumbuhan apapun lainnya, adalah sumber bahan genetik (plasma nutfah) sebagai bagian keanekaragaman hayati yang Indonesia punya..tinggal kita sajalah yang harus bijak memanfaatkannya dan tetap melestarikannya, secara berkelanjutan sesuai dengan daya dukung bumi..

  2. Ping-balik: Sansevieria atau Lidah Mertua Tumbuhan Penyerap Racun | Alamendah's Blog

  3. syam berkata:

    makasih ya pak..

  4. Norjam Endingan berkata:

    Selamat kah jika termakan oleh manusia?

  5. Rudy berkata:

    Mungkin bisa di manfaatkan sebagai insektisida hayati utk. mengendlikan hama tanaman palawija bagi para Petani.

  6. Ping-balik: Daftar Nama Tumbuhan (Tanaman) dan Nama Latin « crazywrite88

  7. Ping-balik: Tumbuhan Sarang Semut dengan Simbiosis yang Unik | Alamendah's Blog

  8. Ping-balik: Nama taumbuhan dan hewan (BIOLOGI) « diyanakhalida

  9. Ping-balik: Ardyafani Webpage's

  10. Ping-balik: Ardyafani Webpage's

  11. Ping-balik: Daftar nama tumbuhan (tanaman) dan nama latin « Fachri's Blog

  12. julie berkata:

    Bisa beli akar tuba dimana ya? trims

  13. Ping-balik: Nama-nama tumbuhan beserta nama latinnya | greensvege

  14. anis goo fb berkata:

    sya dari malaysia .boleh ka ,akar tuba ubat penyakit kulit,sya disah kan kena sopak,ada org kata boleh ubat sopak ….betul kah ,dimana sya boleh mendapat kan nya

  15. Ping-balik: toga | muharjosungailiat

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s