Tanaman Indonesia Dalam Rekor MURI

Tanaman (flora) Indonesia, beberapa yang memiliki keunikan tercatat dalam rekor MURI (Musium Rekor-Dunia Indonesia). MURI yang didirikan atas prakarsa Jaya Suprana di kawasan industri Jamu Jago, Srondol, Semarang pada tanggal 27 Januari 1990. Lembaga yang bertujuan menghimpun data-data rekor superlatif yang hadir di Indonesia atau dibuat oleh putera-puteri bangsa Indonesia ini, ternyata mencatat beberapa rekor yang berkaitan dengan lingkungan hidup utamanya tanaman atau flora Indonesia.

Rekor-rekor itu antara lain: Pohon kelapa dengan cabang terbanyak, pohon jati dengan harga jual tertinggi (termahal), tanaman bunga matahari tertinggi dan terpendek, tunas kelapa unik, bambu papak (pring petuk), melon terberat, pohon pisang bercabang, pohon pisang terpendek dan pohon pisang bertandan terbanyak.

Pohon Kelapa dengan Cabang Terbanyak

Pohon Kelapa dengan Cabang TerbanyakSebatang Pohon Kelapa unik yang terdapat di kompleks Hotel Patrajasa Bali Resort (PJBR) di Tuban, Kabupaten Badung, Bali. Meskipun sebagai flora monokotil yang ditanam sejak tahun 1972 ini semula tumbuh normal. Namun sejak 1976 tanaman ini mulai bercabang hingga mempunyai 41 cabang.

Konon, setiap orang yang menghitung (dalam satu waktu, cara, dan metode), masing-masing akan mendapatkan jumlah yang berbeda satu sama jumlah yang berbeda satu sama lain. MURI melakukan penghitungan dua kali dengan jumlah yang tidak sama. Jumlah yang dibukukan, cabang pada pohon kelapa 41, terdiri dari 28 cabang hidup dan 13 cabang mati.

Pohon Jati Termahal

Pohon jati di petak 1.092 A Resor Pemangku Hutan Temengeng, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Pasar Sore, KPH Cepu, Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah terjual dengan harga Rp 1 miliar. Tepatnya di Desa Temengeng, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah

Tinggi pohon Tectona grandis berusia antara 150-200 tahun itu setinggi 35 meter, berdiameter 3 meter, dengan keliling batang 6,9 meter. Tanaman ini dibeli pengusaha mebel dari Ngawi dan Blitar, Jawa Timur, Bobby Wibowo dan Saekoni.

Penjualan tersebut tercatat di Museum Rekor Indonesia (Muri) pada 10 Agustus 2007. Piagam penghargaan dari Muri itu akan diserahkan Direktur Muri Jaya Suprana kepada Direktur Utama Perum Perhutani Transtoto Handadhari dalam acara penebangan pohon jati tersebut, 23 Agustus 2007.

Tanaman Bunga Matahari Tertinggi

Tanaman bunga matahari TertinggiPohon Bunga Matahari Tertinggi dengan ukuran 2,75 meter. Rekoris, DR. Benny J. Mamoto, SH.Msi. Sulawesi Utara.

Tanaman bunga matahari TerpendekTanaman Bunga Matahari Terpendek

Pohon Bunga Matahari Terpendek dengan ukuran 20 cm. Rekoris, DR. Benny J. Mamoto, SH.Msi. Sulawesi Utara.

Tunas Kelapa Unik

Sebuah pohon kelapa bertunas 3 buah.  Rekoris : M. Yusuf Habiby.

bambu unik berbentuk papakPemilik Bambu Unik Berbentuk Papak (Pring Petuk)

Bapak Ichwam Bachtiar adalah pemilik bambu langka yang diberi nama Pring Petok berbentuk papak ukuran 15,5 cm. Pring petok ini sudah diteliti oleh tim ahli botanik dari Jepang.

Melon Terberat

melon terberatMelon  terberat di Indonesia, mempunyai berat 4,37 kg. Melon ini merupakan hasil kebun Ir Harsono Enggal Harjo, salah seorang donatur Yayasan Obor Tani, dengan support teknis dari Yayasan Obor Tani. Melon jenis Apollo ini ditanam di kebun buah di Dusun Soponyono, Desa Wonosari, Kecamatan Patebon, Kendal. Rekor ini tercatat pada 27 November 2007

Pohon Nanas UnikPohon Nanas Unik

Bapak  Sulo, Bingkanang, Pekanbaru, Riau, mempunyai pohon nanas yang unik karena memiliki 15 buah mahkota.

Pohon Pisang Bertandang Terbanyak

Pohon pisang dengan tandan mencapai 2,5 m dan berat 40 kg, berbuah hingga 220 sisir. Tanaman ini dimiliki oleh H. Fathorrahman.

Pohon Pisang Bercabang Banyak

Pohon pisang ini merupakan hasil pembiakan yang dilakukan oleh Drs. David Mulyono, Ambarawa, Jawa Tengah. Mereka berhasil mengembangbiakan tanaman pisang yang dapat bercabang lebih dari dua.

Tanaman Pisang Terpendek Berbuah

Tanaman pisang ini milik Suparwoto asal Yogyakarta, Indonesia. Pohon pisang ini lain dari pohon pisang pada umumnya, pertumbuhannya yang kerdil membuatnya eksklusif yaitu dengan ketinggian 17 cm sudah berbuah dan buahnya normal hingga matang pada usia 2 bulan.

Bengkoang TerberatBengkoang Terberat

Bengkoang terberat ini ditanam oleh Leo Sutisna. Bengkoan ini mampu berumbi sangat besar hingga mencapai ukuran keliling 124 cm dan berat, 21 kg.

Pohon Tertinggi dan Tertua

Untuk rekor Pohon tertinggi dan tertua di Indonesia sepertinya belum ada. Rekor pohon tertinggi di dunia sampai saat ini masih dipegang oleh sebatang pohon kayu merah (Sequoia sempervirens) yang tumbuh di California. Mungkin MURI kalah cepat dengan  para penebang hutan. Belum sempat tinggi sudah rebah terpotong lebih dahulu.

Referensi tulisan: http://www.muri.org dan beberapa media lain. Gambar: http://www.muri.org

Baca Juga:

Anda dapat melihat daftar seluruh tulisan Alamendah’s Blog di: Daftar Catatan

Tentang iklan-iklan ini

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di flora, Indonesia, lingkungan hidup dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

139 Balasan ke Tanaman Indonesia Dalam Rekor MURI

  1. Pakde Cholik berkata:

    Wah jati termahal ada juga ya mas. Trus bunga yang harganya jutaan rupiah itu msuk MURI apa enggak ya?
    Salam hangat dari Surabaya

  2. ABDUL AZIZ berkata:

    Assalamu’alaikum,

    Negeri kita memang negeri yang kaya. Tapi untuk memperkaya siapa ya ?

    Salam dari Cianjur.

  3. dedenia72 berkata:

    di kebun raya bogor ada pohn yang dah tua banget..masuk rekor MURI gak yaaaa…
    salam rimba raya lestari…

  4. abifasya berkata:

    Aduh kang hati-hati yang aneh di Indonesia jangan terlalu banyak yang ditulis di blog nanti kalo ketahuan tetangga bisa diakui milikya lagi :) :lol:

    • abifasya berkata:

      kang alam endah kan dah sering komen di blog aku demikian juga dengan aku, untuk meningkatkan tali shilaturrahmi kita tukeran link ya.
      Oke nama kang alam dah saya simpan di kategori taut blog sahabat.
      Silahkan cek ke TKP jangan lupa bawa ktp :lol:

  5. pakwo berkata:

    salam bahagia sahabatku, waduh….benar…mantap dan konsisten denga kekayaan alam Indonesia, suka sekali dengan keuletannya. Dan membuat kita sadar bahwa negeri kita ini adalah Zamrud khatulistiwa

  6. Zulhaq berkata:

    aseli, unik unik sangat!!! memang negeri ini, memiliki banyak keyaan yang berlimpah ruah. jadi termahalnya semahal apa ya om??? bisa buat modal kawin tuh hi hi hi

  7. zenteguh berkata:

    wah info hangat nih pak. Inilah kekayaan hayati Indonesia yang kadang terlupakan dan kurang diperhatikan, padahal membuat ngiler negara-negara lain

    • alamendah berkata:

      @Rigih:
      mau nulis tentang IT, ga paham.

      @Pakde Cholik:
      Tak cari2 di website-nya MURI gak ada. Pernah denger juga tentang pohon cendana tertua tapi saya crosceck di http://www.muri.org tdk ada.

      @ABDUL AZIZ:
      Alaikumussalam, seharusnya untuk kemakmuran rakyat.

      @dedenia72:
      di websitenya muri gak tercantum. Belum kali.
      Salam rimba lestari

      @abifasya:
      Nanti saya pajang link-nya, Abi.

      @Pakwo:
      Terima kasih atas supportnya

      @Zulhaq:
      Kawin… udah punya calon?

      @zenteguh:
      Mereka pada ngiler, kita pada tertidur.

  8. noersam berkata:

    wah banyak bangetttt

  9. Andri berkata:

    bambunya kayak orang lagi salaman.. itu ada terusannya ngga om??

  10. liliek4ep berkata:

    ini fenomena alam atao kelainan genetik kayaknya ya… tapi banyak terjadi juga pada manusia ….

  11. bakulrujak berkata:

    langkah awal yang baik untuk menuju rekor dunia…
    bravo indonesia!

  12. yangputri berkata:

    Ini mah bener2 blog ilmu pengetahuan alam, semuanya tentang alam, ck ck ck salut mas, sekali kali atuh tentang perjalanan cinta mas alamendah, seru kali ya

  13. shekhotz berkata:

    postingannya bagus banget,mas jadi kita bisa tahu informasi mengenai MURI ini…..liat bengkoang beratnya kayak gitu nga kuat kali aku ngangkatnya…21 kg loch…(*geleng-geleng aja dech*)padahal aku suka sekali bengkoang…hmmm…yummy…

    memang benar Indonesia negeri yang kaya raya…berbagai macam tumbuhan dan buah ternyata bisa menghasilkan nilai jual yang sangat tinggi…Subhanallah…
    makanya semua wajib kita lestarikan keasriannya…

    cheeers ~_^

  14. muhamaze berkata:

    tanaman2 itu tumbuh alami ato ada perlakuan khusus ya?

  15. Aisha berkata:

    wow…yang paling unik buah nanasnya dan bengkuangnya.tunas nanasnya bisa membesar dan membuah nggak bro? kalau bisa,perlu di kembangkan pembibitannya.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s